Pengertian Makhluk Hidup Dan 9 Ciri Beserta Penjelasannya Lengkap

Pengertian Makhluk Hidup Dan 9 Ciri Beserta Penjelasannya Lengkap – Pada kesempatan kali ini, ruangpengetahuan.com akan membahas mengenai makhluk hidup. Semua orang pasti tau, bahwa makhluk hidup adalah sesuatu yang memiliki nyawa hihi. Nah tapi secara lebih jelasnya mungkin diantara kita masih ada yang belum mengetahui apa sih makhluk hidup itu, terus bagaimana ciri-ciri dari makhluk hidup tersebut. Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita simak penjelasan berikut ini:

Pengertian Makhluk Hidup Dan 9 Ciri Beserta Penjelasannya Lengkap

 Pengertian Makhluk Hidup

Makhluk berasal dari bahasa arab yaitu “diciptakan” lawan kata dari Kholik yaitu “Yang Menciptakan”. Mengacu pada suatu organisme yang diciptakan oleh Allah yang hidup.

Makhluk hidup secara umu  adalah suatu organisme yang mampu mempertahankan dirinya dari berbagai perubahan lingkungan dan dapat berkembang bias untuk melestarikan jenisnya. Adapun pengertian makhluk hidup menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:

Kimball (1983)

Makhluk hidup adalah sesuatu yang memiliki lima ciri yaitu berevolusi, responsif, bereproduksi, dapat melakukan metabolisme dan bersifat rumit.

Dwijoseputro

Makhluk Hidup adalah sesuatu yang dapat melakukan metabolisme, dapat melakukan gerak, dapat bertumbuh, dapat bereproduksi dan responsif.

Helena Curtis

Makhluk Hidup adalah sesuatu yang bisa memanfaatkan energi dari lingkungannya dan merubahnya dari bentuk energi satu ke bentuk energi lainnya, juga dapat beradaptasi dengan lingkungan, merespon bila ada rangsangan, bersifat homeostatis kompleks dan terorganisir dengan baik dapat berkembang biak atau bereproduksi serta tumbuh dan berkembang.

Baca Juga:  Pengertian Reboisasi, Fungsi, Manfaat dan Tujuannya (Lengkap)

 Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Adapun ciri-ciri makhluk hidup dijelaskan secara jelas berikut contohnya adalah sebagai berikut:

1. Bernapas (respirasi)

Makhluk hidup pasti akan membutuhkan oksigen untuk bernapas. Bernapas adalah pertukaran gas antara makhluk hidup dan lingkungannya. Ada tiga jenis makhluk hidup di dunia, yaitu  manusia, hewan dan tumbuhan. Dari ketiga jenis tersebut memiliki alat pernapasan yang berbeda-beda (masing-masing) namun ada juga yang sama.

Oksigen yang dihirup saat bernapas digunakan untuk membakar makanan sehingga menghasilkan tenaga atau energi. Bermacam-macamnya alat pernapasan pada makhluk hidup. Paru-paru merupakan alat pernapasan pada manusia dan hewan darat. Sedangkan insan merupakan alat pernapasan untuk hewan air dan trakea yang merupakan alat pernapasan serangga.

Kemudian untuk tumbuhan sendiri alat pernapasannya adalah stomata dan lentisel. Stomata adalah lubang-lubang kecil yang terdapat pada permukaan daun, sedangkan lentisel adalah lubang-lubang kecil yang terdapat pada permukaan kulit binatang.

2. Bergerak

Ciri selanjutnya adalah bergerak, yaitu berpindahnya sebagian atau seluruh bagian tubuh makhluk hidup karena adanya rangsangan internal ataupun eksternal. Adapun alat gerak manusia adalah kaki, tangan, sedangkan hewan berupa sayap, tungkai, dan sirip. Dan tumbuhan geraknya bersifat pasif, artinya tumbuhan dapat melakukan gerakan tanpa berpindah tempat. Gerakan tumbuhan ini dipengaruhi oleh rangsangan.

3. Tumbuh dan Berkembang

Setiap makhluk hidup pasti akan tumbuh dan berkembang. Pertumbuhan ini beragam sesuai dengan waktunya. Contoh pertumbuhan manusia dimulai dari bayi kemudian tumbuh menjadi remaja dan kemudian tumbuh menjadi manusia dewasa. Pada hewan mulai dari kecil hingga tumbuh menjadi besar seperti induknya. Sedangkan pada tumbuhan mulanya sebutir biji yang kemudian ditanam dan kemudian tumbuh menjadi tanaman yang besar lagi.

Baca Juga:  Pengertian Reboisasi, Fungsi, Manfaat dan Tujuannya (Lengkap)

4. Berkembang Biak

Berkembang biak merupakan suatu proses menghasilkan keturunan, dan tujuan makhluk hidup berkembang biak  adalah untuk dapat melestarikan jenisnya agar spesies makhluk hidup tersebut tidak punah.

5. Membutuhkan Makanan atau Nutrisi

Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan makanan atau nutrisi untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Makanan berfungsi untuk menghasilkan energi, pertumbuhan dan juga pengganti sel tubuh yang rusak. Air adalah zat pelarut didalam tubuh.

Cara mendapatkan makanan setiap makhluk hidup berbeda-beda, manusia mendapatkan makanan dari makhluk hidup lain, hewan karnivora memangsa hewan lain, herbivora memakan tumbuhan, sedangkan tumbuhan bisa membuat makan sendiri dengan proses fotosintesis.

6. Peka Terhadap Rangsang (Iritabilita)

Manusia dan hewan menggunakan indera untuk mengenali adanya rangsangan. Reaksi ini timbul jika ada rangsangan dari lingkungan. Rangsangan dapat berupa cahaya, panas, dingin, bau gas, sentuhan, gravitasi, rasa, dam lain-lain. Ada 5 panca indera bagi manusia yaitu: Mata (untuk melihat), hidung (mencium bau), lidah (untuk merasa), telinga (untuk mendengar), dan kulit (indera peraba).

7. Melakukan Metabolisme

Metabolisme adalah proses kimia yang terjadi didalam tubuh makhluk hidup. Metabolisme ini dibagi menjadi dua berdasarkan prosesnya, yaitu proses penguraian pada suatu zat yang menjadi partikel yang lebih kecil disebut dengan proses katabolisme sedangkan proses penyusunan senyawa tertentu disebut dengan proses anabolisme.

8. Mengeluarkan Zat-Zat Sisa (ekskresi)

Setiap makhluk hidup pasti mengeluarkan zat sisa, yang bisa berbahaya dan dapat meracuni tubuhnya. Organ ekskresi pada manusia meliputi: paru-paru, ginjal, kulit dan anus. Paru-paru mengeluarkan zat sisa berupa gas karbondioksida dan uap air, kulit mengeluarkan keringat yang tersusun atas air, garam, dan urea.

Adapun dengan hewan, proses ekskresi nya hampir sama dengan manusia, sedangkan pada tumbuhan dilaukan dengan mengeluarkan gas oksigen melalui bagian stomata dan lentisel.

Baca Juga:  Pengertian Reboisasi, Fungsi, Manfaat dan Tujuannya (Lengkap)

9. Adaptasi (Menyesuaikan Diri)

Adaptasi merupakan kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan agar mampu bertahan hidup di habitatnya.

Contoh adaptasi tumbuhan dan binatang adalah hewan didaerah kutub memiliki bulu tebal, dan tumbuhan seperti kaktus memiliki daun berbentuk duri untuk mengurangi penguapan air karena tingga didaerah gurun.

Nah itulah Pengertian Makhluk Hidup Dan 9 Ciri Beserta Penjelasannya Lengkap. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

5 (100%) 5 votes