Pengertian Akuntansi Menurut Ahli, Fungsi, Bidang, & Tujuannya (Lengkap)
Pengertian Akuntansi Menurut Ahli, Fungsi, Bidang, & Tujuannya (Lengkap)

Pengertian Akuntansi Menurut Ahli, Fungsi, Bidang, & Tujuannya (Lengkap)

Pengertian Akuntansi Menurut Ahli, Fungsi, Bidang, & Tujuannya (Lengkap) – Istilah akuntansi sudah tidak asing lagi di dengar bagi sebagian orang, akuntansi sangat erat sekali kaitannya dengan keuangan. Kali pendidik akan membahas mengenai pengertian akuntansi, fungsi, bidang dan juga tujuannya. Untuk mengetahui pembahasannya lebih lanjut, simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Akuntansi Menurut Ahli, Fungsi, Bidang, & Tujuannya (Lengkap)

Pengertian Akuntansi

Secara umum, akuntansi merupakan suatu proses mencatat, meringkas, mengelompokkan, mengolah, menyajikan, dan berbagai aktivitas yang terkait dengan keuangan. Akuntansi dapat mempermudah seseorang dalam mengambil keputusan serta tujuan lainnya.

Adapun pengertian akuntansi menurut para ahli adalah

1. Littleton

Akuntansi adalah suatu aktivitas yang bertujuan untuk melaksanakan perhitungan periodik antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi). Definisi ini merupakan inti dari teori akuntansi yang merupakan ukuran yang dijadikan sebagai rujukan dalam mempelajari akuntansi.

2. Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison

Akuntansi adalah sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memperoleh data menjadi sebuah laporan, dan juga mengkomunikasikan hasilnya dengan para pengambil keputusan.

3. C. West Churman

Akuntansi adalah pengalaman tertulis yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan dan suatu pengalaman yang tersusun berharga bagi pembuat pilihan.

Baca Juga:  Pengertian Komunikasi, Syarat, Fungsi dan Tujuannya (Lengkap)

4. Arnold

Akuntansi adalah sistem untuk memberikan informasi (terutama keuangan) kepada siapa saja yang harus membuat keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan tersebut.

5. American Acounting Association (AAA)

Akuntansi adalah suatu sistem pengidentifikasian dan pengukuran untuk memberikan laporan info ekonomi dan penilaiannya. Tujuan akuntansi ini adalah untuk melakukan perhitungan secara periodic pada usaha atau cost terhadap hasil yang dicapai.

6. Accounting Principle Board (APB)

Akuntansi merupakan suatu aktivitas jasa yang faedahnya untuk menyediakan informasi kuantitatif terutama yang memiliki sifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dalam memberikan keputusan pilhan-pilihan yang masuk akal (logis) diantara berbagai tindakan alternatif.

7. American Insitute of Certified Public Accounting (AICPA)

Akuntansi adalah suatu seni pencatatan, pengklasifikasian, dan pengikhtisaran dengan beberapa cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya.

Fungsi Akuntansi

Akuntansi sangat dibutuhkan dalam suatu bisnis, adapun fungsi dari akuntasi diantaranya adalah

1. Recording Report

Yaitu merekam catatan transaksi secara sitematis dan kronologis, setelah itu dikirim ke account ledger sampai akhirnya menyiapkan akun akhir untuk mengetahui profit dan loss dari bisnis pada akhir periode akuntansi.

2. Melindungi Properti dan Aset

Yaitu untuk menghitung jumlah penyusutan aset sebenarnya dengan menggunakan metode yang tepat dan berlaku untuk aset tertentu.

3. Mengkomunikasikan Hasil

Yaitu mengkomunikasikan hasil serta transaksi yang dicatat ke semua pihak yang tertarik pada bisnis tertentu.

4. Meeting Legal

Yaitu berkaitan dengan perancangan dan pengembangan sistem.

5. Mengklasifikasikan

Yaitu mengelompokkan terkait dengan analisis sistematis dari semua data yang tercatat. Dengan adanya klasifikasi tersebut dapat memudahkan dalam pengelompokkan jenis transaksi atau entri. Aktivitas dalam pengelompokkan ini dilakukan di buku yang disebut “Ledger”.

Baca Juga:  Pengertian Etika Bisnis, Manfaat, Tujuan & Contohnya Lengkap

6. Membuat Ringkasan

Yaitu meringkas penyajian data rahasia dengan penyampaian yang dapat dimengerti dan berguna bagi internal maupun eksternal pengguna akhir dari laporan akuntansi tersebut.

7. Analisis dan Menafsirkan

Yaitu melakukan analisis dan menafsirkan data keuangan.

Bidang-Bidang Akuntansi

Adapun bidang-bidang dalam akuntansi diantaranya adalah

1. Akuntansi keuangan

2. Pemeriksaan akuntansi atau auditing

3. Akuntansi manajemen

4. Akuntansi perpajakan

5. Bidang akuntansi budgeter

6. Akuntansi untuk organisasi nirlaba

7. Akuntansi biaya

8. Sistem akuntansi

9. Akuntansi sosial.

Tujuan Akuntasi

Pengertian Akuntansi Menurut Ahli, Fungsi, Bidang, & Tujuannya (Lengkap)
Pengertian Akuntansi Menurut Ahli, Fungsi, Bidang, & Tujuannya (Lengkap)

Adapun tujuan akuntansi secara umum adalah untuk mengumpulkan dan melaporkan informasi terkait keuangan, kinerja, posisi keuangan, dan arus kas dalam sebuah bisnis. Yang nantinya informasi akan digunakan sebagai dasar dalam membuat keputusan ekonomi.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Akuntansi Menurut Ahli, Fungsi, Bidang, & Tujuannya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Terimakasih 🙂

5 (100%) 6 vote[s]