Pengertian Multimedia, Jenis, Sejarah & Komponennya (Lengkap)
Pengertian Multimedia, Jenis, Sejarah & Komponennya (Lengkap)

√ Pengertian Multimedia, Jenis, Sejarah & Komponennya (Lengkap)

Pengertian Multimedia, Jenis, Sejarah & Komponennya (Lengkap) – Seiring berkembangnya zaman, maka kemajuan teknologi terus berkembang, sehingga hal ini dapat menjadikan segala sesuatu menjadi lebih mudah dan mempercepat segala aktivitas manusia.

Pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan penjelasan mengenai multimedia yang mencakup pengertian, jenis, sejarah serta komponen-komponen daripada multimedia. Untuk itu langsung saja yuk kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Multimedia, Jenis, Sejarah & Komponennya (Lengkap)

Berikut ini adalah pengertian multimedia baik secara umum maupun menurut para ahli.

Pengertian Multimedia

Secara umum, arti dari multimedia merupakan gabungan dari beberapa media. Namun multimedia memiliki cakupan yang lebih luas dari sekedar gabungan beberapa media. Multimedia merupakan pemanfaatan komputer sebagai media dalam membuat serta menyatukan data gambar, teks maupun grafik serta audio dengan menggunakan perangkat lunak yang dapat memungkinkan pemakaian untuk berkreasi, berinteraksi dan juga berkomunikasi.

Adapun pengertian multimedia menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Robin dan Linda (2001)

Multimedia merupakan suatu alat yang digunakan untuk media presentasi yang lebih interaktif serta dinamis dimana dalam media tersebut penggunaannya dapat menggabungkan dari berbagai macam data seperti teks, grafik, animasi, vidio, serta audio.

2. Turban (2002)

Multimedia adalah suatu kombinasi dari dua buah media yang berupa input dan output. Media yang dikombinasikan dapat berupa audio, vidio. teks, gambar, grafik serta animasi.

3. Mc.Comick (1996)

Multimedia adalah suatu gabungan dari tiga buah elemen penting yang di dalamnya terdiri dari suara, tulisan dan gambar.

4. Hofstekter (2001)

Multimedia dalam lingkup komputer merupakan pemanfaatan komputer sebagai media dalam membuat dan menyatukan data gambar, teks, grafik serta audio dengan menggunakan perangkat lunak yang memungkinkan penggunanya untuk dapat berkreasi, berinteraksi, serta berkomunikasi.

Jenis – Jenis Multimedia

Berdasarkan karakteristiknya, jenis jenis multimedia terdiri dari dua yakni multimedia linier dan multimedia interaktif. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Multimedia Linier

Multimedia linier disebut juga sebagai multimedia satu arah, dimana tidak ada navigasi dari pengguna. Artinya pengguna tidak dapat memberikan respon terhadap informasi yang disajikan dengan jenis linier tersebut. Seperti contoh rekaman vidio, film, siaran TV, musik dan lain sebagainya,

2. Multimedia Interaktif

Multimedia interaktif merupakan multimedia yang memungkinkan pemakainya dapat memberikan respon terhadap informasi melalui kontrol navigasi yang telah disediakan. Adapun contoh dari jenis multimedia interaktif adalah game, pemutar vidio, website dan lain sebagainya.

Sejarah Multimedia

Adapun sejarah multimedia dari tahun ke tahun yang kami ringkas adalah sebagai berikut:

1. Adanya surat kabar adalah titik awal berkembangnya multimedia, surat kabar tersebut sebagai media komunikasi pertama dengan menyajikan teks, grafik dan juga gambar.

2. Adanya penciptaan film pertama yang dilakukan dengan mengamati setiap pergerakan yang dapat mempengaruhi persepsi mata manusia pada tahun 1830.

3. Pada tahun 1895, Guglielino Marconi mengirimkan transimisi radio nirkabel pertamanya di Ponthecchio dan Italia.

4. Pada tahun 1950, Penciptaan televisi pertama sebagai media yang menampilkan video.

5. Pada tahun 1960, Ted Nelson menciptakan istilah hypertext.

6. Pada tahun 1967, Nicholas Negroponte membentuk suatu kelompok arsitektur yakni (Architecture Machine Group).

7. Pada tahun 1968, Douglas Engelbart mendemonstrasikan On-Line System (NLS), program hypertext yang pertama.

9. Pada tahun 1969 Nelson dan Van Dam menciptakan editor hypertext pertama yang disebut FRESS.

10. Pada tahun 1976, Architecture Machine Group mengusulkan proyek yang berjudul Multiple Media.

11. Pada tahun 1978, Menghasilkan Aspen Movie Map, videodisk hypermedia pertama.

Komponen – Komponen Multimedia

Secara umum, komponen komponen multimedia terdiri dari lima komponen, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Teks

Teks merupakan suatu elemen dasar dalam multimedia. Hal ini terjadi karena teks sangat berperan penting dalam menyampaikan sebuah informasi. Arti lain dari teks adalah suatu kesatuan bahasa yang memiliki isi dan juga bentuk yang dituangkan menjadi tulisan. Sehingga tulisan inilah yang digunakan oleh pengirim untuk menyampaikan pesan kepada penerimanya.

Dengan perkembangan teknologi yakni adanya komputer maka banyak terdapat pengolah kata. Salah satunya adalah Microsoft Office. Karena jika ada elemen yang berupa gambar dan orang kesulitan dalam mengartikan gambar tanpa adanya tulisan. Adapun beberapa jenis teks diantaranya adalah plain text (TXT), rich text (RTF), dan hypertext (HTML).

2.  Suara (Audio)

Suara atau audio merupakan segala sesuatu yang ditimbulkan akibat adanya perubahan tekanan udara yang menjangkau gendang telinga manusia. Adapun bentuk audio dalam multimedia adalah berupa rekaman, musik dan efek suara lainnya.

Penyajian audio dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk memperjelas informasi yang disampaikan. Seperti contoh tidak semua orang dapat memahami informasi yang disampaikan melalui vidio. Ada beberapa format video yang biasanya digunakan, diantaranya adalah MP3 (MPEG-1 Audio Layer 3), AIFF (Audio Interchange File Format), WAV (Wavefrom Audio).

3. Video

Video merupakan kependekan dari kata visual dan audio. Kata “vi” yang berarti video dan “deo” yang berarti suara atau audio. Sehingga arti dari video merupakan suatu komponen yang menyajikan susunan maupun urutan gambar serta suara secara bersamaan.

4. Grafik atau Gambar

Grafik atau gambar dalam multimedia berhubungan dengan still image seperti foto maupun gambar. Adapun kegunaan dari grafik ini adalah untuk memperindah komponen teks yang disajikan kepada pengguna.

5. Animasi

Pengertian Multimedia, Jenis, Sejarah & Komponennya (Lengkap)
Pengertian Multimedia, Jenis, Sejarah & Komponennya (Lengkap)

Animasi merupakan suatu teknik dalam menampilkan setiap frame secara berurutan. Saat terjadi pergantian frame maka pengguna akan melihat gambar tersebut seolah-olah bergerak. Sehingga dengan adanya animasi tersebut dapat memperindah informasi menjadi lebih hidup atau dinamis.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Multimedia, Jenis, Sejarah & Komponennya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan khusunya tentang multimedia ini. Terimakasih 🙂