Hewan Karnivora: Pengertian, Ciri, Habitat & Contohnya

3 min read

Hewan Karnivora: Pengertian, Ciri, Habitat & Contohnya

Hewan Karnivora: Pengertian, Ciri, Habitat & Contohnya – Jika kita mendengar istilah hewan karnivora tentu kita sudah tidak asing lagi mendengarnya. Ini sudah dipelajari sejak masuk ke sekolah dasar. Nah untuk mengulasnya kembali, Pendidik pada kesempatan kali ini akan memberikan penjelasannya mengenai hewan karnivora yang mencakup pengertian, ciri-ciri, habitat dan juga contohnya. Untuk itu langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Hewan Karnivora: Pengertian, Ciri, Habitat & Contohnya

Sebelum membahas mengenai pengertian hewan karnivora, terlebih dahulu kita jelaskan bahwa dalam pengelompokkan hewan pada dasarnya terbagi menjadi 3, yakni hewan karnivora, herbivora dan omnivora. Namun kali ini yang akan kita bahas adalah hewan karnivora yakni hewan buas pemakan daging, berikut penjelasannya:

Pengertian Hewan Karnivora

Hewan karnivora merupakan hewan pemakan daging. Menurut bahasa, kata karnivora berasal dari bahasa latin yakni “caro” yakni daging dan “vorare” yakni makanan. Dalam sebuah study dikatakan bahwa hewan karnivora ini adalah salah satu hewan yang sangat identik dengan kelompok hewan yang memiliki kemampuan dalam memangsa atau dengan kata lain adalah binatang buas.

Namun, tidak semua hewan karnivora meurupakan hewan buah, salah satu contohnya adalah kucing, ia tidak buas dan bahkan banyak sekali manusia yang memelihara kucing dirumahnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Teleskop, Sejarah, Jenis, Bagian & Fungsinya

Adapun cara berkembang biak hewan karnivora adalah dengan cara melahirkan atau beranak, dan sebagian kecilnya lagi dengan cara bertelur semisal buaya dan juga ular.

Hewan karnivora ini memiliki kemampuan yang amat sangat baik dalam berburu, aktif dan pandai dalam memangsa. Selain itu spesies ini juga memiliki kecepatan yang sangat cepat, memiliki keunggulan di badan nya seperti taring, kuku panjang dan lainnya. Sehingga hewan karnivora ini kerap dikatakan sebagai hewan buas.

Ciri – Ciri Hewan Karnivora

Ada beberapa ciri untuk jenis hewan karnivora mulai dari ciri dari hewan itu sendiri, makanan hingga habitatnya. Berikut penjelasannya:

1. Makanannya berupa daging-dagingan.

2. Memiliki kemampuan yang baik dalam memangsa dan berburu.

3. Hewan karnivora adalah hewan yang termasuk ke dalam kategori hewan menyusui (mamalia).

4. Hidup nya sebagian besar di darat dan sebagian kecil di laut.

5. Memiliki gerakan yang cepat dan pengintaian yang tajam.

6. Memiliki pengelihatan yang tajan dan pendengaran yang kuat.

7. Berkuku dan juga bertaring yang gunanya untuk merobek dan mengoyak daging mangsanya.

8. Pada umumnya banyak tinggal di hutan.

Habitat Hewan Karnivora

Adapun habitat atau tempat tinggal dari hewan karnivora ini umumnya di darat dan juga di air serta di udara. Spesies hewan ini lebih banyak hidup di darat dikarenakan lebih mudah untuk mencari mangsannya. Biasanya jenis hewan ini hidup di hutan savana yakni hutan yang sangat lebat.

Contoh Hewan Karnivora

Ada banyak sekali hewan yang termasuk ke dalam spesies pemakan daging atau karnivora, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Harimau

Harimau merupakan salah satu hewan karnivora yang berdarah panas dan juga memiliki kecepatan berlari yang sangat cepat. Selain itu hewan ini juga memiliki taring dan kuku yang panjang dan tajam, bertubuh besar dan berumur tua.

Baca Juga:  Hewan Omnivora: Pengertian, Ciri, Contoh & Penjelasannya

Sehingga harimau dapat dengan sangat mudah memperoleh mangsanya. Wow masyaAllah menakjubkan sekali ya.

2. Macan Tutul (Cheetah)

Nah kalo yang satu ini macan tutul atau cheetah adalah hewan buas yang hampir sama dengan kucing, hanya saja ukuran tubuhnya lebih besar dan memiliki ciri khas yakni mempunyai bintik hitam di bagian tubuhnya.

Uniknya lagi suara dari cheetah ini hampir sama dengan kucing bahkan seperti kucing. Namun macan tutul ini hampir punah karena sudah jarang ditemui. Adapun spesies ini banyak hidup di daerah Asia Tenggara.

3. Serigala

Serigala merupakan hewan pemakan daging yang memiliki bentuk tubuh seperti anjing, namun lebih ganas dan buas daripada anjing.

Adapun ciri khas dari serigala adalah suaranya yang mengaung ketika malam hari, namun  spesies hewan ini kebanyakan tinggal di bagian Eropa.

4. Anjing

Anjing merupakan salah satu hewan karnivora yang banyak ditemukan di Indonesia. Anjing memiliki penciuman yang sangat tajam, serta dapat melacak musuh dengan cepat.

Anjing ini banyak sekali di pelihara di Indonesia, bahkan dimanfaatkan sebagai penjaga rumah atau bahkan sebagai anjing pelacak yang diperintah tuannya untuk melacak sesuatu.

Untuk itu, harus tetap hati-hati juga karena anjing dapat menggigit dan menerkam jika ia tidak peliharaan atau jinak.

5. Buaya

Buaya juga merupakan ssalah satu hewan berdarah panas yang buas dan mampu merobek-robek mangsanya. Buaya juga merupakan salah satu hewan reptil, ia dapat hidup di darat dan juga di air. Yakni di danau, air tawar, rawa, dan tempat yang lembap.

Buaya berkembang biak dengan cara bertelur dan juga beranak, biasanya makanan utama dari hewan ini adalah hewan vertebrata yakni hewan yang memiliki tulang belakang. Seperti reptil, mamalia dan lainnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Kloning, Jenis, Konsep, Manfaat & Contohnya (Bahasan Lengkap)

6. Komodo

Komodo merupakan hewan reptil yang juga memiliki lapisan kulit yang keras dan tebak. Dalam memangsa, komodo mengandalkan rahang dan juga ekornya, karena rahang komodo jika mengeluarkan liur maka mengandung racun.

7. Ular

Ular juga merupakan hewan reptil, ular memiliki tubuh yang hampir semua tubuh, ia tidak memiliki kaki dan juga tangan. Akan tetapi ia dapat melilit mangsanya dengan tubuhnya. Ular yang paling buas dan mematikan adalah king kobra. Dimana ular jenis tersebut dapat mematikan mangsanya dalam beberapa menit saja. Karena ular jenis ini memiliki racun yang sangat mematikan.

8. Elang

Elang merupakan salah satu burung pemangsa yang berdarah panas, dan berkembang biak dengan cara bertelur. Elang memangsa mamalia yang berukuran kecil seperti kadal, tikus dan lainnya.

Hewan Karnivora: Pengertian, Ciri, Habitat & Contohnya
Hewan Karnivora: Pengertian, Ciri, Habitat & Contohnya

9. Ikan Hiu

Ikan hiu adalah hewan buas yang hidup di dalam air. Ikan hiu memiliki kerangka tulang yang lengkap dan  bernafas dengan mengunakan lima liang insang dan terkadang dengan enam sampai tujuh insang.

Hal tersebut tergantung pada jenis ikan hiu tersebut. Ikan hiu juga menjadi salah satu hewan karnivora yang dapat memangsa mangsanya dengan ganas.

Demikianlah penjelasan mengenai Hewan Karnivora: Pengertian, Ciri, Habitat & Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂