Pengertian Metode Pembelajaran, Fungsi, dan Jenisnya Lengkap

Pengertian Metode Pembelajaran, Fungsi, dan Jenisnya Lengkap – Kali ini kita akan membahas mengenai metode pembelajaran, baik itu fungsinya, dan jenis atau ragamnya. Dalam kegiatan proses ngajar mengajar, tidak semua peserta didik sama dalam daya tangkapnya. Sehingga penggunaan metode yang kurang tepat akan berdampak pada terhambatnya pencapaian tujuan pembelajaran.

Untuk mengetahuinya, marilah kita simak penjelasan berikut ini:

Pengertian Metode Pembelajaran, Fungsi, dan Jenisnya Lengkap

Pengertian Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran adalah suatu cara yang digunakan oleh guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pembelajaran. (Sudjana:2005)

Pengertian lain dari metode pembelajaran adalah suatu cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan. (M. Sobri Sutikno:2009)

Pada metode pembelajaran, pemahamannya jauh lebih sempit dibandingkan dengan model pembelajaran, dimana model pembelajaran memiliki cakupan yang lebih luas, daripada metode pembelajaran.

Hubungan diantara keduanya, yakni model dan metode pembelajaran adalah diibaratkan cabang (model pembelajaran) dan ranting (metode pembelajaran).

Fungsi Metode Pembelajaran

Fungsi metode pembelajaran menurut Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Strategi Pembelajaran

Tidak semua peserta didik memiliki tingkat intelegensi yang sama, karena setiap peserta didik pasti memiliki daya tangkap yang berbeda-beda. Walaupun dalam satu kelas itu merupakan satu kelompok atau kelas unggulan, namun daya intelegensi tersebut mempengaruhi daya serap siswa dalam menangkap apa yang disampaikan oleh guru.

Baca Juga:  Pengertian Model Pembelajaran, Jenis, dan Fungsinya Lengkap

Sehingga untuk menyikapi perbedaan tersebut, maka diberikan metode pembelajaran sebagai bagian dari strategi pembelajaran. Dengan memberikan metode pembelajaran yang tepat, peserta didik dapat menyerap ilmu yang disampaikan oleh pendidik dengan baik.

2. Alat Motivasi Ekstrinsik

Motivasi merupakan suatu dorongan, untuk seseorang dalam melakukan sesuatu dan begerak baik yang dilakukan secara sadar maupun tidak sadar. Motivasi memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar. Karena motivasi didapat dari diri sendiri maupun dari luar.

Metode pembelajarn bisa menjadi alat motivasi (perangsang) dari luar (ekstrinsik). Karena perannya sangat penting, maka sebuah metode pembelajaran yang baik tentunya harus yang dapat memotivasi peserta didiknya untuk semangat belajar.

3. Sebagai Alat Untuk Mencapai Tujuan

Metode pembelajaran digunakan sebagai fasilitas pendidikan yang memiliki tujuan untuk mengantarkan bahan materi pembelajaran agar terserap baik oleh peserta didik. Dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran adalah sebuah alat untuk mencapai tujuan belajar.

Jenis-Jenis Metode Pembelajaran

Dalam metode pembelajaran, ada berbagai jenis sehingga para pendidik bisa memilih dan menerapkan guna mengoptimalkan materi yang akan disampaikan kepada peserta didik.  Adapun jenis-jenis metode pembelajaran adalah sebagai berikut:

1. Metode Ceramah

Metode ceramah ini adalah metode yang paling umum dan biasa diterapkan sejak dulu. Banyak sekali pendidik yang menggunakan metode ini. Akan tetapi metode ini dianggap terlalu membosankan apalagi tida disertai oleh kemampuan manajemen kelas yang baik. Namun bukan berarti metode ini tidak lagi memiliki manfaat.

Metode ceramah dilakukan biasanya digabung dengan metode tanya jawab, agar peserta didik tidak merasa jenuh. Dan juga pengajar dapat mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman dari peserta didiknya.

2. Metode Eksperimen

Metode eksperimen diterapkan dengan tujuan agar peserta didik memiliki kemampuan untuk melakukan uji coba terhadap suatu materi yang telah mereka pelajari melalui kegiatan mengamati dan menganalisis. Selain itu, tujuan lain dari metode ini adalah agar peserta didik dapat kreatif, inovatif, dan mandiri.

Baca Juga:  Pengertian Model Pembelajaran, Jenis, dan Fungsinya Lengkap

3. Metode Diskusi

Metode diskusi adalah salah satu metode yang efektif dan menarik. Metode diskusi dilakukan dengan cara menyampaikan materi, kemudian materi tersebut dianalisis oleh peserta didik secara terbuka hingga menemukan sebuah penyelesaian terhadap masalah yang tersaji dalam materi tersebut.

Metode ini dapat dikombinasikan dengan pemberian tugas, sehingga baik tugas individu maupun kelompok dengan seperti maka kegiatan belajar mengajar akan lebih efektif.

4. Metode Tutorial

Metode tutorial adalah seorang pengajar atau pendidik memberikan penjelasan mengenai materi secara umum, kemudian peserta didik mengerjakan soal dengan bimbingan pendidik.

5. Metode Pemberian Tugas

Pada metode ini dapat dilakukan dengan cara pendidik memberikan bahasan suatu materi, kemudian dari bahasan materi tersebutlah pendidik memberikan tugas kepada peserta didiknya untuk mengembangkan pembahasan tersebut. Tujuan dari pemberian tugas adalah peserta didik diharapkan mampu memiliki wawasan yang luas dan mampu berfikir.

6. Metode Demonstrasi

Metode ini merupakan metode pembelajaran  yang dilakukan dengan cara meragakan, menunjukkan proses, ataupun cara kerja dari sebuah materi yang dipelajari.

7. Metode Latihan atau Training

Pada jenis metode latihan atau training ini memiliki tujuan untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan tertentu yang sifatnya baik pada peserta didik. Tujuannya agar mereka memiliki kebiasaan dalam hal baik, terutama yang berkaitan dengan ketepatan dan kecepatan dalam mengerjakan tugas.

8. Metode Proyek

Metode proyek ini diterapkan dengan melibatkan hal-hal yang ada dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Tujuannya agar peserta didik tertarik dan bersemangat untuk belajar.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Metode Pembelajaran, Fungsi, dan Jenisnya Lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂

5 (100%) 10 vote[s]