Pengertian Imperialisme & Kolonialisme Serta Perbedaan dan Persamaannya

Pengertian Imperialisme & Kolonialisme Serta Perbedaan dan Persamaannya – Imperialisme dan kolonialisme merupakan istilah penting yang masih belum banyak orang tau. Untuk itu, akan dijelaskan secara menyuluruh berikut ini:

Pengertian Imperialisme & Kolonialisme Serta Perbedaan dan Persamaannya

Pengertian Imperialisme

Imperialisme berasal dari bahasa latin “imperare” yang berarti memerintah. Sedangkan orang yang memiliki hak untuk memerintah disebut imperator. Istilah ini sudah digunakan sejak zaman dahulu, yakni zaman kerajaan yang mana pada saat itu kebesaran seorang raja diukur menurut luas daerahnya, sehingga raja akan memperluas kerajaanya dengan merebut negara-negara lain.

Imperialisme adalah suatu kebijakan dimana Negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara tersebut dapat berkembang dan dipelihara.

Pengertian Kolonialisme

Kolonialisme berasal dari kata colonus (colonia ) yang berarti suatu usaha untuk mengembangkan suatu kekuasaan di suatu negara diluar negara tersebut. Tujuannya untuk mencapai dominasi SDA, SDM, dan perdagangan di suatu wilayah.

Perbedaan Imperialisme dan Kolonialisme

Perbedaan Imperialisme dan Kolonialisme adalah sebagai berikut:

1. Imperialisme bertujuan untuk mengambil dan menguras habis sumber daya alam dari negara yang bersangkutan untuk di bawa ke negara induk.

2. Imperialisme bertujuan untuk memberikan dan menanamkan pengaruh pada semua bidang di negara yang bersangkutan.

Persamaan Imperialisme dan Kolonialisme

Persamaan Imperialisme dan Kolonialisme adalah sebagai berikut:

Persamaan Imperialisme dan Kolonialisme adalah dapat membuat negara penjajah menjadi sejahtera dan makmur sesaat yang dijajah semakin terpuruk dan menderita.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Imperialisme & Kolonialisme Serta Perbedaan dan Persamaannya. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Pengertian Atmosfer, Lapisan, Serta Manfaatnya Lengkap
5 (100%) 6 vote[s]