Pengertian Etika Bisnis, Manfaat, Tujuan & Contohnya Lengkap

Pengertian Etika Bisnis, Manfaat, Tujuan & Contohnya Lengkap – Pada kesempatan kali ini pendidik akan membahas mengenai etika bisnis. Dalam dunia bisnis seseorang perlu memiliki etika bisnis agar sukses dalam menjalankan serta mengelola bisnis yang kamu miliki.

Untuk mengetahui mengenai pengertian etika bisnis, manfaat, tujuan dan juga contohnya, maka simaklah penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Etika Bisnis, Manfaat, Tujuan & Contohnya Lengkap

Pengertian Etika Bisnis

Secara umum, etika bisnis diartikan sebagai cara seseorang dalam melakukan suatu kegiatan bisnis yang menyangkut berbagai aspek, mulai dari aspek pribadi, perusahaan maupun masyarakat. Adapun pengertian etika bisnis menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Velasques

Etika bisnis adalah sebuah studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan juga yang salah. Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana yang diterapkan dalam institusi, kebijakan dan perilaku bisnis.

2. Muslich

Ettika bisnis adalah ilmu pengetahuan yang belajar tentang cara mengatur dan mengelola bisnis dengan memperhatikan norma serta nilai-nilai moral yang berlaku dikalangan masyarakat.

3. Steade Et Al

Etika bisnis adalah etika dasar yang berkaitan erat dengan tujuan dan cara membuat keputusan bisnis.

Baca Juga:  √ Pengertian Saham & Obligasi Menurut Ahli Serta Perbedaannya (Lengkap)

4. Hill dan Jones

Etika bisnis adalah sebuah ajaran dimana seseorang akan diajari tentang apa yang benar dan apa yang salah. Bagi seorang pemimpin perusahaan, sangatlah penting memiliki etika bisnis sebab hal ini akan membantunya dalam pengambilan keputusan.

5. Sim

Etika bisnis adalah karakter seseorang dalam menyampaikan integritas dan nilai-nilai moral kepada masyarakat. Umumnya etika bisnis ini berhubungan dengan gaya kepemimpinan seseorang dalam suatu organisasi.

Manfaat Etika Bisnis

Adapun manfaat etika bisnis adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Daya Saing Perusahaan

Jika perusahaan memiliki etika bisnis yang baik, maka usahanya akan terus berkembang dan pada akhirnya menignkatkan daya saing di pasaran.

2. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Seorang pemilik bisnis yang memiliki etika yang baik, tentu semua orang akan percaya pada kredibiltas perusahaan atau bisnis yang ia miliki.

3. Meningkatkan Kepercayaan Investor Pada Perusahaan

Memiliki etika bisnis yang baik, dapat meningkatkan kepercayaan investor untuk berinvestasi, sehingga akan menguntungkan bagi perusahaan.

4. Membangun Citra Perusahaan Yang Baik

Dengan etika bisnis, dapat membantu perusahaan dalam membangun citra yang baik (positif) dikalangan sesama bisnis dan juga konsumen. Tidak hanya itu, etika bisnis juga dapat membuat seorang pebisnis terhindar dari citra buruk seperti penggelapan uang, penipuan dan lain sebagainya.

Tujuan Etika Bisnis

Tujuan etika bisnis bagi para pengusaha adalah untuk meningkatkan kesadaran moral dan membuat batasan-batasan bagi para pelaku bisnis serta dapat menjalankan good business.

Bagi para pengusaha, mereka harus memiliki pemahaman bahwa monkey business atau praktek bisnis kotor hanya dapat merugikan banyak pihak, termasuk dirinya sendiri pada akhirnya.

Pada intinya sebuah perusahaan yang menerapkan etika bisnis yang baik umumnya tidak akan merugikan pihak lain, tidak melanggar hukum yang berlaku, dan selalu menjaga kondisi agar tetap kondusif.

Baca Juga:  Pengertian Akuntansi Menurut Ahli, Fungsi, Bidang, & Tujuannya (Lengkap)

Contoh Etika Bisnis

Ada beberapa contoh sederhana dalam etika bisnis, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menyebutkan Nama

Biasanya para pengusaha menyebutkan nama lengkapnya ketika baru bertemu dengan orang yang baru. Seperti contoh partner bisnis. Ini adalah cara sederhana yang dapat dilakukan oleh pengusaha yang memiliki etika baik.

2. Berdiri Saat Berkenalan

Umumnya pengusaha yang baik akan melakukan hal ini. Dengan berdiri saat memperkenalkan dirinya maka seseorang akan merasa diperlakukan dengan baik. Tetapi apabila suatu kondisi tidak memungkinkan maka dengan cara membungkuk dapat dilakukan untuk menunjukkan bahwa seseorang memiliki sifat yang positif terhadap orang lain.

3. Ucapkan Terimakasih

Kata ucapan “terimakasih” adalah kata sederhana namum memiliki dampak yang besar bagi banyak orang. Dengan mengucapkan terimakasih maka ini menunjukkan bahwa seseorang menghargai orang lain.

Namun ada baiknya jangan mengucapkan secara berlebihan karena menbimbulkan kesan dibuat-buat atau tidak tulus.

4. Membayar Tagihan Ketika Anda Yang Mengundang

Biasanya pertemuan bisnis seringkali dilakukan ditempat lain selain kantor. Bisa di restoran, kafe dan lain sebagainya. Dan apabila kamu yang mengadakan pertemuan, maka sebaiknya kamu sebagai tuan rumah atau pihak yang mengundanglah yang membayar tagihan tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Etika Bisnis, Manfaat, Tujuan & Contohnya Lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Terimakasih 🙂