Pengertian Strategi Pemasaran, Jenis, Tujuan & Konsepnya Lengkap

Pengertian Strategi Pemasaran, Jenis, Tujuan & Konsepnya Lengkap – Kali ini ruangpengetahuan akan membahas mengenai strategi pemasaran. Jika sebelumnya telah membahas mengenai pemasaran, maka kali ini akan membahas mengenai strateginya, jenis, konsep, dan juga tujuannya. Untuk itu, marilah kita simak penjelasan berikut ini:

Contents

Pengertian Strategi Pemasaran, Jenis, Tujuan & Konsepnya Lengkap

Pengertian strategi Pemasaran

Secara umum, strategi pemasaran merupakan upaya memasarkan sebuah produk, baik itu barang ataupun jasa dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan lebih tinggi.

Pengertian lain dari strategi pemasaran adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk tercapainya suatu tujuan. Sebab potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut.

Strategi pemasaran ini memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan ataupun bisnis, karena ia berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi sebuah perusahaan, baik harga, barang, dan jasa. Tiga faktor penentu nilai harga, barang dan jasa yaitu:

  • Produksi
  • Pemasaran
  • Konsumsi

Adapun pengertian strategi pemasaran menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Philip Kotler

Strategi pemasaran adalah suatu mindset yang akan digunakan dalam pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran. yang mana didalamnya terdapat strategi rinci mengenai pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan budget untuk pemasaran.

2. Kotler dan Amstrong (2008)

Strategi pemasaran merupakan logika pemasaran dimana unit bisnis berharap untuk menciptakan nilai dan memperoleh keuntungan dari hubungannya dengan konsumen.

3. Kurtz (2008)

Strategi pemasaran adalah keseluruhan suatu program perusahaan dalam menentukan target pasar dan memuaskan konsumen dengan membangun kombinasi elemen dari marketing mix yaitu place, price, promotion, product.

4. Stanton

Strategi pemasaran adalah sesuatu yang mencakup semua sistem yang memiliki hubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai mempromosikan dan menyalurkan produk (barang atau jasa) yang dapat memuaskan konsumen.

Jenis-Jenis Strategi Pemasaran

Adapun jenis atau macam strategi pemasaran adalah sebagai berikut:

1. Strategi Kebutuhan Primer

Strategi untuk merancang kebutuhan primer adalah

  • Menambah jumlah pengguna
  • Meningkatkan jumlah pembeli

2. Strategi Kebutuhan Selektif

a. Mempertahankan Jumlah Pelanggan:
  • Menjaga kepuasan pelanggan
  • Menyederhanakan proses pembelian
  • Mengurangi daya tarik atau jelang untuk peralihan merk
b. Menjaring Pelanggan
  • Mengambil posisi berhadapan
  • Mengambil posisi berbeda

Untuk lebih jelasnya, dalam strategi pemasaran terbagi kedalam empat jenis, yaitu:

1. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pengguna.
2. Merangsang kebutuhan primer dengan cara memperbesar tingkat pembelian.
3. Merangsang kebutuhan selektif dengan memperhankan pelanggan yang sudah ada.
4. Merangsang kebutuhan selektif dengan cara menjaring pelanggan baru.

Tujuan Strategi Pemasaran

Adapun tujuan strategi pemasaran adalah

1. Meningkatkan kualitas koordinasi antar individu dalam sebua tim pemasaran

2. Sebagai dasar logis dalam mengambil keputusan pemasaran

3. Sebagai alat ukur hasil pemasaran berdasarkan standar potensi yang telah ditentukan

4. Untuk meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi bila terjadi adanya suatu perubahan

Konsep Strategi Pemasaran

Kunci utama dari pemasaran adalah konsep pemasaran dan strategi pemasaran. Adapun konsep strategi pemasaran adalah sebagai berikut:

1. Segmentasi Pasar

Setiap konsumen pastilah memiliki kebutuhan, dan juga memiliki kebiasaan yang berbeda. Maka sebuah perusahaan harus mengklasifikasi pasar yang sifatnya heterogen menjadi satuan-satuan pasar yang sifatnya homogen.

2. Positioning

Yakni perusahaan harus mempunyai pola spesifik untuk mendapatkan posisi yang kuat dalam pasar. Yakni memilih segmen yang paling menguntungkan. Karena tidak ada perusahaan yang bisa menguasai seluruh pasar.

3. Market Entry Strategy

Perusahaan melakukan strategi yang bisa masuk pada segmen pasar tertentu. Cara yang biasanya dilakukan adalah:

  • Internal Development
  • Memberi perusahaan lain
  • Kerjasama dengan perusahaan lain

4. Marketing Mix

Yakni kumpulan dari beberapa variabel yang digunakan sebuah perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen. Variabel tersebut diantaranya adalah

  • Product
  • Price
  • Place
  • Promotion
  • Participant
  • Process
  • People Physical Evidence

5. Timing Strategy

Dalam melakukan pemasaran, pemilihan waktu merupakan suatu yang sangat penting untuk diperhatikan. Dalam hal ini, perusahaan melakukan berbagai persiapan yang baik dalam produksi dan menentukan waktu yang tepat untuk mendistribusikan produk kepasar.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Strategi Pemasaran, Jenis, Tujuan & Konsepnya Lengkap. Semoga dapat bermanfaat yaa. Terimakasih 🙂