Hewan Omnivora: Pengertian, Ciri, Contoh & Penjelasannya

2 min read


Hewan Omnivora: Pengertian, Ciri, Contoh & Penjelasannya – Jika sebelumnya Pendidik menjelaskan mengenai Hewan Karnivora maka pada kesempatan kali akan membahas mengenai hewan omnivora yang mencakup pengertian, ciri, contoh dan juga penjelasannya.

Hewan omnivora ini termasuk ke dalam kategori hewan pemakan tumbuh-tumbuhan dan juga daging. Manusia juga termasuk ke dalam omnivora yakni pemakan segalanya (daging dan juga tumbuh-tumbuhan). Untuk mengetahui lebih jelas langsung saja kita simak pembahasannya sebagai berikut:

Hewan Omnivora: Pengertian, Ciri, Contoh & Penjelasannya

Pengertian Hewan Omnivora

Hewan omnivora merupakan golongan hewan pemakan tumbuhan dan juga daging atau hewan (pemakan segalanya). Jika hewan karnivora (pemakan daging) sangat identik dengan binatang buas, maka biasanya hewan omnivora tidak buas meskipun sama memakan daging pula. Hewan omnivora memakan daging yang biasanya lebih kecil ukurannya di banding dirinya dan bukan menjadi makanan utama.

Biasanya pada hewan karnivora maupun herbivora memiliki gigi yang khusus untuk memakan daging dan juga tumbuhan. Namun pada omnivora tidak memiliki gigi khusus, ia memiliki gigi taring di bagian depan untuk merobek makanan dan gigi belakang yang datar untuk menghaluskan makanan.

Ciri-Ciri Hewan Omnivora

Terdapat beberapa ciri khas dari hewan omnivora yang membedakannya dari hewan karnivora dan juga herbivora, diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  √ Pengertian Kloning, Jenis, Konsep, Manfaat & Contohnya (Bahasan Lengkap)

1. Memiliki gigi yang tajam pada bagian depan

2. Memiliki gigi yang datar di bagian belakang


3. Memiliki sistem pencernaan yang kompleks (multi)

4. Pemakan tumbuh-tumbuhan dan daging

5. Pada sebagian besar bukan hewan mamalia (menyusui), namun sebagian kecil merupakan hewan mamalia (menyusui)

6. Pada umumnya berkembang biak secara bertelur, namun ada juga yang berkembang biak dengan cara beranak.

Contoh Hewan Omnivora dan Penjelasannya

Ada banyak sekali contoh hewan omnivora diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Ayam

Ayam merupakan hewan omnivora yang memakan tumbuh-tumbuhan, daging, seperti padi, serangga dan lainnya. Ayam termasuk ke dalam hewan unggas, dimana hewan unggas merupakan hewan kelompok bertelur dimana telurnya juga dapat dimanfaatkan.

2. Bebek

Bebek merupakan hewan unggas juga yang termasuk ke dalam kategori hewan omnivora. Bebek ini biasanya hidup di tempat yang becek dan berair, ia memakan rumput, cacing, serangga, sayuran dan lainnya. Selain itu, bebek juga banyak di budidayakan sama halnya dengan ayam, selain menguntungkan juga tidak susah dalam hal perawatannya.

3. Tikus

Tikus merupakan hewan kecil yang biasanya dapat merusak atau dapat dikatakan sebagai hama. Tikus adalah salah satu hewan omnivora pemakan segalanya, makanan tikus sendiri banyak seperti padi, kalapan, serangga, daging, baju yang sudah lama tak dipakai dan baupun bisa menjadi sarang tikus dan digigitnya.

4. Angsa

Angsa termasuk ke dalam hewan unggas, yang biasanya tinggal di tempat yang berair dan becek. Hewan ini pemakan sayuran, dedaunan, keong, hewan kecil dan lainnya. Ciri khas dari hewan ini adalah memiliki leher yang panjang dan berwarna putih.

5. Monyet

Monyet termasuk ke dalam golongan hewan mamalia (menyusui). Monyet adalah hewan pemakan segalanya (omnivora) yakni tumbuh-tumbuhan seperti buah buahan, sayuran, kacang – kacangan, dan daging seperti hewan kecil, serangga, dan lainnya. Monyet memiliki ciri ukuran yang lebih kecil, dan berekor panjang.

Baca Juga:  Gaya : Pengertian, Jenis, Sifat, Rumus & Satuannya

6. Gorila

Gorila juga masuk dalam golongan hewan menyusui (mamalia) yang bertubuh besar, dan memiliki kekuatan otot yang sangat besar. Gorila juga termasuk hewan primata, yang memakan hewani dan juga tumbuhan. Gorila juga salah satu hewan yang memiliki DNA seperti manusia, yakni tubuh yang bertubuh tegak, memiliki tangan dan kaki yang memiliki fungsi sama seperti manusia, dan intelegensinya dinilai cukup tinggi.

7. Simpanse

Simpanse juga termasuk ke dalam golongan hewan gorila dan orang utan, ia memakan tumbuh-tumbuhan seperti buah-buahan, kacang kacangan, bunga, serangga, semut dan lainnya. Dalam kelompoknya hewan jenis ini terdiri dari multi jantan dan multi betina.

8. Orang Utan

Orang utan memiliki ciri khas yakni berbulu kemerahan dan berlengan panjang, orang utan memakan serangga dan juga tumbuhan, dan hewan jenis ini juga minum air yang berada di pohon-pohon.

9. Beruang Hitam

Beruang hitam juga termasuk dalam hewan omnivora, yang dapat memakan mamalia kecil, dan juga tumbuh-tumbuhan, hewan ini biasanya dapat ditemukan di dalam hutan.

Hewan Omnivora: Pengertian, Ciri, Contoh & Penjelasannya

10. Lumba-Lumba

Lumba-lumba termasuk ke dalam hewan mamalia air yang dikenal bersahabat dengan manusia. Hewan ini dapat memakan ikan kecil, plankton, rumput laut dan lainnya.

11. Babi

Babi merupakan hewan omnivora yang dapat memakan tumbuhan dan daging seperti rumput dan serangga.

Masih banyak sekali contoh hewan yang termasuk ke dalam hewan omnivora, seperti burung flamingo, ikan betutu, dan masih banyak lagi. Contoh diatas merupakan sebagian kecil dari golongan hewan omnivora.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai Hewan Omnivora: Pengertian, Ciri, Contoh & Penjelasannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Terimakasih..