Pengertian Aplikasi, Fungsi dan Sejarahnya (Lengkap)
Pengertian Aplikasi, Fungsi dan Sejarahnya (Lengkap)

Pengertian Aplikasi, Fungsi dan Sejarahnya (Lengkap)

Pengertian Aplikasi, Fungsi dan Sejarahnya (Lengkap) – Penggunaan teknologi di era modern ini semakin maju dan juga pesat. Adapun salah satu penggunaannya adalah smartphone, menggunakan smartphone tentu saja tidak dapat berjalan dengan sempurna tanpa adanya aplikasi. Karena sebuah aplikasi lah smartphone mempunyai beragam fungsi yang menarik.

Pada kesempatan kali ini, Pendidik akan membahas mengenai pengertian aplikasi, fungsinya, dan juga sejarahnya. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Aplikasi, Fungsi dan Sejarahnya (Lengkap)

Pengertian Aplikasi

Aplikasi berasal dari bahasa Inggris yakni app sebagai komponen yang penting dan harus ada pada smartphone yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman. Aplikasi dibentuk agar dapat menjalankan suatu perintah dari pengguna sebagai masukan agar dapat mengeluarkan hasil yang diinginkan. Adapun pengertian menurut para ahli adalah

1. Rachmad Hakim S

Aplikasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah, mengatur dan menjalankan tujuan tertentu.

2. Jogiyanto

Aplikasi adalah suatu instruksi atau pernyataan yang terdapat pada suatu perangkat keras baik itu komputer, ataupun smartphone yang dibuat sedemikian rupa agar dapat mengolah sebuah masukan atau input menjadi keluaran output.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Aplikasi adalah sebuah sistem yang dirancang untuk mengolah data dengan aturan dan ketentuan tertentu serta dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Fungsi Aplikasi

Adapun aplikasi memiliki fungsi dan manfaatnya sendiri, berikut adalah fungsi dari aplikasi:

1. Pendidikan

Aplikasi dlam bidang pendidikan dapat dijadikan sebagai media dalam penyampaian materi pembelajaran. Misalnya aplikasi microsoft point, dengan menggunakan aplikasi tersebut maka kegiatan belaja mengara dapat lebih interaktif.

2, Kedokteran

dalam bidang kedokteran juga sudah berkembang, misalnya sebuah aplikasi yang digunakan untuk mendiagnosa penyakit.

3. Bisnis

Dalam bisnis, aplikasi juga sangat berperan penting. Misalnya dengan aplikasi penghitung keuntungan baik itu dengan aplikasi MS. Excel ataupun dengan lainnya, besran suatu keuntungan akan lebih cepat diketahui dibandingkan dengan menghitung secara manual.

4. Ilmu Pengetahuan

Aplikasi memiliki fungsi dalam bidang ilmu pengetahuan, dengan adanya aplikasi kita dapat memperoleh informasi yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dari berbagai sumber. Sehingga akan memperluas pengetahuan yang akan dimiliki.

5. Militer

Dalam bidang militer, aplikasi memiliki peranan yang sangat penting, misalnya aplikasi yang digunakan untuk mengkontrol pesawat, sehingga pekerjaan dan hasilnya akan lebih maksimal dibandingkan dengan cara yang lebih manual.

Sejarah Aplikasi

Sebelum aplikasi ditemukan, ada sejarah panjang dalam prosesnya. Sebelum ada aplikasi pada komputer, semua perangkat lunak (sofwere) selalu mengandalkan aljabar Boolean. Dalam Aljabar ini menggunakan kode binary digit (bit) yang terdiri dari du angka yaitu 1 (benar/on) dan 0 (salah/off).

Karena rumitnya penggunaan kode binary digit, membuat orang-orang pada saat itu mulai membuat kelompok bit yang terdiri dari nible (4 bit), byte (8 bit), word ( 2 byte), dan doubel word (32 bit). Dan dengan adanya kelompok bit tersebut terbilang cukup membantu dalam segala kegiatan yang dilakukan diperangkat lunak komputer.

Pengertian Aplikasi, Fungsi dan Sejarahnya (Lengkap)
Pengertian Aplikasi, Fungsi dan Sejarahnya (Lengkap)

Dengan beragam kelompok bit pada saat itu, orang-orang mulai merakit kode-kode tersebut menjadi berbagai struktur instruksi seperti transfer, operasi logika, dan penyimpanan, hingga pada akhirnya terbentuklah kode-kode baru yang kita kenal dengan nama assembler. Kode assembler inilah yang nantinya akan dibuat berbagai aplikasi yang saat ini dapat mempermudah berbagai kegiatan manusia.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Aplikasi, Fungsi dan Sejarahnya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂

5 (100%) 6 vote[s]