Pengertian Negara Maju, Ciri, Faktor & Persebarannya (Contoh)
Pengertian Negara Maju, Ciri, Faktor & Persebarannya (Contoh)

√ Pengertian Negara Maju, Ciri, Faktor & Persebarannya (Contoh)

Pengertian Negara Maju, Ciri, Faktor & Persebarannya (Contoh) – Istilah negara maju sudah sering kita dengar, apalagi dalam pelajaran ilmu sosial pasti kita akan mempelajarinya. Negara maju merupakan negara sejahtera, yakni masyarakatnya memiliki kualitas hidup yang tinggi. Pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan penjelasan mengenai negara maju yang terdiri dari pengertian, ciri-ciri, faktor, dan persebarannya atau contohnya. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Negara Maju, Ciri, Faktor & Persebarannya (Contoh)

Berikut ini pengertian negara maju.

Pengertian Negara Maju

Negara maju merupakan negara sejahtera yakni negara yang masyarakatnya memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi dan kualitas hidup yang tinggi baik dari segi perekonomian yang merata dan teknologinya yang maju. Negara dengan GDP (Gross Domestic Product) per kapita cukup tinggi ini dapat disebut juga sebagai Negara Maju. Sedangkan negara yang memiliki GDP (Gross Domestic Product) per kapita tinggi akan tetapi tidak mengembangkan dan memiliki perindustrian yang beragam tidak dapat disebut sebagai negara maju.

Adapun beberapa indikator yang dapat menilai suatu negara, apakah negara tersebut sudah maju atau  masih berkembang adalah dengan melihat pendapatan per kapita dan angka kemiskinan. Jika angka kemiskinan dalam suatu negara semakin kecil maka bisa dikatakan sebagai negara maju, begitupun sebaliknya.

Predikat negara maju pada umumnya dipegang oleh beberapa negara yang berada di daerah eropa bagian barat dan Amerika bagian timur. Namun jika dilihat dari berbagai sektor, negara dari bagian Asia juga tidak menutup kemungkinan untuk menjadi negara maju.

Ciri-Ciri Negara Maju

Adapun ciri-ciri dari negara maju diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memiliki tingkat pertumbuhan penduduk yang rendah.

2. Pendapatan per kapita tinggi, yakni negara maju memiliki pendapatan per kapita yang tinggi yaitu (pendapatan rata-rata penduduk /tahun) yang besar. Bisa lebih dari $11,456.

3. Kualitas penduduk yang merata dalam berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan dan industri.

4. Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang baik, yakni perkembangan teknologi yang pesat dan dalam berbagai sektor perdagangan dalam bidang teknologi mereka kuasai.

5. Pengolahan sumber daya alam dilakukan secara maksimal.

6. Masyarakat memiliki produktivitas yang tinggi.

7. Masyarakatnya memiliki kesadaran hukum yang tinggi.

8. Memiliki intensitas mobilitas yang tinggi.

9. Angka harapan hidup yang tinggi.

10. Memiliki fasilitas umum yang mencukupi kebutuhan masyarakat dan merata.

11. Eksport lebih tinggi daripada import.

12. Masyarakatnya memiliki sifat kemandirian yang tinggi.

Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Negara Maju

Adapun faktor – faktor yang mempengaruhi negara maju diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Faktor Ekonomi

Faktor ekonomi merupakan faktor yang sangat penting terutama bagi pendapatan per kapita suatu negara. Karena apabila pendapatan per kapita pada suatu negara tinggi, maka negara tersebut dapat dikategorikan sebagai negara maju.

2. Faktor Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia merupakan faktor yang berkaitan dengan kondisi suatu penduduk pada negara, seperti contoh tingkat pendidikan, keragaman suku, laju pertumbuhan, penguasaan terhadap IPTEK, tingkat produktifitas, bergantung pada produksi pertanian dan industri. Karena majunya IPTEK yang tinggi akan mempengaruhi negara tersebut untuk lebih maju.

3. Faktor Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber daya alam merupakan faktor yang berhubungan dengan alam atau lingkungan pada suatu negara, baik itu secara geologis, geografis, dan lain sebagainya. Dan apabila sumber daya alam pada suatu negara baik dan dapat di manfaatkan secara maksimal maka akan memberikan keuntungan bagi negara tersebut. Sehingga akan mempengaruhi perekonomian negara tersebut untu kesejahteraan masyarakatnya.

4. Faktor Stabilitas Politik

Stabilitas politik adalah suatu keadaan politik negara yang mana keadaan politik akan mempengaruhi keadaan ekonomi tersebut agar tetap stabil. Sehingga negara-negara maju memiliki keadaan politik yang stabil dan keamanan yang juga terjaga.

5. Faktor Keamanan

Faktor keamanan merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan suatu negara sudah maju.  Karena semakin tingginya tingkat keamanan suatu negara maka akan meningkat pula stabilitas perekonomian sehingga masyarakat dapat hidup makmur dan juga tentram.

Dari kelima faktor tersebut tentu faktor yang paling menentukan dan penting adalah faktor sumber daya manusia, jika manusianya berkualitas maka otomatis akan lebih mudah dalam mengembangkan negaranya. Akan tetapi sebaliknya, jika sumber daya manusianya tidak berkualitas maka akan sulit untuk memajukan negaranya meskipun memiliki sumber daya alam yang melimpah.

Persebaran Negara Maju atau Contoh Negara Maju

Negara maju memiliki persebaran yang lebih sedikit dibandingkan dengan negara berkembang. Adapun persebaran negara maju hanya terdapat di beberapa benua saja. Wilayah yang menjadi tempat persebaran negara – negara maju sebagian besar adalah di bagian belahan bumi sebelah utara. Belahan bumi utara tersebut terdiri dari beberapa Benua, yaitu Benua Eropa, Benua Asia, dan Benua Amerika.

1. Negara – Negara Maju Di Benua Eropa

Adapun negara – negara yang termasuk dalam kategori negara maju di benua eropa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Inggris
  • Prancis
  • Belanda
  • Jerman
  • Spanyol
  • Swedia
  • Norwegia
  • Finlandia
  • Denmark
  • Belgia
  • Swiss.

2. Negara – Negara Maju di Daerah Asia Timur dan Asia Tenggara

Adapun negara – negara maju yang tersebar di daerah Asia timur dan Asia tenggara diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Jepang (Asia Timur)
  • Korea Selatan (Asia Timur)
  • Singapura.

3. Negara – Negara Maju di Benua Amerika

Adapun negara – negara maju yang tersebar di benua amerika diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Amerika Serikat
  • Kanada.

4. Negara – Negara Maju di Bagian Belahan Bumi Selatan

Pengertian Negara Maju, Ciri, Faktor & Persebarannya (Contoh)
Pengertian Negara Maju, Ciri, Faktor & Persebarannya (Contoh)

Adapun negara – negara yang tersebar di bagian belahan bumi selatan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Australia
  • Selandia Baru.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Negara Maju, Ciri, Faktor & Persebarannya (Contoh). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan khususnya mengenai negara maju. Terimakasih 🙂