Pengertian Laba Rugi, Fungsi, Tujuan & Contohnya Lengkap
Pengertian Laba Rugi, Fungsi, Tujuan & Contohnya Lengkap

√ Pengertian Laporan Laba Rugi, Fungsi, Tujuan, Bentuk & Contoh

Pengertian Laporan Laba Rugi, Fungsi, Tujuan, Bentuk & Contoh – Jika kita mendengar istilah laba rugi yang terbenak dalam hati kita pasti tentang hitung hitungan tentang keuangan. Nah memang laba rugi berkaitan dengan keuangan. Laba rugi merupakan suatu bentuk laporan keuangan yang memberikan suatu informasi tentang hasil kegiatan operasional perusahaan maupun organisasi dalam satu periode tertentu.

Pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan suatu penjelasan mengenai laba rugi yang mencakup pengertian, fungsi, tujuan dan juga contohnya. Untuk itu langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Laporan Laba Rugi, Fungsi, Tujuan, Bentuk & Contoh

Berikut ini merupakan pengertian laba rugi secara umum dan juga menurut paraa ahli.

Pengertian Laba Rugi

Laporan laba rugi merupakan suatu laporan keuangan yang di dalamnya menjelaskan mengenai kinerja keuangan suatu entitas bisnis dalam satu periode akuntansi. Laporan tersebut berisi sebuah informasi secara ringkas tentang jumlah biaya – biaya yang dikeluarkan untuk operasional suatu perusahaan maupun organisasi dan laba yang diperoleh selama perusahaan atau organisasi tersebut beroperasi.

Laporan laba rugi ini juga sangat diperlukan untuk mengetahui kondisi juga perkembangan suatu perusahaan, apakah mendapatkan sebuah laba atau tidak selama menjalankan suatu usaha.

Adapun pengertian laporan laba rugi menurut para ahli:

1. Kasmir (2010: 67)

Laporan laba rugi merupakan suatu laporan untuk memberikan informasi juga situasi atau keadaan usaha dalam suatu perusahaan selama satu periode tertentu.

2. Najmudin (2011: 71)

Laporan laba rugi merupakan salah satu cara untuk membandingkan pendapatan terhadap beban pengeluaran untuk menentukan laba ataau rugi bersih. Selain itu, laporan laba rugi juga memberikan suatu informasi tentang laporan akhir perusahaan pada periode tertentu.

3. Warsono (2001: 26)

Laporan laba rugi merupakan suatu laporan keuangan yang menggambarkan tentang hasil usaha yang telah dicapai perusahaan selama periode tertentu.

4. Suad Husnan (2006: 60)

Laporan laba rugi adalah dapat menunjukkan laba bersih yang di peroleh oleh suatu perusahaan dalam periode tertentu.

5. Bearley Myers Marcus (2008: 72)

Laporan laba rugi merupakan suatu laporan keuangan yang dapat menunjukkan suatu pendapatan, beban, dan juga laba bersih suatu perusahaan dalam satu periode waktu.

6. Short, Libby dan Libby (2007: 10)

Laporan laba rugi merupakan suatu laporan utama dari akuntan untuk menghitung kinerja ekonomi suatu perusahaan yakni pendapatan dikurangi dengan biaya selama periode tertentu.

7. Brigham dan Houston (2010)

Laporan laba rugi merupakan suatu laporan yang meringkas pendapatan dan juga beban suatu perusahaan dalam satu periode akuntansi tertentu.

Fungsi dan Tujuan Laporan Laba Rugi

Adapun beberapa fungsi dan juga tujuan dari pembuatan laporan keuangan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Untuk memberikan suatu informasi tentang jumlah total pajak yang harus dibayarkan oleh suatu entitas bisnis.

2. Untuk memberikan suatu informasi tentang suatu kondisi dari perusahaan, apakah memperoleh laba atau rugi pada setiap periode akuntansi.

3. Untuk dijadikan bahan refrensi sebagai evaluasi pihak manajemen suatu perusahaan untuk menentukan berbagai langkah yang harus di ambil pada periode berikutnya.

4. Sebagai sumber informasi mengenai tingkat keberhasilan perusahaan dalam menentukan besaran biaya perusahaan.

5. Untuk membantu proses analisis usaha, sehingga dengan begitu dapat mengukur perkembangan suatu entitas bisnis.

6. Untuk dijadikan bahan acuan perusahaan dalam suatu upaya pengembangan bisnis bila ingin meningkatkan perolehan suatu laba.

7. Membantu proses analisis strategi suatu perusahaan untuk dapat mengetahui tingkat keberhasilan strategi bisnis yang telah dditerapkan sebelumnya dalam mencapai goals perusahaan.

8. Menjadi cerminan profil suatu entitas bisnis bagi calon investor maupun kreditor yang akan melakukan suatu transaksi bisnis dengan perusahaan tersebut.

Penggunaan Laporan Laba Rugi

Ada beberapa penggunaan laporan laba rugi, secara umum dibagi menjadi dua diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pengguna Internal

Yakni dapat digunakan oleh manajemen suatu perusahaan untuk menganalisa usaha mereka secara keseluruhan serta dijadikan sebagai pedoman untuk mengambil keputusan penting.

2. Pengguna Eksternal

Yakni digunakan oleh pengguna eksternal seperti investor dan kreditur serta pihak-pihak di luar perusahaan yang tidak memiliki sumber informasi perusahaan.

Bagi investor sendiri laporan laba rugi ini sangat penting karena terkait dengan keputusan mereka apakah akan menginvestasikan modalnya atau tidak. Hal tersebut juga dapat dilihat dari laporan laba rugi.

Elemen – Elemen Laporan Laba Rugi

Adapun elemen-elemen laporan laba rugi secara umum terdiri dari 4 elemen penting, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pendapatan (Revenue), yakni suattu bentuk pemasukan atau penambahan aktiva lainnya dari suatu entitas bisnis.

2. Kewajiban (Ekspense), yakni suatu pengeluaran atau penggunaan aktiva dari perusahaan.

3. Keuntungan (Profit), yakni suatu penambahan ekuitas karena terjadinya suatu transaksi periferal perusahaan, atau berupa investasi dari pemilik usaha.

4. Kerugian (Los), Yakni suatu penurunan ekuitas sebab terjadinya transaksi periferal dari perusahaan.

Bentuk Laporan Laba Rugi dan Contoh Laporan Laba Rugi

Secara umum, ada dua bentuk laporan laba rugi dalam penyusuna laporan keuangan yakni single step dan multiple step, berikut penjelasannya:

1. Single Step

Single step income statement merupakan laporan laba rugi suatu perusahaan dimana semua pendapatannya dan keuntungannya termasuk unsur operasi ada di posisi awal laporan laba rugi. Sedangkan seluruh kewajiban dan kerugian yang termasuk kategori operasi berada di bawah.

Penyajian laporan single step income statement:

  • Total pendapatan dari hasil penjualan harus terlebih dahulu dijumlahkan dan dibuat kelompok sendiri.
  • Total akun beban dijumlahkan dan dibuat kelompok sendiri.
  • Total pendapatan wajib dikurangi dengan total beban.
  • Selisih dari pendapatan dan beban adalah keuntungan atau rugi perusahaan.

Contoh laporan laba rugi Single Step

Pengertian Laba Rugi, Fungsi, Tujuan & Contohnya Lengkap
Pengertian Laba Rugi, Fungsi, Tujuan & Contohnya Lengkap

2. Multiple Step

Multiple Step income statement merupakan suatu bentuk laporan laba atau rugi yang mana di dalamnya terdapat beberapa langkah dalam menentukan keuntungan bersih dari suatu perusahaan.

Penyajian laporan single step income statement:

  • Total pendapatan dari hasil penjualan wajib dijumlahkan dan dibuat kelompok sendiri.
  • Total akun beban dijumlahkan dan dibuat kelompok sendiri.
  • Total pendapatan dikurangi dengan total beban.
  • Selisih dari pendapatan dan beban merupakan suatu keuntungan atau rugi perusahaan.

Contoh laporan laba rugi Multiple Step

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Laporan Laba Rugi, Fungsi, Tujuan, Bentuk & Contoh. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan khususnya tentang laporan laba rugi. Terimakasih 🙂