11 Manfaat Membaca Al-Qur’an Setiap Hari Yang Menakjubkan

11 Manfaat Membaca Al-Qur’an Setiap Hari Yang Menakjubkan – Al-qur’an adalah kitab suci bagi umat Islam. Al-qur’an merupakan  pedoman bagi kita sebagai umat Islam. Segala persoalan hidup sudah ada dalam Al-Qur’an begitupun dengan solusinya. Pada hakikatnya membaca Al-qur’an dapat mempengaruhi jiwa serta pikiran supaya  menjadi tenang. Karena dengan Al-qur’an inilah hidup kita akan menjadi terarah dan selalu berada dijalan yang benar.

Sebagaimana hadits yang telah diriwayatkan oleh muslim yang dinyatakan oleh Abi Ummah ra. “Baginda Rasullulah berkata bacalah olehmu alquran karena sesungguhnya akan menjadi pemberi  syafaat pada hari kiamat nanti untuk siapa saja yang membacanya.”

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat luar biasa jika membaca Al-qur’an setiap hari, simaklah penjelasan berikut ini:

11 Manfaat Membaca Al-Qur’an Setiap Hari Yang Menakjubkan

Adapun manfaat membaca Al-qur’an adalah sebagai berikut:

1. Mendapatkan Pahala dan Kebaikan

Seseorang yang selalu membaca Al-quran setiap harinya akan diberikan ganjaran atau pahala yang berlipatganda dan memperoleh kebaikan dari Allah SWT. Karena dengan membaca Al-qur’an dapat membuat suasana sekitar menjadi tenang, damai, dan penuh keberkahan.

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi “Barang siapa yang membaca satu huruf saja dari kitabullah maka seseorang akan mendapatkan kebaikan satu kali. tetapi setiap kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kalinya.”

2. Mendapatkan Syafa’at Pada Hari Akhir

Membaca Al-qur’an dapat mendatangkan banyak kebaikan yang tidak pernah terduga oleh manusia bahkan mendatangkan syafa’at kelak di hari kiamat.

Seperti hadits yang mengatakan bahwa:

“Bacalah bait Alquran karena sesuyngguhnya pada hari kiamat nanti akan datng memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya.”(HR. Muslim)

3. Memperoleh Derajat Yang Lebih Tinggi

Sebagaimana Hadits yang menyatakan bahwa:

“Orang orang yang hebat dalam membaca alquran akan selalu ditemani para malaikat pencatat yang paling dimuliakan da taat pada Allah SWT  dan orang orang yang terbata bata membaca Alquran lalu bersusah payah mempelajarinya maka dia akan mendapatkan dua kali pahala.”(HR. Bukhari)

4. Hidup yang Seimbang

Al-qur’an merupakan pedoman, sehingga Al-quran dapat menuntun kita untuk bersikap moderat (seimbang) dalam segala hal dan melarang untuk berlebih-lebihan.

5. Mendapatkan Rahmat dan Naungan Para Malaikat

Hal ini berdasarkan hadits:

“Tidaklah suatu kaum berkumpul disuatu masjid daripada masjid-masjid Allah, mereka membaca Al-Quran dan mempelajarinya kecuali akan turun kepada mereka ketenteraman, mereka diliputi dengan rahmat, malaikat mengelilingi mereka dan Allah menyebut-nyebut mereka dihadapan makhluk yang ada disisi-Nya.”

6. Mendatangkan Ketenangan Serta Kedamaian

Membaca Al-qur’an akan mendatangkan ketenangan dan kedamaian bagi yang membacanya. Hal ini berdasarkan Qur’an surat Ar-ra’d ayat 28 yang artinya:

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” 

7. Mendapatkan Banyak Kenikmatan

Sebagaimana dalam muqaddimah tafsirnya, Asy Syahid Sayyid Quthub mengatakan

“Hidup dalam naungan Al-Quran adalah nikmat. Nikmat yang hanya diketahui oleh siapa yang telah merasakannya. Nikmat yang akan menambah usia, memberkahi dan menyucikannya.”

8. Menjadikan Seseorang Berprilaku Mulia

Dengan membaca Al-qur’an menjadikan hati selalu tenang dan damai sehingga dapat menjadikan seseorang berperilaku baik, yang mulanya kurang baik. Rasulullah Saw bersabda: “Sebaik baiknya manusia adalah yang membaca dan mempelajari Alquran serta mengajarkannya pada orang lain.” (HR.Bukhari)

9. Assyifa (Penyembuh)

Seseorang yang membiasakan diri membaca Al-qur’an, maka Allah SWT akan melindungi diri nya dari berbagai penyakit. Sebagaimana hadits dibawah ini yang artinya:

“Hendaknya kamu menggunakan jenis obat obatan seperti madu dan membaca alquran.” (HR. Ma’ud)

Dalam Q.S An-naah 16:69 

Artinya: “Dan makanlah oleh kamu bermacam macam buah serta tempuhlah jalan jalan yang telah ditetapkan  pada tubuhmu dengan lancar .Ada madu yang bermacam macam jenisnya dijadikan sebagai obat untuk manusia. Di alam semesta terdapat banyak tanda tanda kekuasaan Allah bagi orang orang yang memikirkan  hal itu.”

10. Menyembuhkan Penyakit Hati

Al-Quran dapat menyembuhkan penyakit hati seperti iri, dengki, dendam, dan lain sebagainya.

Seperti hadits yang menyatakan bahwa:

“Sesungguhnya hati ini dapat berkarat sebagaimana besi yang menjadi berkarat karena tersentuh air.”Lalu bagaimana agar hati ini tidak berkarat? tanya para sahabat, maka Rasullulah SAW mengatakan”Percayalah ..dengan membaca Alquran.”Jawabnya.

11. Memberikan Kenikmatan Pada Kedua Orang Tua Dihari Kiamat

Orang yang selalu membaca Al-qur’an semata-mata karena kecintaannya pada Allah SWT dan kedua orang tuanya, maka Allah SWT akan menjaga kedua orang tuanya dan memberikan mahkota untuk kedua orang tuanya sebagai keberkahan.

Rasulullah Saw bersabda:

“Barang siapa yang membaca Alquran dan mengamalkannya semata mata karena Allah SWT maka Allah akan memberikan mahkota dikepala kedua orangtuanya dan kenikmatan pada hari kiamat dan akana terlihat lebih terang daripada sinar matahari sehingga kamu tidak akan menduganya bahwa ganjaran  itu dikarenakan amalan amalan sipembaca Alquran itu.”(HR. Abu Daud) 

Demikianlah penjelasan mengenai 11 Manfaat Membaca Al-Qur’an Setiap Hari Yang Menakjubkan. Semoga bermanfaat untuk yang membaca artikel ini terimakasih 🙂