Limbah: Pengertian, Jenis, Dampak & Contohnya (Lengkap)

2 min read

Limbah: Pengertian, Jenis, Dampak & Contohnya (Lengkap)

Limbah: Pengertian, Jenis, Dampak & Contohnya (Lengkap) – Limbah adalah istilah yang sudah sangat sering kita dengar. Limbah ini sangat erat kaitannya dengan pencemaran lingkungan, dan dengan segala sesuatu yang berbau.

Segala sesuatu yang sudah tidak terpakai lagi dimana telah melewati proses industri maka itlah yang disebut limbah. Tidak semua limbah itu sampah yang tidak bisa didaur ulang, jika limbah dapat dimanfaatkan oleh orang-orang kreatif maka akan menjadi sesuatu yang bermanfaat dan juga bernilai.

Akan tetapi ada limbah yang juga sangat berbahaya, yakni limbah B3 (Bahan, Berbahaya dan Beracun). Nah jenis limbah B3 inilah yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.

Untuk mengetahui lebih jelas Pendidik akan menguraikan penjelasannya sebagai berikut:

Limbah: Pengertian, Jenis, Dampak & Contohnya (Lengkap)

Berikut penjelasannya:

Pengertian Limbah

Limbah adalah sisa proses produksi yang tidak mempunyai nilai jika dalam pemakaian yang utama. Arti lain dari limbah adalah buangan atau sisa yang dihasilkan dari aktivitas-aktivitas produksi, baik itu secara domestik maupun non-domestik.

Adapun yang termasuk kedalam limbah domestik adalah limbah rumah tangga, pasar, sekolah, pusat keramaian dan lain sebagainya. Contohnya adalah kaleng, plastik, kardus, botol bekas, sisa makanan, sisa air deterjen, sisa shampoo dan lain sebagainya.


Sedangkan limbah non-domestik adalah limbah yang berasal dari pabrik-pabrik, transportasi, industri, pertanian peternakan dan lain sebagainya. Contohnya adalah sisa kain atau zat pewarna industri tekstil, zat pengawet, sisa olahan pabrik tempe tahu dan lain sebagainya.

Baca Juga:  √ Pengertian Teleskop, Sejarah, Jenis, Bagian & Fungsinya

Limbah yang tidak berbahaya jika ada di tangan orang-orang yang kreatif maka akan menjadi sesuatu yang bermanfaat bahkan bernilai. Akan tetapi jika limbah dalam jumlah yang banyak maka akan berdampak negatif pada lingkungan terutama pada kesehatan manusia, ekosistem hewan dan juga tumbuh-tumbuhan.

Jenis – Jenis Limbah

Jenis limbah dapat digolongkan menjadi 3, adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Limbah Berdasarkan Sumbernya

Jenis limbah berdasarkan sumbernya ini dibagi menjadi 2, diantaranya adalah

a. Limbah domestik yakni limbah yang diperolah atau dihasilkan dari sisa-sisa kegiatan rumah tangga, pasar, sekolah, tempat wisata dan tempat-tempat umum lainnya.

b. Limbah non-domestik yakni limbah yang dihasilkan dari industri, pabrik, perikanan, peternakan, pertanian, medis dan lain sebagainya.

2. Limbah Berdasarkan Wujudnya

Jenis limbah jika dilihat dari sumbernya adalah sebagai berikut:

a. Limbah padat adalah limbah yang memiliki wujud dan bentuk padat dan biasanya kering. Contohnya adalah sampah, botol bekas, botol kaca, kertas dan lain-lain.

b. Limbah cair adalah limbah yang berasal dari proses atrau kegiatan yang cair dan mudah larut juga ke dalam air. Contohnya adalah limbah sisa-sisa zat pewarna kain, sisa detergen air cucian, air tinja, limbah dari pabrik tahu dan masih banyak lagi.

c. Limbah gas adalah limbah yang berasal dari bahan atau jenis senyawa kimia yang sudah tercampur gas. Contohnya adalah limbah freon, limbah karbon monoksida, limbah nitrogen dan lain sebagainya.

d. Limbah suara adalah gelombang bunyi yang dapat mengganggu kenyamanan manusia, biasanya limbah ini berasal dari suara mesin pabrik, kendaraan dan lain sebagainya.

3. Limbah Berdasarkan Senyawanya

Adapun limbah berdasarkan senyawa terdiri dari:

Baca Juga:  Pengertian Makhluk Hidup Dan 9 Ciri Beserta Penjelasannya Lengkap

a. Limbah organik adalah limbah yang memiliki kandungan senyawa karbon berasal dari makhluk hidup, contohnya kotoran hewan, sayuran busuk, buah-buahan busuk dan lain-lain.

b. Limbah non-organik adalah limbah yang berasal dari bahan-bahan yang sulit di urai, contohnya adalah kaca, plastik, dan sejenisnya.

Dampak Limbah terhadap Lingkungan dan Manusia

Limbah tentu saja memiliki dampak tersendiri terhadap lingkungan dan juga kehidupan kita sebagai makhluk hidup. Ada banyak sekali dampaknya, yakni:

a. Dampak limbah terhadap manusia adalah dapat mengganggu kesehatan dan juga merugikan perekonomian.

b. Sedangkan dampak limbah terhadap lingkungan adalah dapat tercemarnya tanah, air, udara dan lain sebagainya, kemudian dapat mengganggu keseimbangan lingkungan, punahnya spesies – spesies tertentu, dan efek rumah kaca.

Limbah: Pengertian, Jenis, Dampak & Contohnya (Lengkap)
Limbah: Pengertian, Jenis, Dampak & Contohnya (Lengkap)

Pengelolaan Limbah

Limbah dapat kita kurangi dengan cara mengelolanya dengan mendaur ulang limbah-limbah yang masih bisa digunakan, sepeti plastik, botol minuman dan lainnya. Karena tidak semua limbah dapat di daur ulang. Limbah – limbah yang akan di daur ulang hendaknya di olah dengan sangat hati-hati.

Limbah sendiri dapat diolah dengan menggunakan cara penyaringan, filtrasi, atau juga dengan menggunakan teknologi membran yang canggih. Selain itu juga bisa menggunakan proses reduksi sampai oksidasi atau juga bisa dengan menggunakan cara aerob dan anaerob.

Nah itulah tadi penjelasan singkat tentang Limbah: Pengertian, Jenis, Dampak & Contohnya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih 🙂