Pengertian Devisa, Macam, Manfaat, Fungsi, Sumber & Tujuannya
Pengertian Devisa, Macam, Manfaat, Fungsi, Sumber & Tujuannya

√ Pengertian Devisa, Macam, Manfaat, Fungsi, Sumber & Tujuannya

Pengertian Devisa, Macam, Manfaat, Fungsi, Sumber & Tujuannya – Pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan penjelasan mengenai devisa yang mencakup pengertian, macam, manfaat, fungsi dan juga sumbernya. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Devisa, Macam, Manfaat, Fungsi, Sumber & Tujuannya

Berikut ini merupakan pengertian devisa.

Pengertian Devisa

Secara umum, devisa merupakan sejumlah valuta asing maupun emas yang dapat dipergunakan untuk melakukan sebuah transaksi pembayaran dengan luar negeri yang diterima dan juga di akui oleh dunia internasional. Arti lain dari devisa adalah suatu kekayaan yang dimiliki oleh suatu negara dalam bentuk mata uang asing atau berupa barang yang dapat digunakan untuk membiayai transaksi perdagangan internasional.

Akan tetapi, tidak semua mata uang asing yang ada di Indonesia dapat dikatakan sebagai devisa. Dapat disebut sebagai devisa apabila mata uang asing tersebut beredar dalam negeri dan Bank Sentral (BI) yang memiliki catatan kurs resmi.

Ada beberapa yang termasuk devisa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Surat-surat berharga, yakni surat-surat yang berlaku dalam pembayaran internasional.
  • Valuta asing, yakni mata uang yang diterima dan di akui oleh semua negara di dunia US Dollar, Euro (Eropa), Poundsterling (Inggris), Franc (Prancis), Yen (Jepang), Deutsche Mark (Jerman).

Macam-Macam Devisa

Adapun beberapa macam atau jenis devisa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Devisa Berdasarkan Sumbernya

Adapun jenis devisa berdasarkan sumbernya adalah sebagai berikut:

a. Devisa kredit, yakni devisa yang sumbernya berasal dari pinjaman (kredit) luar negeri. Contohnya pemerintah Indonesia melakukan pinjaman dari Bank Dunia, kemudian pinjaman tersebut di alirkan pada masyarakat dalam bentuk devisa kredit.

b. Devisa umum, yakni suatu devisa yang diperoleh tanpa disertai adanya kewajiban untuk mengembalikannya. Seperti contoh penerimaan modal, ekspor, dan pengadaan jasa-jasa.

2. Devisa Berdasarkan Wujudnya

Adapun jenis-jenis devisa berdasarkan wujudnya diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Devisa kartal, merupakan devisa yang wujudnya dalam bentuk uang kertas, serta uang logam.

b. Devisa giral, merupakan devisa yang wujudnya dalam bentuk surat-surat berharga. Seperti contoh cek, wesel, dan IMO (Internasional Money Order) dan lain sebagainya.

Manfaat Devisa

Ada beberapa manfaat dari devisa, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Untuk membantu proses penjualan barang ke luar negeri (ekspor)

2. Untuk membantu sebuah proses pengadaan barang dari luar negeri (impor)

3. Untuk membiayai berbagai kegiatan perdagangan yang dilakukan di luar negeri

4. Untuk membantu proses pembayaran cicilan hutang ke luar negeri

5. Untuk membayar biaya akomodasi atlit olah raga ke luar negeri, studi banding, dan kegiatan kegiatan lainnya

6. Untuk membayar biaya perjalanan perwakilan suatu negara di luar negeri, seperti duta besar, konsulat dan lain sebagainya.

Fungsi Devisa

Ada beberapa fungsi devisa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Alat Pembayaran Perdagangan Internasional

Devisa berfungsi sebagai mata uang kedua bagi suatu negara saat melakukan pengadaan barang dari luar negeri dan membantu proses transaksi perdagangan antar negara (ekspor impor).

2. Sebagai Alat Pembiayaan Hubungan Internasional

Dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan hubungan internasional berasal dari devisa negara. Seperti contoh kegiatan diplomati antar negara, dan kegiatan lainnya.

3. Sebagai Alat Pembayaran Utang Luar Negeri

Devisa dapat berfungsi sebagai alat pembayaran utang luar negeri, karena negara dapat dimanfaatkan kekayaannya untuk berbagai kepentingan perekonomian seperti membayar utang ke luar negeri.

4. Sumber Pendapatan Negara

Devisa berfungsi sebagai sumber pendapatan negara atau keuangan negara. Terkhusus untuk meningkatkan perekonomian suatu negara.

Sumber-Sumber Devisa

Ada beberapa sumber devisa, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Ekspor Barang dan Jasa

Kegiatan ekspor barang dan jasa merupakan sumber devisa terbesar bagi suatu negara.  Sehingga semakin banyak barang dan jasa yang diekspor maka pendapatan suatu negara dan devisa akan semakin besar.

2. Pungutan Bea Masuk

Yang dimaksud dengan pungutan bea masuk adalah biaya untuk barang-barang yang masuk dalam suatu negara yang berasal dari luar negeri. Sehingga semakin banyak barang yang masuk ke dalam suatu negara maka pendapatan dari pungutan bea masuk tersebut akan semakin besar.

3. Imbalan Jasa Di Luar Negeri

Dengan adanya imbalan atas jasa di luar negeri juga sumber dari devisa. Seperti contoh Singapura yang menjual jasa di negari lain. Singapura merupakan salah satu negara yang mengandalkan jasa perdagangan sebagai sumber utama dari devisa. Adapun contoh dari jasa tersebut adalah jasa pengiriman barang, jasa perbankan dan kegiatan jasa lainnya.

4. Utang Luar Negeri

Dengan adanya utang luar negeri juga merupakan sumber dari devisa. Meskipun hanya pinjaman tetap harus dikembalikan, sehingga dengan demikian utang luar negeri akan tetap di hitung sebagai devisa suatu negara.

5. Hibah, Bantuan atau Hadiah dari Luar Negeri

Adanya pemberian hibah, bantuan maupun hadiah dari luar negeri biasanya dapat terjadi saat ada musibah atau sebuah bencana yang mana bentuknya dapat berupa uang ataupun barang. Sehingga dalam hal inipemberian dalam bentuk uang akan dianggap sebagai devisa negara. Sedangkan dalam bentuk barang dapat membantu negara dalam menghemat devisanya.

6. Kegiatan Pariwisata

Adanya kegiatan pariwisata juga menjadi sumber devisa. Seperti adanya turis dari mancanegara yang akan menukarkan mata uang negaranya dengan mata uang yang akan mereka kunjungi.

Tujuan Devisa

Adapun tujuan dari devisa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Untuk membayar barang-barang modal yang masih di impor seperti contoh mesin.

2. Untuk membayar barang – barang konsumsi yang masih di impor seperti handphone, kain dan lain sebagainya.

3. Untuk Membiayai korps diplomatik di luar negeri.

4. Untuk membiayai pengiriman, seperti contoh tim kesenian dan olahraga.

5. Untuk membangun berbagai macam fasilitas umum yang berada dalam negeri.

6. Untuk membayar jasa-jasa ke luar negeri seperti jasa pelayaran.

Pengertian Devisa, Macam, Manfaat, Fungsi, Sumber & Tujuannya
Pengertian Devisa, Macam, Manfaat, Fungsi, Sumber & Tujuannya

7. Untuk memberikan sumbangan kepada negara lain yang terkena musibah.

8. Untuk membiayai para mahasiswa dan juga pemuda yang belajar di luar negeri.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Devisa, Macam, Manfaat, Fungsi, Sumber & Tujuannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan khususnya mengenai devisa yang ada di Indonesia. Terimakasih 🙂