√ Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli Beserta Pendekatannya
√ Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli Beserta Pendekatannya

√ Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli Beserta Pendekatannya

Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli Beserta Pendekatannya – Dalam dunia bernegara pasti kita tidak akan pernah lepas dari yang namanya permasalahan politik, sehingga dalam hal ini pemimpin negara harus benar-benar memahami bagaimana teknis yang baik untuk memahami dan berpolitik secara baik dan juga benar. Segala sesuatu yang berkaitan dengan politik pasti akan selalu dibahas dalam ilmu politik.

Pada kesempatan kali ini Pendidik akan membahas mengenai ilmu politik yang mencakup pengertian dan juga pendekatan yang digunakan. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli Beserta Pendekatannya

Pengertian Ilmu Politik

Secara umum, ilmu politik merupakan suatu cabang ilmu sosial yang membahas tentang teori dan praktik politik serta deskripsi ataupun perilaku politik dan analisis sistem politik.

Pada dasarnya ilmu politik berasal dari dua frasa yakni ilmu dan politik yakni suatu wadah untuk mempelajari bagaimana mengatur, mengelola, membuat, mengaplikasikan, serta mengendalikan berbagai kebijakan yang berkaitan terhadap sebuah negara beserta dengan personil-personil dan juga rekanan-rekanannya dengan baik dan benar, sehingga seluruh personil juga rekanan negara tersebut merasa saling untung dan diuntungkan.

Baca Juga:  4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi Yang harus Diketahui

Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli

1. Aristoteles (384 – 322 SM)

Ilmu politik merupakan suatu ilmu yang membahas tentang asal serta tujuan terbentuknya suatu negara.

2. Plato (429-347 SM)

Ilmu politik merupakan suatu ilmu yang membahas tentang siapa yang memerintah dan kedudukan individu dalam lingkungan kekuasaan yang dipegang.

3. Miriam Budiardjo

Ilmu politik merupakan ilmu yang mempelajari tentang perpolitikan. Adapun politik sendiri diartikan sebagai usaha untuk mencapai kehidupan yang baik.

4. Deliar Noer

Ilmu politik dalam bukunya “pengantar pemikiran politik”, ilmu politik memusatkan perhatian pada masalah-masalah kekuasaan dalam kehidupan bersama atau masyarakat.

5. Harolod Laswell

Ilmu politik merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang masalah siapa mendapat apa, bagaimana dan juga kapan.

6. Wirjono Projodikoro

Sifat penting dari bidang politik adalah pemakaian kekuasaan oleh suatu golongan anggota masyarakat pada golongan lain. Dalam ilmu politik selalu ada kekuasaan atau kekuatan.

7. Johan Kaspar Bluntschli

Ilmu politik adalah ilmu yang memperhatikan masalah kenegaraan, dengan memperjuangkan pemahaman serta pengertian tentang negara serta keadaannya, sifat-sifat dasarnya, dalam berbagai bentuk atau manifestasi pemgembangannya.

8. Ramlan Surbakti

Ilmu politik merupakan suatu interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam sebuah proses pembuatan dan pelaksanaan keputusan yang mengikat terhadap kebaikan bersama masyarakat yang tinggal disuatu wilayah.

9. Idrus Affandi

Ilmu politik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang kumpulan manusia yang hidup teratur dan memiliki tujuan yang sama dalam ikatan negara.

10. Wikipedia

Ilmu politik merupakan ilmu sosial yang membahas praktik politik dan teori serta deskripsi, perilaku politik, dan analisis sistem politik. Ilmu politik berorientasi, riset dan juga teori.

Ilmu Politik Dalam Berbagai Pendekatan

Menurut beberapa ahli definisi mengenai ilmu politik melalui berbagai pendekatan diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  Pengertian Manajemen Pendidikan, Fungsi, Tujuan dan Ruang Lingkupnya

1. Pendekatan Negara

Menurut Roger F. Sultau dalam bukunya yang berjudul ‘Introduction to Politics’, “Ilmu Politik mempelajari negara, tujuan-tujuan negara dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan-tujuan tersebut, hubungan antara negara dengan warga negaranya serta dengan negara-negara lainnya”.

2. Pendekatan Pengambilan Keputusan

Menurut Joyce Mitchell dalam buku yang berjudul ‘Political Analysis anda Public Policy’ mengungkapkan bahwa Ilmu Politik merupakan pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan kebijaksanaan umum untuk masyarakat seluruhnya.

3. Pendekatan Kekuasaan

Menurut Haroled D. Laswell dan A. Kaplan dalam buku mereka yakni ‘Power Society’ mengungkapkan bahwa “Ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari pembentukan dan pembagian kekuasaan”

4. Pendekatan Kebijaksanaan

Dalam buku milik David Easton yang berjudul ‘The Polical System’ mengutarakan bahwa, Ilmu Politik adalah studi mengenai terbentuknya kebijaksanaan umum.

5. Pendekatan Pembagian (Distribusi)

√ Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli Beserta Pendekatannya
√ Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli Beserta Pendekatannya

Dalam buku berjudul ‘Who Gets What, When and How’, Harold laswell menutarakan bahwa “Ilmu Politik adalah masalah siapa mendapat apa, kapan dan bagaimana.”

Nah itulah tadi penjelasan singkat mengenai Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli Beserta Pendekatannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂

Rate this post