Pengertian Struktur Organisasi dan Fungsinya (Lengkap) – Pada kesempatan kali ini, Pendidik akan membahas mengenai struktur organisasi. Masih banyak diantara kita yang belum mengetahui pengertian struktur organisasi itu apa dan bagaimana fungsinya. Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak penjelasannya sebagai berikut:
Contents
Pengertian Struktur Organisasi dan Fungsinya (Lengkap)
Pengertian Struktur Organisasi
Sebelum kita membahas mengenai struktur organisasi, kita akan membahas mengenai apa itu organisasi ? Organisasi adalah suatu kelompok yang terdiri dari dua orang atau lebih yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai yang telah ditetapkan sebelumnya.
Struktur organisasi adalah suatu susunan komponen-komponen atau unit-unit kerja dalam suatu organisasi. Struktur organisasi ini menunjukkan bahwa adanya pembagian kerja serta bagaimana fungsi atau kegiatan berbeda yang di koordinasikan. Selain itu, struktur organisasi menunujukkan mengenai spesialisasi-spesialisasi dari pekerjaan saluran perintah, dan penyampaian laporan.
Arti lain dari struktur organisasi adalah suatu susunan hubungan antar komponen bagian-bagian dan posisi dalam sebuah organisasi dan komponen-komponen yang ada dalam sebuah organisasi mempunyai ketergantungan. Jika terdapat suatu komponen yang baik, maka akan berpengaruh kepada komponen yang lainnya dan tentu akan berpengaruh juga terhadap organisasi tersebut.
Struktur organisasi juga dapat diartikan sebagai suatu susunan dan hubungan antara setiap bagian maupun posisi yang terdapat pada sebuah organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan-kegiatan operasionalnya agar dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
Struktur organisasi menggambarkan secara jelas, pemisahan suatu kegiatan dari pekerjaan antara kegiatan yang satu dengan yang lainnya, serta hubungan antara aktivitas dan fungsi dibatasi. Struktur organisasi yang baik harus bisa menjalankan hubungan antar wewenang siapa pelapor atau bertanggung jawab kepada siapa, sehingga terdapat suatu pertanggung jawaban dengan apa yang akan dikerjakan.
Fungsi Struktur Organisasi
Adapun fungsi atau kegunaan dari struktur organisasi diantaranya adalah
1. Kejelasan Tanggung Jawab
Setiap anggota dari organisasi tersebut harus bisa bertanggung jawab dan tau apa yang harus dipertanggung jawabkan. Setiap anggota organisasi tentu harus bertanggung jawab kepada pimpinannya atau atasan yang telah memberikan suatu kewenangan, sebab dengan pelaksanaan atau implementasi kewenangan tersebut yang perlu dipertanggung jawabkan. Itulah fungsi kejelasan tanggung jawab dalam struktur organisasi.
2. Kejelasan Kedudukan
Kejelasan kedudukan berarti anggota atau seseorang yang ada di dalam struktur organisasi sebenarnya dapat mempermudah dalam melakukan koordinasi dan hubungan, karena adanya keterkaitan penyelesaian mengenai suatu fungsi yang telah dipercayakan kepada seseorang atau anggota.
3. Kejelasan Mengenai Jalur Hubungan
Kejelasan mengenai jalur hubungan berarti melaksanakan pekerjaan dan tanggung jawab setiap pegawai dalam sebuah organisasi maka akan dibutuhkan kejelasan hubungan yang tergambar dalam terstruktur sehingga dalam jalur penyelesaian suatu pekerjaan akan semakin lebih efektif serta dapat saling memberikan keuntungan.
4. Kejelasan Uraian Tugas
Kejelasan uraian tugas dalam struktur organisasi akan sangat membantu pihak atasan atau pimpinan untuk dapat melakukan pengawasan maupun pengendalian serta bagi bawahan akan dapat lebih berkonsentrasi dalam melaksanakan surat tugas atau pekerjaan karena uraian yang jelas. Itulah fungsi dari kejelasan uraian tugas.
Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Struktur Organisasi dan Fungsinya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂