Pengertian Kepribadian, Jenis, Faktor, Unsur & Contohnya
Pengertian Kepribadian, Jenis, Faktor, Unsur & Contohnya

√ Pengertian Kepribadian, Jenis, Faktor, Unsur & Contohnya

Pengertian Kepribadian, Jenis, Faktor, Unsur & Contohnya – Setiap orang pasti memiliki kepribadian masing – masing, dan kepribadian terbentuk karena proses sosialisasi, dan dalam dunia psikologi sudah sangat tidak asing lagi dengan istilah kepribadian. Nah pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan penjelasan mengenai arti kepribadian, jenis jenisnya, faktor, unsur dan juga contohnya. Untuk mengetahuinya langsung saja yuk kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Kepribadian, Jenis, Faktor, Unsur & Contohnya

Berikut ini pengertian dari kepribadian adalah sebagai berikut:

Pengertian Kepribadian

Kepribadian merupakan suatu bentuk tingkah laku sosial yang dimiliki oleh seorang individu, dimana bentuk atau corak yang dimiliki dapat berkaitan dengan kekuatan, dorongan, keinginan, pendapat, serta sikap yang terdapat pada seseorang dalam kehidupan sosialnya maupun dalam menghadapi suatu keadaan.

Kepribadian juga dapat diartikan sebagai latar belakang corak perilaku seseorang, dimana kepribadian tersebut mencakup kebiasaan, sikap, serta sifat yang dimiliki seseorang dan akan terus berkembang jika ia melakukan suatu interaksi sosial.

Arti kepribadian juga dapat dijelaskan ke dalam dua hal, diantaranya adalah

  • Kepribadian Dalam Arti Sehari-hari

Adalah sebagai suatu ciri yang dominan atau menonjol pada diri seseorang. Seperti contoh orang yang pemalu disebut sebagai orang yang memiliki kepribadian pemalu, orang yang supel maka memiliki kepribadian yang supel, dan lain sebagainya.

  • Kepribadian Dalam Arti Psikologi

Adalah Gordon Allport mengatakan bahwa suatu kepribadian untuk organisasi (berbagai aspek psikis & fisik) yang  merupakan struktur dan juga suatu proses. Sehingga kepribadian adalah suatu yang bisa berubah. Secara khusus Allport mengatakan, kepribadian secara teratur tumbuh dan juga mengalami perubahan.

Kepribadian Menurut Para Ahli

1. Theodore R. Newcombe

Kepribadian merupakan suatu organisasi sikap – sikap yang dimiliki oleh seseorang sebagai latar belakang terhadap perilaku.

2. Cuber

Kepribadian merupakan suatu gabungan secara keseluruhan dari sifat – sifat yang tampak dan dapat dilihat oleh seseorang.

Jenis – Jenis Kepribadian dan Ciri – Cirinya

Ada beberapa jenis – jenis beserta ciri dari kepribadian menurut Elizabeth yakni kepribadian sehat dan tidak sehat, berikut penjelasannya:

1. Kepribadian Sehat

Adapun ciri dari kepribadian sehat diantaranya adalah

  • Mampu menilai diri sendiri secara wajar
  • Bisa menilai situasi secara realistik serta dapat menghadapi situasi tersebut
  • Dapat menilai suatu prestasi yang diperoleh
  • Dapat menerima tanggung jawab serta yakin dapat mempertanggung jawabkannya
  • Dapat mengontrol emosi
  • Dapat mandiri dalam berfikir dan bertindak
  • Dapat bersosialisasi dengan baik
  • Memiliki filsafat dalam hidup
  • Memiliki keyakinan serta keimanan
  • Memiliki perasaan sesuai dengan keadaan, seperti senang, bahagia, sedih dan lain sebagainya.

2. Kepribadian yang Tidak Sehat

Adapun ciri – ciri kepribadian yang tidak sehat diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki rasa cemas dan khawatir yang berlebihan
  • Mudah marah dan tersinggung
  • Kejam terhadap manusia dan binatang
  • Sering merasa tertekan
  • Suka berbohong
  • Hiperaktif
  • Susah tidur
  • Suka mengkritik orang lain
  • Sering mengalami sakit kepala
  • Memiliki kesadaran yang rendah untuk mempelajari ilmu agama
  • Selalu pesimis dan kurang optimis dalam menghadapi kehidupan.

Faktor – Faktor Kepribadian

Ada beberapa faktor – faktor yang dapat mempengaruhi kepribadian seseorang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Faktor Keturunan

Faktor keturunan atau faktor genetika yang ada dalam diri seseorang dapat mempengaruhi karakteristik seorang individu tersebut. Biasanya faktor keturunan ini dapat dipengaruhi oleh kedua orang tuanya, yakni diantaranya komposisi biologis, psikologis, serta psikologis bawaan dari individu.

2. Faktor Lingkungan

Tahukah kalian, bahwasanya lingkungan juga salah satu faktor yang sangat penting dalam mempengaruhi kepribadian seseorang. Adapun lingkungan diantaranya ada keluarga, teman, dan kelompok sosial lainnya. Sehingga jika lingkungannya baik maka individu seseorang dapat ikut baik, akan tetapi jika lingkungannya kurang baik, maka seseorang juga akan terbawa untuk mengikutinya. Hal tersebut dapat terjadi baik disengaja maupun tidak disengaja.

Unsur – Unsur Kepribadian

Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda – beda, hal tersebut terjadi karena unsur – unsur yang membentuk dalam suatu kepribadian berbeda – beda. Berikut ini merupakan unsur – unsur dari kepribadian diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pengetahuan

Pengetahuan dapat diperoleh karena pemahaman dan pengalaman mengenai berbagai hal yang diperoleh dari lingkungan sekitarnya. dan pemahaman serta pengetahuan didapat dari pola pikir yang rasional. Sehingga apa yang telah ia pahami atau ketahui dapat terekam oleh otak, kemudian secara perlahan diungkapkan dalam bentuk perilaku sehari-hari.

2. Perasaan

Perasaan ini berkaitan dengan hati, sehingga perasaan ini bersifat subjektif. Sebagai contoh ada 3 seorang sahabat, salah satu diantaranya sedang sedih, dan dua orang sahabat lainnya mungkin ada yang ikut merasakan sedih dan ada juga yang hanya simpati dan biasa saja. Karena mereka memiliki kepribadian yang berbeda.

3. Dorongan Naluri

Setiap orang memiliki naluri yang dapat mendorong setiap individu untuk dapat memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya. Kebutuhan tersebut dapat bersifat rohaniah maupun jasmniah. Naluri manusia secara umum biasanya adalah untuk mempertahankan hidup, mencari makan, serta bersosialisasi.

Fungsi Teori Kepribadian

Ada dua fungsi teori secara ilmiah, diantaranya adalah fungsi deskriptif dan fungsi prediktif. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Fungsi Deskriptif

Deskriptif ( gambaran atau penjelasan) merupakan suatu fungsi teori kepribadian dalam menjelaskan atau menggambarkan perilaku atau kepribadian manusia secara rinci dan sistematis. Adapun pertanyaan – pertanyaan seputar perilaku manusia yang dapat dijawab melalui fungsi desskriptif ini adalah apa, mengapa dan juga bagaimana.

Pengertian Kepribadian, Jenis, Faktor, Unsur & Contohnya
Pengertian Kepribadian, Jenis, Faktor, Unsur & Contohnya

2. Fungsi Prediktif

Prediktif ( suatu prediksi ) merupakan suatu fungsi yang dapat memperkirakan apa, mengapa, serta bagaimana tingkah laku manusia di kemudian hari.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Kepribadian, Jenis, Faktor, Unsur & Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂