Pengertian Remunerasi, Unsur, Tujuan, Indikator & Contohnya
Pengertian Remunerasi, Unsur, Tujuan, Indikator & Contohnya

√ Pengertian Remunerasi, Unsur, Tujuan, Indikator & Contohnya

Pengertian Remunerasi, Unsur, Tujuan, Indikator & Contohnya – Istilah remunerasi mungkin sedikit agak asing bagi sebagian orang. Remunerasi merupakan pemberian gaji atau upah pada seorang pegawai. Nah untuk mengetahui lebih jelasnya tentang pengertian remunerasi, unsur, tujuan dan juga indikatornya langsung saja yuk kita simak penjelasannya Pendidik sebagai berikut:

 Pengertian Remunerasi, Unsur, Tujuan, Indikator & Contohnya

Berikut ini adalah pengertian remunerasi baik itu secara umum maupun menurut para ahli.

Pengertian Remunerasi

Secara harfiah kata “Remunerasi” berarti “penggajian” atau “payment” yakni suatu imbalan berupa uang atau lainnya yang diberikan secara rutin karena suatu pekerjaan yang telah dikerjakan. Adapun secara umum, remunerasi merupakan suatu pemberian gaji (payment) sebagai imbalan kepada seorang pekerja atau pegawai atas apa yang sudah dikerjakannya, dan bersifat rutin.

Arti lain dari remunerasi adalah sesuatu yang diterima oleh seorang pekerja atau pegawai karena seorang pegawai tersebut telah ikut berkontribusi dalam suatu perusahaan maupun organisasi dan pemberian imbalan tersebut bersifat rutin. Remunerasi ini sangat erat kaitannya dengan tenaga kerja, yakni lebih ke reward yang akan diperolehkan untuk orang tersebut, reward tersebut diperoleh karena telah membuat prestasi untuk membantu suatu organisasi ataupun pekerjaan.

Adapun pengertian remunerasi menurut para ahli diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mochammad Surya (2004)

Remunerasi merupakan segala sesuatu yang diterima seorang tenaga kerja sebagai bentuk imbalan karena telah berkontribusi kepada tempat dimana ia bekerja.

2. Rosenberg (1983)

Remunerasi adalah segala bentuk finansial yang manfaat atau upah yang diberikan oleh suatu organisasi kepada para pegawainya atas suatu prestasi ataupun pekerjaannya.

3. Komarrudin (1983)

Remunerasi adalah pemberian imbalan atau balas jasa kepada para pegawai atas jasa yang telah dikontribusikannya.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Remunerasi adalah pemberian imbalan atau penghargaan atau hadiah kepada seseorang atas jasa yang telah dikontribusikannya pada sebuah organisasi.

Unsur – Unsur Remunerasi

Remunerasi memiliki dua unsur utama yakni kompensasi dan juga bonus. Berikut penjelasannya:

  • Kompensasi sangat erat kaitannya dengan pemberian secara keseluruhan yang diterima oleh tenaga kerja baik itu yang berupa fisik maupun non fisik dan biasanya kompensasi ini tidak dikenakan biaya.
  • Komisi atau bonus adalah suatu bentuk imbalan yang diberikan kepada tenaga kerja dalam bentuk persentase hasil dari penjualan. Bonus yang diberikan juga sesuai dengan kemampuan atau prestasi yang telah dilakukan.

Tujuan Remunerasi

Remunerasi memiliki beberapa tujuan, namun secara umum tujuan dari remunerasi adalah memberikan apresiasi kepada tenaga kerja yang memiliki kinerja yang bagus dalam suatu pekerjaannya di sebuah organisasi maupun lainnya. Namun ada beberapa tujuan lain dari remunerasi, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Untuk Meningkatkan Sumber Daya Manusia

Dengan adanya remunerasi ini dapat meningkatkan mutu sumber daya manusia yang bagus dan berkualitas, sehingga pekerja akan terdorong menjadi pekerja yang berkualitas.

2. Untuk Memelihara Sumber Daya Manusia Yang Produktif

Remunerasi dapat membantu dan memelihara pada pekerja atau sumber daya manusia agar tetap bertahab di perusahaan atau suatu organisasi tersebut. Hal ini tentu sangat berkaitan dengan kompetisi kepemilikan tenaga kerja yang baik agar tidak terjadi adanya sebuah KKN (Korupsi, kolusi dan nepotisme).

3. Untuk Menciptakan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik

Adanya remunerasi ini justru akan memberikan tata kelola yang baik bagi perusahaan, karena mereka dapat menjaga agar pegawainya tetap ada di perusahaan dan dapat menciptakan pengelolaan perusahaan yang baik dan juga efektif. Karena jika para pegawai banyak yang keluar malah justru hal ini dapat mengeluarkan biaya lebih banyak lagi untuk melakukan perekrutan dalam perusahaannya.

4. Untuk Menciptakan Persaingan Yang Positif

Dengan adanya remunerasi ini akan membuat sesama tenaga kerja dalam suatu perusahaan dapat bersaing dengan sehat dan positif. Sehingga akan terlihat mana yang lebih rajin dan tidak. Selain daripada hal tersebut, remunerasi juga dapat membantu para tenaga kerja untuk terus mengembangkan bakat yang ada dalam dirinya tersebut.

5. Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Sumber Daya Manusia

Adanya remunerasi ini juga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan sumber daya manusia yang nantinya akan berdampak pada produktivitas dalam bekerja akan meningkat.

Indikator – Indikator Remunerasi

Adapun beberapa indikator remunerasi yang dapat menjadi pengaruh pada tenaga kerja adalah sebagai berikut:

1. Remunerasi yang diberikan oleh suatu perusahaan pada pegawai tersebut harus sesuai dengan apa yang telah dilakukan pegawai tersebut atau sesuai dengan apa yang telah dikontribusikannya kepada suatu perusahaan atau organisasi tersebut.

2. Berdasarkan pada besar atau kecilnya pemberian remunerasi yang diberikan dari suatu perusahaan tersebut.

3. Remunerasi hanya dapat diberikan pada tenaga kerja yang mempunyai suatu kemampuan ataupun keahlian khusus yang berkaitan dengan perkembangan atau suksesnya suatu organisasi maupun perusahaan.

Contoh Remunerasi Karyawan

Adapun contoh dari remunerasi yang kita ambil dari seorang karyawan, yang akan diberikan pertimbangan oleh suatu perusahaan, berikut penjelasannya:

1. Gaji Karyawan Sesuai Dengan Kinerja

Gaji karyawan akan diberikan sesuai dengan berat atau ringannya pekerjaan serta resiko yang akan dijalankan dan pertanggung jawaban dari pegawai tersebut. Sehingga pemberian gaji atau remunerasi ini diberikan kepada pegawai sebagai salah satu cara untuk menjaga agar pegawai tetap berada di perusahaan tersebut.

2. Memberikan Bonus Bagi Karyawan Yang Berprestasi

Pemberian bonus kepada para karyawannya tentu sudah biasa dilakukan, hal ini dilakukan agar para karyawannya dapat lebih semangat, menumbuhkan dedikasi, dan loyalitas dalam bekerja.

3. Menaikkan Gaji Karyawan

Dengan menaikkan gaji kepada para karyawan yang pantas untuk menerimanya akan menjadikan para karyawan tersebut semangat dan menjadi salah satu cara untuk menjaga kinerjanya dan loyalitas kerja karyawan tersebut.

Pengertian Remunerasi, Unsur, Tujuan, Indikator & Contohnya
Pengertian Remunerasi, Unsur, Tujuan, Indikator & Contohnya

Dari penjelasan diatas kita mengetahui bahwasanya remunerasi itu memberikan sebuah imbalan atau segala sesuatu yang berupa finasial dan bermanfaat, sehingga harus diperhatikan dan juga dipertimbangkan dalam melakukan remunerasi agar tetap sesuai dengan pengeluaran dan pemasukan perusahaan. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kerugian, oleh karena itu harus sesuai dengan kemampuan perusahaan ataupun organisasi tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Remunerasi, Unsur, Tujuan, Indikator & Contohnya. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan kalian khususnya tentang upah dalam suatu perusahaan (payment). Dan semoga dapat bermanfaat juga yahh.. Terimakasih 🙂