Pengertian Teks Prosedur, Ciri, Tujuan, Macam, & Strukturnya Lengkap

Pengertian Teks Prosedur, Ciri, Tujuan, Macam, & Strukturnya Lengkap – Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, terdapat berbagai jenis teks, yang sering digunakan adalah teks prosedur. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, ruangpengetahuan akan menjel;askan mengenai arti dari teks prosedur, ciri-cirinya, tujuan, macam, dan strukturnya. Untuk itu, marilah kita simak penjelasan berikut ini:

Pengertian Teks Prosedur, Ciri, Tujuan, Macam, & Strukturnya Lengkap

Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur merupakan teks yang berisi tentang langkah-langkah untuk melakukan sesuatu hal baik melakukan suatu kegiatan tertentu maupun membuat sesuatu yang disajikan secara berurutan.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Adapun ciri-ciri dari teks prosedur adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan pola kalimat perintah (kalimat imperatif)

2. Menggunakan kata kerja aktif

3. Menggunakan kata penghubung (konjungsi) untuk mengurutkan suatu kegiatan atau cara

4. Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan cara, waktu dan tempat yang akurat.

Tujuan Teks Prosedur

Tujuan dari teks prosedur adalah untuk membantu pembaca atau pendengar agar memahami bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu dengan tepat atau dengan kata lain yakni untuk memperoleh hasil akhir.

Macam-Macam Teks Prosedur

Ada beberapa macam jenis teks prosedur yaitu:

Baca Juga:  Pengertian Hipotesis Dan Perumusan Hipotesis

1. Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur sederhana merupakan teks yang hanya menyajikan prosedur yang hanya ditempuh dua atau dengan tiga langkah saja.

2. Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks adalah teks prosedur yang terdiri dari banyak langkah. Dan langkah-langkah tersebut berjenjang dengan sublangkah pada setiap langkahnya.

Contoh teks prosedur kompleks adalah

  • Fotocopy KTP
  • Surat keterangan sehat.
  • Mengambil formulir pembuatan SIM
  • Bayar asuransi
  • Mengisi formulir permohonan
  • Ikuti Ujian.

3. Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol adalah jenis teks prosedur yang langkah kerjanya tidak terlalu ketat, dengan kata lain, langkah kerjanya pada teks protokol ini dapat diubah. Pada langkah-langkah ini, tidak harus dilakukan secara urut karena tidak saling berkaitan. Meskipun urutan langkah diubah, tujuannya tetaplah bisa terpenuhi.

Struktur Teks Prosedur

Secara pembentukannya, teks prosedur memiliki tiga struktur diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bagian Tujuan

Bagian tujuan teks prosedur ini bisa berupa judul dan juga berisikan tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut atau hasil akhir yang akan di capai jika kita melakukan tahapan pada teks prosedur tersebut.

2. Bagian Material

Bagian material pada teks prosedur ini berisi bahan, alat atau material yang di butuhkan. Tetapi tidak semua teks prosedur terdapat bagian ini. Biasanya, penggunaan bagian material terdapat pada teks prosedur mengenai pembuatan suatu hal seperti makanan dan sebagainya.

3. Bagian Langkah-Langkah

Bagian ini berisi mengenai langkah-langkah yang harus dilewati untuk memperoleh hasil sesuai dengan tujuan teks prosedur. Setiap langkah pada bagian ini, harus dilakukan dengan urut, tidak boleh secara acak.

Kaidah Kebahasaan

Sama halnya dengan jenis teks lain, teks prosedur memiliki kaidah kebahasaan sendiri yaitu:

Baca Juga:  21 Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli Terlengkap

1. Kata Kerja Imperatif

Pada teks prosedur ini, banyak ditemukan kalimat imperatif atau kalimat perintah dan larangan yang harus di taati pada teks prosedur ini.

2. Konjungsi Temporal

Pada teks prosedur ini banyak ditemukan kata konjungsi temporal atau kata penghubung yang menyatakan waktu kegiatan yang hadir dan bersifat kronologis. Misal selanjutnya, berikutnya, kemudian, lalu, dan setelah itu.

3. Verba Material dan Tingkah Laku

Verba material ini adalah sesuatu yang mengacu pada tindakan fisik seperti haluskan bumbu, potong wortel, dan lain sebagainya. Sedangkan verba tingkah laku adalah suatu tindakan yang dilakukan dengan menggunakan ungkapan.

4. Partisipan Manusia

Yaitu semua manusia yang ikut serta dalam teks prosedur tersebut.

 

5. Terdapat kalimat yang berisikan pernyataan

6. Terdapat bilangan sebagai penanda ukuran

7. Terdapat kalimat introgatif (kalimat berisikan pertanyaan).

Demikianlah penjelasan mengenaiĀ Pengertian Teks Prosedur, Ciri, Tujuan, Macam, & Strukturnya Lengkap. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu, khususnya tentang teks prosedur. Terimakasih šŸ™‚

5 (100%) 8 votes