Pengertian Lembaga Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Lembaga Menurut Para Ahli Terlengkap – Sudah tidak asing lagi jika kita mendengar istilah lembaga. Biasanya lembaga ini terkait dengan suatu organisasi, sosial, masyarakat, formal maupun informal. Dari beberapa kata tersebut memiliki keterikatan satu sama lain. Keberadaannya di dalam kehidupan bermasyarakat sangat diperlukan untuk mengatur dan mengendalikan segala aktivitas baik secara individu maupun kelompok.

Ada banyak beberapa ahli yang juga ikut mengeluarkan pendapatnya mengenai definisi dari lembaga ini. Untuk mengetahuinya mari kita simak penjelasan berikut ini:

Pengertian Lembaga Menurut Para Ahli Terlengkap

Adapun pengertian lembaga menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Macmillan

Lembaga adalah seperangkat hubungan norma-norma, keyakinan-keyakinan, serta nilai-nilai yang nyata yang terpusat pada kebutuhan sosial dan serangkaian tindakan yang penting dan berulang.

2. Koentjaraningrat

Beliau berpendapat bahwa lembaga sama halnya dengan pranata yang dibagi kedalam delapan golongan berdasarkan kebutuhan hidup manusia.

3. Thomas dan Adelman

Kedua ahli ini memberikan sebuah definisi bahwa lembaga sebagai bentuk interaksi manusia yang terdiri dari tiga tingkatan (minimal) yaitu:

  • Sebagai nilai kultural yang digunakan sebagai pijakan bagi lembaga bawahannya.
  • Suatu hukum yang harus di taati juga peraturannya.
  • Pengaturan bersifat kontraktual untuk kejelasan dan kelancaran atas segala proses dalam lembaga

Dari ketiga tingkatan tersebut disesuaikan dengan tingkat ruang lingkup lembaga dalam bermasyarakat.

4. Hendro Puspito

Lembaga adalah bentuk lain organisasi yang tersusun secara tetap dari pola-pola kelakuan, peranan dan relasi sebagai cara untuk mengikat guna tercapainya kebutuhan-kebutuhan sosial dasar.

Baca Juga:  Pengertian Demokrasi, Ciri-Ciri, Prinsip, Dan Jenisnya Lengkap

5. Norman T. Uphoff

Beliau ini sangat menyukai penelitian sosial yang bersifat lokal dan kedaerahan. Ahli yang satu ini sangat sulit untuk memberikan penjelasan dan pemahaman mengenai lembaga. Karena di mata masyarakat lembaga dan organisasi hampir sama. Akan tetapi beliau mendefinisikan institusi sebagai serangkaian norma dan perilaku yang telah bertahan lama selama periode tertentu untuk mencapai tujuan bersama dan maksud lain yang bernilai sosial.

Kesimpulan Lembaga

Dari pengertian beberapa ahli diatas, diperoleh kesimpulan bahwa lembaga lebih dari suatu organisasi. Adapun lembaga di dalam masyarakat merupakan sebuah kumpulan dari hukum-hukum atau aturan yang harus di taati oleh masyarakat demi mencapai suatu tujuan tertentu yang juga merupakan kepentingan masyarakat.

Lembaga Dan Organisasi

Masih banyak masyarakat yang belum begitu paham dengan perbedaan antara lembaga dan organisasi. Sekilas memiliki banyak kemiripan diantara keduanya, akan tetapi dari keduanya tetap memiliki perbedaan.

Menurut Ahli yakni S.B. Hari Lubis & Martani Huseini mendefinisikan organisasi sebagai satu kesatuan sosial dari sekelompok manusia yang saling berinteraksi sesuai dengan pola tertentu sehingga setiap anggotanya harus mempunyai fungsi dan tugas tertentu yang sebagai satu kesatuan mempunyai tujuan tertentu dan mempunyai batasan jelas, sehingga bisa dipisahkan secara tegas dari lingkungannya.

Dari pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa organisasi dapat bersifat formal maupun informal. Dan organisasi juga disusun secara struktural dan memiliki bidang nya masing-masing. Sedangkan lembaga tidak memiliki pembagian tugas kepada setiap anggotanya. Lembaga juga bersifat formal maupun non formal, akan tetapi kebanyakan di pedesaan masih bersifat non formal.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Pengertian Lembaga Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga dapat menambah wawasan kita mengenai lembaga melalui artikel ini. Terimakasih 🙂

Baca Juga:  Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Macam-Macam Norma Lengkap
5 (100%) 6 vote[s]