√ Pengertian Analisis SWOT, Unsur, Faktor, Manfaat & Contohnya

Pengertian Analisis SWOT, Unsur, Faktor, Manfaat & Contohnya – Untuk menjalankan suatu usaha tentu kita membutuhkan suatu pengaturan dan juga sistem tertentu, dan biasanya dalam menjalankan usaha harus dilakukan dengan melakukan penerapan analisa swot. Pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan pembahasan mengenai analisis SWOT yang mencakup pengertian, unsur, faktor, manfaat dan juga contohnya. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Contents

Pengertian Analisis SWOT, Unsur, Faktor, Manfaat & Contohnya

Berikut ini merupakan pengertian dari analisis SWOT secara umum dan menurut ahli.

Pengertian Analisis SWOT

Secara umum, analisis SWOT merupakan salah satu metode perencanaan strategis yang dilakukan untuk mengevaluasi faktor-faktor yang berpengaruh dalam usaha untuk mencapai suatu tujuan yakni kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), serta ancaman (threats), baik itu tujuan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Kepanjangan dari SWOT adalah

S = Strength (kekuatan)
W = Weaknesses (kelemahan)
O = Opportunities (Peluang)
T = Threats (hambatan)

Pada umumnya istilah analisis SWOT sering ditemukan dalam ruang lingkup bisnis atau kewirausahaan dan kaitannya dengan ekonomi. Metode ini dilakukan dengan tujuan untuk menggambarkan situasi serta kondisi yang sedang dihadapi dan bukan sebagai alat analisis yang dapat memberikan solusi terhadap masalah yang tengah di hadapi.

Adapun pengertian analisis SWOT menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Philip Kotler

Analisis SWOT merupakan suatu evaluasi terhadap segala kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman, dan yang terdapat pada individu maupun organisasi.

2. Yusanto dan Wijdajakusuma

Analisis SWOT merupakan suatu instrumen internal dan juga eksternal pada perusahaan yang bertumpu pada sebuah basis data tahunan dengan pola 3 – 1 – 5. Adapun penjelasan dari pola tersebut adalah data yang telah di upayakan mencakup data perkembangan perusahaan pada tiga tahun sebelum analisis, apa yang akan diinginkan pada tahun saat dilakukan analisis serta kecenderungan suatu perusahaan pada lima tahun pasca analisis.

3. Freddy Rangkuti

Analisis SWOT merupakan suatu usaha yang dilakukan berdasarkan logika yang dapat memaksimalkan kekuatan dan juga peluang sehingga pada saat yang sama dapat meminimalisir adanya kelemahan dan juga ancaman. Tujuannya untuk mengidentifikasi berbagai macam faktor dengan sistematis untuk dapat merumuskan strategi perusahaan.

4. Rais

Analisis SWOT merupakan suatu metode analisis yang paling mendasar yang bermanfaat untuk mengetahui topik serta permasalahan dari empat sisi yang berbeda. Dan hasil analisis akhir merupakan suatu arahan untuk dapat mempertahankan atau meningkatkan kekuatan  dan peluang yang ada dan juga mengurangi kelemahan serta menghindari ancaman.

5. Pearce dan Robinson

Analisis SWOT adalah salah satu bagian dari proses manajemen strategi suatu perusahaan maupun organisasi yang memiliki tujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan juga kelemahan utama dari perusahaan. Kemudian kelemahan dan kekuatan utama tersebut dibandingkan dengan peluang dan ancaman ekstern sebagai suatu bentuk landasan untuk dapat menghasilkan berbagai macam alternatif strategi.

Unsur – Unsur Analisis SWOT

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa analisis SWOT merupakan suatu metode yang digunakan untuk membuat evaluasi dari kekuatan, kelemahan, peluang dan juga ancaman dalam suatu bisnis. Adapun unsur-unsur dari analisis SWOT terdiri dari empat unsur, berikut penjelasannya:

1. Kekuatan (Strenght)

Yakni suatu analisis kekuatan yang terdapat pada suatu perusahaan, seperti menganalisis kelebihan yang dimiliki oleh suatu perusahaan baik dari segi teknologi, lokasi yang strategis, kualitas hasil produksi, maupun unsur kekuatan lainnya yang lebih menekankan pada suatu keunggulan perusahaan. dan biasanya perusahaan akan membuat daftar kekuatan yang banyak sebagai upaya dari kompetisi.

2. Kelemahan (Weakness)

Yakni menganalisis kelemahan dari suatu perusahaan yang dapat dilakukan dengan cara melakukan perbandingan dengan pesaing seperti apa yang dimiliki oleh perusahaan lain dan tidak dimiliki oleh perusahaan Anda. Pada umumnya untuk membuat daftar kelemahan dari suatu perusahaan agar lebih objektif maka dapat dilakukan dengan testimoni konsumen yang biasanya lebih mengetahui apa yang kurang dari perusahaan tersebut.

3. Peluang (Opportunity)

Yakni biasanya suatu unsur yang dibuat pada saat awal ketika membangun suatu bisnis. Karena hal ini dilakukan berdasarkan peluang atau kesempatan untuk memperoleh suatu keuntungan. Hal yang harus diperhatikan adalah bisnis yang dapat mampu bertahan di masyarakat baik itu dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

4. Ancaman (Threats)

Yakni suatu unsur analisis yang sangat penting untuk menentukan apakah bisnis atau usaha yang dilakukan akan bertahan atau tidak di masa yang akan datang (masa depan). Biasanya dalam pembuatan daftar ancaman bisa untuk jangka pendek maupun jangka panjang dan juga sewaktu waktu dapat bertambah atau berkurang.

Hal yang termasuk ke dalam unsur ancaman diantaranya adalah pesaing, ketersediaan sumber daya, jangka waktu minat konsumen, dan lain sebagainya.

Faktor Yang Mempengaruhi Analisis SWOT

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi analisis SWOT ada dua diantaranya adalah faktor internal dan juga eksternal. Berikut penjelasannya:

1. Faktor Internal

Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam perusahaan yakni kelemahan dan juga kekuatan dari perusahaan tersebut. Ada beberapa faktor yang merupakan bagian dari faktor internal adalah

  • Sumber daya manusia yang kompeten
  • Properti teknologi terkini
  • Kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan
  • Sumber daya keuangan yang memadai
  • Kemampuan pemasaran yang baik
  • Kemampuan distribusi yang baik, dan lain sebagainya.

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal merupakan seluruh faktor yang berasal dari luar perusahaan yakni ancaman dan peluang yang dapat mempengaruhi perusahaan tersebut. Ada beberapa faktor yang merupakan bagian dari faktor eksternal, diantaranya adalah

  • Budaya masyarakat
  • Tren dari suatu bisnis
  • Sosial politik serta ideologi
  • Kondisi perekonomian suatu negara
  • Peraturan dan kebijakan pemerintah
  • Perkembangan teknologi
  • Dan lain sebagainya.

Manfaat Analisis SWOT

Dari banyak sumber mengatakan bahwa analisis SWOT merupakan suatu metode analisis yang paling dasar yang dapat bermanfaat untuk mengetahui suatu permasalahan dari empat sisi yang berbeda yakni kekuatan, kelemahan, peluang dan juga ancaman yang dimiliki oleh suatu perusahaan.

Selain itu, analisis SWOT juga berperan sebagai suatu instrumen yang dapat bermanfaat dalam suatu aktivitas analisis strategis. Adapun secara umum manfaat dari analisis SWOT adalah sebagai berikut:

1. Suatu perusahaan menjadi lebih memahami akan kekuatannya serta memberikan rekomendasi untuk dapat meningkatkannya.

2. Suatu perusahaan dapat melihat peluang dan dapat mempertahankan peluang.

3. Suatu perusahaan mengetahui kelemahan dan mencari solusi untuk meminimalisir kelemahan tersebut.

4. Suatu perusahaan dapat mengetahui suatu potensi ancaman dan dapat mencari solusi untuk dapat menghindari adanya ancaman tersebut.

Contoh Analisis SWOT

Pengertian Analisis SWOT, Unsur, Faktor, Manfaat & Contohnya
Pengertian Analisis SWOT, Unsur, Faktor, Manfaat & Contohnya

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Analisis SWOT, Unsur, Faktor, Manfaat & Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan, khususnya mengenai analisis SWOT karena hal ini merupakan suatu metode dasar yang perlu diketahui bagi seorang pebisnis maupun pengusaha. Sekian dan Terimakasih 🙂