Inovasi Adalah: Pengertian, Ciri, Bentuk, Tujuan & Contoh

2 min read

Inovasi Adalah: Pengertian, Ciri, Bentuk, Tujuan & Contoh

Inovasi Adalah: Pengertian, Ciri, Bentuk, Tujuan & Contoh – Inovatif adalah menemukan sesuatu yang berbeda, baru , berinovasi. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai inovatif pada kesempatan kali ini Pendidik akan menjelaskan mengenai inovatif mencakup pengertian, ciri, bentuk, manfaat, tujuan dan juga contohnya. Langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Inovasi Adalah: Pengertian, Ciri, Bentuk, Tujuan & Contoh

Inovasi dan inovatif pada dasarnya adalah sama, hanya inovasi adalah suatu penemuan yang baru atau berbeda sedangkan inovatif itu artinya kata untuk menyifati inovasi tersebut, atau dengan kata lain karya hasil inovasi disebut dengan karya yang inovatif.

Kira kira seperti itu, nah untuk membahas lebih jelasnya mengenai inovasi, kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Inovasi

Inovasi adalah suatu proses atau hasil pengembangan dari pemanfaatan suatu benda atau produk atau sumber daya yang telah ada sebelumnya, sehingga memiliki suatu nilai yang lebih berarti.

Arti lain dari inovasi adalah suatu pembaharuan terhadap berbagai sumber daya yang memiliki manfaat lebih untuk makhluk hidup.

Inovasi ini digunakan untuk menyempurnakan dan meningkatkan fungsi dari suatu pemanfaatan suatu produk maupun sumber daya, sehingga manusia memperoleh pemanfaatan yang lebih.

Baca Juga:  Pengertian Hipotesis Dan Perumusan Hipotesis

Proses inovasi ini akan terus menerus berjalan dan berkembang, karena manusia yang ingin selalu mendapatkan suatu kemudahan dan kecepatan dalam melakukan suatu hal apapun.

Adapun inovasi menurut para ahli adalah:

1. Everett M. Rogers

Inovasi adalah suatu ide, gagasan atau suatu praktik yang dilandasi dan diterima sebagai sesuatu yang hal baru oleh orang maupun sekelompok orang tertentu untuk diterapkan maupun di ambil.

2. UUD No. 19 Tahun 2002

Inovasi adalah suatu bentuk penelitian, pengembangan, atau perekayasaan yang dilakukan untuk suatu ekspansi serta menerapkan nilai yang praktis dan konteks ilmu pengetahuan yang baru maupun cara baru dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang yang sudah ada ke dalam suatu produk maupun proses produksinya.

Ciri-Ciri Inovasi

Ada beberapa ciri dari adanya suatu inovasi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki ciri khas yang berbeda, yakni terdapat ide yang berbeda dan memiliki ciri khas yang juga berbeda.
  • Suatu ide baru, yakni ide yang belum pernah terpublikasikan atau belum pernah tersingkap sebelumnya.
  • Dilakukan secara terencana, yakni ide dapat dikatakan sebagai suatu inovasi apabila dilakukan dengan sengaja dan terencana dalam pengembangannya.
  • Mempunyai tujuan, yakni ide yang dikeluarkan memiliki tujuan tertentu.

Bentuk-Bentuk Inovasi

Ada beberapa bentuk inovasi yang terdapat dalam berbagai bidang, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Inovasi Produk

Inovasi yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, baik berupa primer maupun sekunder. Adapun contohnya adalah penggunaan bolpen untuk memudahkan dalam melakukan kegiatan, pembuatan charger tenaga surya yang tidak banyak memakan tempat.

2. Inovasi Pendidikan

Yakni inovasi yang diterapkan dalam bidang pendidikan. Contohnya melakukan penerapan kurikulum anti korupsi. Ini tentu bisa menjadi suatu inovasi yang baik, karena semakin berkembangnya zaman maka akan semakin mudah untuk mengembangkan suatu inovasi yang baik untuk masa depan yang baik pula.

Baca Juga:  √ Pengertian Artikel, Jenis, Ciri, Tujuan & Manfaatnya (Lengkap)

3. Inovasi Pelayanan Publik

Jika dulu pelayanan publik hanya bisa dilakukan melalui tatap muka, maka berbeda halnya dengan sekarang yang dapat dilakukan kapan saja dengan menggunakan daring atau dalam jaringan.

4. Inovasi Teknologi

Yakni suatu inovasi yang membuat manusia dapat berinteraksi dengan siapapun tanpa batas. Hal tersebut dapat terjadi karena semakin marak dan populer hingga saat ini media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya.

5. Inovasi Kebudayaan

Inovasi kebudayaan ini biasanya sangat erat kaitannya dengan bangsa dan negara. Adapun contoh dalam bidang ini adalah festival seperti festival batik dan lain sebagainya.

Tujuan Inovasi

Inovasi memiliki tujuan tersendiri untuk dicapai oleh manusia itu sendiri, diantara tujuan inovasi adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kualitas

Yakni meningkatkan kualitas dan nilai dari sesuatu yang sudah ada agar menjadi lebih bernilai. Sehingga dengan adanya inovasi terbaru maka diharapkan suatu produk atau barang atau benda akan lebih bernilai dari sebelumnya.

2. Memperluas Jangkauan

Yakni dengan berinovasi tentu kita akan lebih mudah untuk memperluas jangkauan seperti contoh bisnis e-commerce yang ada pada saat ini.

3. Menciptakan Pasar Baru

Dengan adanya inovasi baru yang memiliki nilai lebih tinggi maka akan menciptakan pasar baru di masyarakat.

4. Mengganti Produk Menjadi Lebih Baik

Dengan adanya suatu inovasi yang baru maka dapat mengganti suatu produk yang kurang efesien dan efektif menjadi lebih efesien dan lebih baik lagi.

Seperti contoh inovasi yang dilakukan pada mesin motor yang sekarang bisa menjadi lebih hemat.

Inovasi Adalah: Pengertian, Ciri, Bentuk, Tujuan & Contoh
Inovasi Adalah: Pengertian, Ciri, Bentuk, Tujuan & Contoh

Contoh Inovasi

Ada banyak sekali sebenarnya contoh dari inovasi, salah satunya adalah dengan adanya inovasi telephone yang dahulu hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi saja, akan tetapi berbeda dengan saat ini yang dapat digunakan untuk berbagai macam kegunaan.

Baca Juga:  Pengertian Berita, Jenis, Ciri dan Syaratnya (Lengkap)

Telephone atau smartphone dapat digunakan untuk mendengar musik, untuk menyimpan file, mengirim file, dokumen dan masih banyak lagi kegunaannya. Hal tersebut dikarenakan adanya inovasi yang memiliki nilai lebih dibanding yang terdahulu.

Demikianlah penjelasan mengenai Inovasi Adalah: Pengertian, Ciri, Bentuk, Tujuan & Contoh. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih 🙂