Pengertian Manajemen Pendidikan, Fungsi, Tujuan dan Ruang Lingkupnya
Pengertian Manajemen Pendidikan, Fungsi, Tujuan dan Ruang Lingkupnya

Pengertian Manajemen Pendidikan, Fungsi, Tujuan dan Ruang Lingkupnya

Pengertian Manajemen Pendidikan, Fungsi, Tujuan dan Ruang Lingkup (Lengkap) – Manajemen pendidikan sangat diperlukan dalan dunia pendidikan, hal ini bertujuan untuk mengatur dalam proses pengorganisasian dalam pendidikan tersebut. Nah pada kesempatan kali ini Pendidik akan menjelaskan mengenai manajemen pendidikan yang mencakup pengertian, fungsi, tujuan dan juga ruang lingkupnya. Untuk mengetahuinya langsung saja yuk kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Manajemen Pendidikan, Fungsi, Tujuan dan Ruang Lingkup (Lengkap)

Pengertian Manajemen Pendidikan

Secara umum, manajemen pendidikan adalah suatu proses perencanaan, penyusunan, pelaksanaan dan pengawasan dalam mengelola sumber daya berupa manusia, uang, material, mesin, metode, market, waktu dan juga informasi untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien dalam bidang pendidikan.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

1. Djam’an Satori (1980:4)

Manajemen pendidikan merupakan keseluruhan proses kerjasama dengan memanfaatkan semua sumber personil dan materil yang tersedia juga sesuai yang bertujuan untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan secara efektif juga efisien.

2. Soebagio Atmodiwirio (2003:23)

Manajemen pendidikan adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, mengendalikan tenaga pendidikan, sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.

3. Stephen J. Kneziech

Manajemen pendidikan merupakan sekumpulan fungsi-fungsi organisasi yang tujuan utamanya untuk menjamin efisiensi dan efektivitas pelayanan pendidikan, sebagaimana pelaksanaan kebijakan melalui perencanaan, pengambilan keputusan, perilaku kepemimpinan, penyiapan alokasi sumber daya, stimulasi dan koordinasi personil dan iklim organisasi yang kondusif.

4. Gaffar

Manajemen pendidikan adalah proses kerja sama yang sistematis, sistemik, dan juga komprehensif dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

5. Biro Perencanaan Depdikbud (1993:4)

Manajemen pendidikan adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, mengendalikan tenaga pendidik, sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan mengembangkan manusia seutuhnya.

Fungsi Manajemen

Ada beberapa unsur fungsi dari manajemen pendidikan diantaranya adalah

1. Perencanaan (Planning)

Manajemen pendidikan harus memastikan seluruh sumber daya di  berbagai bidang dapat membuat peta kerja serta yang sesuai dengan visi perusahaan.

2. Pengorganisasian (Organizing)

Yakni proses dari menghimpun sumber daya manusia, modal dan peralatan yang dibutuhkan dengan cara yang efektif demi mencapai suatu tujuan.

3. Pelaksana (Implementation)

Yakni proses menggerakkan sumber daya manusia yang ada untuk melakukan suatu kegiatan pencapaian tujuan sehingga terjadi proses yang efesiensi, dan menghasilkan efektivitas hasil kerja.

4. Pengawasan (Controlling)

Yakni Proses pemberian balikan serta tindak lanjut dari pembandingan antara hasil yang dicapai dengan suatu rencana yang sudah dibuat kemudian terdapat tindakan penyesuaian jika terjadi penyimpangan.

Tujuan Manajemen Pendidikan

Secara umum, tujuan manajemen pendidikan adalah untuk membentuk kepribadian para pelajar agar dapat sesuai dengan tujuan dari pendidikan nasional dan juga tingkat perkembangan atau perbaikan usia pendidikan. Tujuan lain dari manajemen pendidikan adalah

1. Mewujudkan suasana dan proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan juga efisien, menyenangkan juga bermakna

2. Mewujudkan pelajar yang aktif dalam pengembangan diri, sehingga mempunyai kontrol diri, kecerdasan, kekuatan spiritual agama, kepribadian baik, akhlak mulia, dan keterampilan yang bermanfaat

3. Supaya tujuan pendidikan tercapai dengan efektif dan efisien

4. Terwujudnya perencanaan pendidikan yang merata, bermutu, relevan, dan akuntabel

5. Tenaga pendidik mendapat bekal pengetahuan tentang proses dan tugas administrasi pendidikan

6. meningkatkan mutu pendidikan.

Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan

Adapun ruang lingkup manajemen pendidikan secara garis besar terdiri dari 4 ruang lingkup, diantaranya adalah

1. Berdasarkan Wilayah Kerja

  • Manajemen pendidikan di satu negara atau tingkat nasional, menangani pelaksanaan pelatihan pendidikan di dalam sekolah dan luar sekolah, termasuk penyelenggaraan pelatihan, pengayaan penelitian, atau pendidikan yang meliputi kebudayaan dan kesenian secara nasional
  • manajemen pendidikan dalam satu provinsi, ruang lingkupnya terdiri dari wilayah kerja sebatas provinsi saja dan pelaksanaannya dibantu oleh petugas yang berada di kabupaten dan di kecamatan
  • Manajemen pendidikan dalam satu kabupatenn atau kota, ruang lingkupnya terdiri dari wilayah kerja satu kabupaten atau satu kota saja

2. Berdasarkan Objek Garapan

  • Manajemen siswa
  • Manajemen personil-personil dalam sekolah
  • Kurikulum
  • Manajemen prasarana atau material
  • Manajemen Tata Usaha Sekolah atau Tata Laksana pendidikan
  • Pengaturan Anggaran pendidikan
  • Manajemen lembaga atau organisasi pendidikan
  • Manajemen hubungan masyarakat atau manajemen kominikasi pendidikan.

3. Berdasarkan Fungsi atau urutan Kegiatannya

  • Merencanakan
  • Mengorganisasikan
  • Mengarahkan
  • Mengkoordinasikan
  • Mengkomunikasikan
  • Mengawasai ataupun mengevaluasi.

4. Berdasarkan Pelaksana

Pengertian Manajemen Pendidikan, Fungsi, Tujuan dan Ruang Lingkupnya
Pengertian Manajemen Pendidikan, Fungsi, Tujuan dan Ruang Lingkupnya

Guru berperan sebagai administrator, sehingga guru harus bisa melaksanakan berbagai kegiatan manajemen terutama di dalam kelas.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai Pengertian Manajemen Pendidikan, Fungsi, Tujuan dan Ruang Lingkup (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂