Pengertian Molekul, Macam dan Contohnya (Lengkap)
Pengertian Molekul, Macam dan Contohnya (Lengkap)

√ Pengertian Molekul, Macam dan Contohnya (Lengkap)

Pengertian Molekul, Macam dan Contohnya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini Pendidik akan menjelaskan mengenai molekul yang mencakup pengertian, macam, dan juga contohnya. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Molekul, Macam dan Contohnya (Lengkap)

Berikut penjelasan mengenai pengertian molekul.

Pengertian Molekul

Molekul secara umum dapat diartikan sebagai sekumpulan atau sekelompok atom yang saling berikatan dengan satu sama lainnya dengan sangat kuat atau kovalen, dan bermuatan netral juga dalam susunan tertentu dan cukup stabil. Lebih ringkasnya molekul merupakan Kumpulan dua atom atau lebih yang ada dalam suatu susunan tertentu yang terikat oleh gaya kimia atau ikatan kimia.

Pada molekul ini adanya dua atom atau lebih saling keterikatan dan memiliki unsur-unsur yang sama, seperti O2 yang ada pada Oksigen atau pada atom yang mempunyai unsur yang berbeda yang biasa disebut dengan sebutan molkul senyawa. Contoh H2O yang terdiri dari dua atom H dan juga satu atom O.

Atom ini berhubungan sangat kuat sebab atom yang tidak kovalen tidak akan bisa dianggap sebagai molekul tunggal. Selain itu, molekul juga biasa disebut sebagai salah satu bagian dari atom yang paling kecil dan tidak bisa dipecahkan dari senyawa kimia yang terdiri dari dua atom atau lebih yang saling berkaitan antara atom satu dengan yang lainnya.

Teori Atom

Mengacu pada pengertian molekul diatas dapat ditemukan dua teori pada molekul, yakni teori valence shell electron pair of repulsion dan teori hibridasi. Berikut penjelasannya:

1. Teori VSEPR  (valence shell electron pair of repulsion)

Teori VSEPR adalah sebuah teori yang dapat menjelaskan adanya struktur ruang pada molekul dengan cara pendekatan secara tepat. Pada teori ini dijelaskan adanya ikatan antar atom yang dapat mempengaruhi suatu bentuk molekul berdasarkan tolakan pada sepasang electron di sekitar pusat atom. Electron yang digunakan secara berpasangan dalam suatu atom yang ada pada kulit terluar, baik yang terikat maupun yang bebas.

2. Teori Hibridasi

Teori hibridasi adalah teori yang mengandalkan pada orbital atom. Hibridasi sendiri merupakan suatu proses pencampuran obital sebuah atom dalam suatu atom guna menghasilkan satu orbital atom yang bari sebelum dibentuk sebuah ikatan yang kovalen. Sedangkan orbital atom adalah orbital yang dapat dibentuk sebagai suatu hasil penggabungan dua atau lebih orbital yang tidak setara.

Macam-Macam Molekul

Adapun macam-macam molekul ada dua yakni molekul unsur dan molekul senyawa. Berikut penjelasannya:

1. Molekul Unsur

Molekul unsur merupakan molekul yang terbentuk dari hasil penggabungan atom atau unsur yang satu jenis. Molekul unsur ini pada intinya adalah molekul yang terdiri dari satu jenis atom atau unsur saja. Molekul unsur ini terdapat penamaan sendiri mengenai jumlah unsur penggabungannya yaitu:

  • Dwiatom yaitu molekul yang terbentuk dari dua atom
  • Triatom yaitu molekul yang terbentuk dari tiga atom
  • Tetraatom yaitu Molekul yang terbentuk dari 4 atom. Untuk molekul yang terdiri dari 3 atau lebih disebut juga dengan molekul poliatomik.

Adapun contoh dari molekul unsur adalah O2 (Oksigen), O3 (Ozon), P4 (Posfor), N2 (Nitrogen), H2 (Hidrogen).

2. Molekul Senyawa

Molekul senyawa merupakan molekul yang terbentuk dari beberapa unsur atom atau lebih. Pengertian lain dari molekul senyawa adalah molekul yang dihasilkan dari penggabungan unsur atau atom dengan jenis yang berbeda.Perlu diketahui bahwa semua senyawa adalah molekul, tidak semua molekul senyawa.

Contoh dari molekul senyawa adalah

  • CO2 (Karbon Dioksida)
    CO2 merupakan hasil penggabungan 1 atom Karbon dan dua atom Oksigen. Sehingga bisa dilihat bahwa atom H berbeda dengan atom O.
  • CO (Karbon Monoksida)
    Terdiri dari 1 atom Karbon dan 1 atom Oksigen.
  • H2O (Air)
    Terdiri dari 2 atom Hidrogen dan 1 atom Oksigen.
  • CO(NH2)2 (Urea)
    Terdiri dari 1 atom karbon, 1 atom Oksigen, 2 atom N, dan 4 atom Hidrogen.
  • H2SO4
    Terdiri dari 2 atom Hidrogen, 1 atom Sulfur (Belerang), dan 4 atom Oksigen.
  • NH3 (Amonia)
    Terdiri dari 1 atom N dan 3 atom Hidrogen.
  • HCL (Hidrogen Klorida)
  • CaO (Kalsium Oksida)
    Terdiri dari 1 atom Kalsium dan 1 atom Oksigen.
  • C6H12O6 (Gula/Glukosa)
    Terdiri dari 6 atom karbon, 12 atom Hidrogen, 6 atom Oksigen.
  • CaCO3
    Terdiri dari 1 atom Kalsium, 1 atom Karbon dan 3 atom Oksigen.

Ukuran Molekul

Untuk ukuran molekul sendiri sangatlah kecil jika dilihat dengan mata telanjang. Kecuali yang terdapat pada sebuah DNA mencapai ukuran makroskopis. Adapun ukuran molekul terkecil adalah hidrogen diatomik (H2), dengan keseluruhan molekul sekitar dua kali panjang ikatnya (0.74 Å). Untuk ukuran molekul yang sangat besar disebut dengan makromolekul.

Rumus Molekul

Rumpus empiris adalah senyawa yang menunjukkan nilai perbandingan yang paling sederhana unsur-unsur penyusun senyawa tersebut. Seperti air yang memiliki nilai perbandingan atom hidrogen berbanding oksigen 2:1. Etanol juga selalu memiliki nilai perbandingan antara karbon, hidrogen, serta oksigen 2:6:1. Akan tetapi rumus tidak menunjukkan bentuk ataupun susunan atom dalam molekul tersebut.

Harus diketahui juga bahwasanya rumus empiris hanya mampu memberikan nilai perbandingan atom-atom penyusun suatu molekul dan tidak memberikan nilai jumlah atom yang sesungguhnya. Hanya saja rumus molekul menggambarkan jumlah atom penyusun molekul secara tepat.

Geometri

Adapun molekul jug memiliki geometri yang berbentuk tetap dalam keadaan kesetimbangan. Panjang ikat dan juga sudut ikatan akan terus bergetar melalui gerak vibrasi dan rotasi. Adapun rumus kima dan struktur molekul terdiri dari dua faktor yang mana ia menentukan sifat-sifat dari suatu senyawa.

Pengertian Molekul, Macam dan Contohnya (Lengkap)
Pengertian Molekul, Macam dan Contohnya (Lengkap)

Berikut penjelasannya:

  • Senyawa isomer, yakni senyawa yang memiliki rumus kimia yang sama tetapi sifatnya yang berbeda karena struktur nya juga berbeda.
  • Stereoisomer adalah salah satu jenis isomer yang mempunyai sifat fisika dan kimia yang sangat mirip namun aktivitas biokimia yang berbeda.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai  Pengertian Molekul, Macam dan Contohnya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂