Pengertian Nilai Sosial, Fungsi, Ciri dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Nilai Sosial, Fungsi, Ciri dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap) – Banyak sekali jenis nilai dalam kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah dengan nilai sosial. Nilai sosial merupakan kuyalitas perilaku, karakter dan pikiran yang dianggap baik dan benar oleh masyarakat dan layak ditiru oleh setiap manusia.

Untuk mengetahui penjelasan mengenai pengertian nilai sosial, fungsi sosial, ciri sosial dan juga jenis-jenis sosial. Maka disini ruangpengetahuan akan berbagi ilmu mengenai hal tersebut. Maka simaklah penjelasan berikut ini:

Pengertian Nilai Sosial, Fungsi, Ciri dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Nilai Sosial

Secara umum, nilai sosial merupakan kualitas perilaku, pikiran dan karakter yang dianggap baik dan benar oleh masyarakat, dan layak ditiru oleh setiap manusia. Dengan kata lain, nilai sosial adalah sikap dan perasaan yang diterima oleh suatu masyarakat dan menjadi pedoman untuk menentukan mana yang baik dan mana yang penting.

Adapun pengertian nilai sosial menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Robert M. Z. Lawang

Nilai sosial adalah suatu gambaran tentang apa yang diinginkan dan apa yang pantas, yang dapat mempengaruhi tingkah laku orang yang memiliki nilai tersebut.

2. Kimball Young

Nilai sosial adalah asumsi yang abstrak mengenai sesuatu yang baik, benar dan dianggap penting di dalam kalangan masyarakat.

Baca Juga:  Pengertian Koordinasi, Jenis, Tujuan, Syarat dan Manfaatnya (Lengkap)

3. Caludia Wood

Nilai sosial adalah suatu petunjuk umum yang berlangsung sejak lama, yang mengarah kepada perilaku dan kepuasan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

4. A. W. Green

Nilai sosial adalah kesadaran yang berlangsung secara efektif dengan disertai emosi terhadap suatu ide, objek ataupun individu.

Fungsi Nilai Sosial

Adapun fungsi nilai sosial, secara umum adalah sebagai berikut:

1. Mengarahkan manusia dalam berfikir dan bertingkah laku.

2. Dapat menyumbangkan sejumlah alat untuk menentukan harga sosial dalam suatu kelompok.

3. Sebagai alat solidaritas yang ada dalam suatu kelompok masyarakat.

4. Sebagai penentu dalam melakukan peran sosial manusia.

5. Sebagai alat dalam mengawasi dan mengkontrol tingkah laku anggota masyarakat.

Ciri-Ciri Nilai Sosial

Adapun ciri-ciri dari nilai sosial adalah sebagai berikut:

1. Nilai sosial ditransformasikan melalui proses belajar, yang terdiri dari enkulturasi, sosialisasi dan difusi. Misal nilai persahabatan saat dipelajari anak ketika bergaul dengan teman.

2. Bukan bawaan manusia sejak lahir, akan tetapi diterapkan setelah melalui proses interaksi antar manusia secara intensif.

3. Nilai sosial beragam jenisnya, tergantung pada setiap kelompok manusia. Misalnya masyarakat eropa yang merupakan masyarakat yang menghargai waktu sehingga tidak ada toleransi bagi yang terlambat. Berbeda dengan Indonesia, keterlambatan dengan jangka waktu masih memperoleh toleransi.

4. Nilai sosial dapat berbentuk aturan sosial yang wajib dipatuhi. Misalnya mematuhi sebuah antrian.

5. Mempengaruhiu kepribadian individu. Seperti nilai yang mengutamakan kepentingan pribadi akan menyebabkan seseorang menjadi egois dan kurang peduli terhadap orang lain. Sedangkan nilai yang mengutamakan kepentingan bersama bisa membuat seseorang menjadi lebih peka dan juga peduli pada sesama.

6. Dapat menimbulkan dampak yang berbeda-beda terhadap tingkah laku manusia. Misal, nilai yang mengutamakan uang maka ia akan bekerja dengan giat untuk mendapatkan uang yang banyak. Lain halnya dengan nilai kebahagiaan, justru akan membuat manusia lebih mengutamakan hubungan baik dengan sesama.

Baca Juga:  Pengertian Humas, Fungsi, Tujuan, Prinsip & Manfaatnya (Lengkap)

Jenis-Jenis Nilai Sosial

Adapun jenis-jenis nilai sosial berdasarkan cirinya adalah sebagai berikut:

1. Nilai Dominan

Nilai dominan adalah suatu jenis nilai yang dianggap lebih penting daripada nilai lainnya.

2. Nilai Yang Mendarah Daging

Jenis nilai sosial ini adalah nilai yang telah menjadi bagian dari kepribadian atau kebiasaan seseorang. Untuk melakukannya, biasanya tidak melalui proses berpikir yang panjang (dalam keadaan tidak sadar). Biasanya keadaan ini telah ditanamkan kepada seseorang sejak kecil. Jika tidak melakukannya maka ia akan merasa bersalah dan malu.

Adapun jenis-jenis nilai sosial menurut Prof. Notonegoro adalah

1. Nilai Material

Nilai material adalah jenis nilai yang berguna untuk kebutuhan jasmani manusia atau benda yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan fisik manusia.

2. Nilai Vital

Nilai vital adalah jenis nilai yang berguna dalam melakukan suatu aktivitas sehari-hari.

3. Nilai Rohani

Nilai rohani adalah jenis nilai yang berguna untuk memenuhi kebutuhan spiral manusia. Nilai rohani ini terbagi ke dalam empat jenis yaitu nilai empiris dan nilai kebenaran, nilai moral, nilai keindahan, serta nilai religius.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Nilai Sosial, Fungsi, Ciri dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Terimakasih 🙂

Rate this post