Pengertian Rehabilitasi Beserta Manfaat dan Jenisnya (Bahasan Lengkap)
Pengertian Rehabilitasi Beserta Manfaat dan Jenisnya (Bahasan Lengkap)

Pengertian Rehabilitasi Beserta Manfaat dan Jenisnya (Bahasan Lengkap)

Pengertian Rehabilitasi Beserta Manfaat dan Jenisnya (Bahasan Lengkap) – Rehabilitasi biasanya sering dikaitkan dengan sesuatu yang berbau kejahatan, seperti para pelaku kejahatan. Namun istilah ini dapat diterapkan oleh siapa saja yang membutuhkan bantuan untuk masalah pribadi ataupun sosial.

Pada kesempatan kali ini Pendidik akan membahas mengenai rehabilitasi yang mencakup pengertiannya juga manfaatnya. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Rehabilitasi Beserta Manfaat dan Jenisnya (Bahasan Lengkap)

Berikut ini adalah penjelasan mengenai rehabilitasi beserta manfaatnya

Pengertian Rehabilitasi

Secara umum, rehabilitasi merupakan suatu proses perbaikan atau penyembuhan dari kondisi yang tidak normal menjadi normal, atau dapat dikatakan juga sebagai pelatihan untuk menghadapi kondisi yang mungkin tidak bisa dikembalikan menjadi normal seperti misalkan kondisi cacat dan lain sebagainya.

Adapun pengertian rehabilitasi menurut para ahli:

1. Subagyo

Rehabilitasi merupakan suatu pemulihan kesehatan jiwa dan raga yang ditunjukkan kepada para pecandu narkoba yang telah menjalani program kuratif. Tujuannya agar pecandu narkoba tersebut dapat terbebas dari narkoba dan juga penyakit seperti syaraf, otak, paru-paru, ginjal, hati dan lain-lain.

2. Banja

Rehabilitasi merupakan suatu program holistik dan juga terpadu atas intervensi medis, fisik, psikososial, vokasional, yang memberdayakan individu penyandang cacat untuk meraih pencapaiannya kebermaknaan sosial juga interaksi efektif yang funsgional dengan dunia.

3. Soewito

Rehabilitas merupakan suatu bentuk usaha baik dalam bidang kesehatan, kejiwaan, sosial, ekonomi maupun dalam bidang lainnya yang dikoordinir menjadi proses yang berkelanjutan dengan tujuan untuk memulihkan tenaga penderita cacat, baik cacat jasmani maupun rohani. Untuk memperoleh kembali posisi di masyarakat sebagai anggota penuh swasembada, produktif dan berguna bagi masyarakat.

Baca Juga:  Pengertian Promosi, Jenis, Tujuan dan Contohnya (Lengkap)

4. Renwick & Friefeld

Rehabilitasi adalah kegiatan multidisipliner yang dapat memulihkan kembali aspek-aspek fisik, emosi, kognisi, dan sosial sepanjang kehidupan individu sehingga dapat melakukan komunikasi,mobilitas, aktivitas harian,  pekerjaan, hubungan sosial, dan kegiatan lain yang bermakna.

5. Waddell & Burton

Rehabilitas adalah suatu identifikasi serta penanganan masalah yang berhubungan dengan masalah kesehatan, pekerjaan, hambatan personal psikologis maupun sosial.

Manfaat Rehabilitasi

Adapun manfaat atau kegunaan dari rehabilitasi adalah untuk mengembalikan kondisi seperti semula dan untuk melatih manusia dalam melakukan suatu tindakan secara normal dengan kondisi fisik yang sudah tidak normal.

Jenis Rehabilitasi

Ada beberapa jenis rehabilitasi, diantaranya adalah rehabilitasi fisik dan rehabilitasi mental.

1. Rehabilitasi Fisik

Yakni melatih fisik kembali ke suatu kondisi awal atau menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Sebagai contoh orang yang mengalami kecelakaan, kemudian ada beberapa anggota tubuh yang harus di operasi atau pen, maka memerlukan rehabilitasi anggota tubuh yang dioperasi supaya dapat kembali fungsi sebagaimana mestinya. Begitupun juga ketika kehilangan anggota tubuh, maka perlu ddirehabilitasi agar dapat menyesuaikan kondisi fisik yang mana telah hilang. Dalam hal ini rehabilitasi berfungsi sebagai proses pengembalian kondisi fisik agar kembali normal.

2. Rehabilitasi Mental

Yakni suatu upaya perbaikan kejiwaan dari seseorang yang mengalami gangguan karena adanya permasalahan yang sangat berat dan dapat mempengaruhi sistem kerja otak dari manusia tersebut. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya permasalahan yang sangat berat sehingga mempengaruhi mental orang tersebut.

3. Rehabilitasi Narkob

Pengertian Rehabilitasi Beserta Manfaat dan Jenisnya (Bahasan Lengkap)
Pengertian Rehabilitasi Beserta Manfaat dan Jenisnya (Bahasan Lengkap)

Yakni Upaya untuk mengembalikan para pengguna narkoba agar dapat terbebas dari jerat narkoba. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa efek samping dari konsumsi narkoba adalah kecanduan terhadap narkoba, sehingga fungsi dari rehabilitasi narkoba untuk menyembuhkan efek kecanduan narkoba dari para pengguna narkoba tersebut.

Baca Juga:  Pengertian Struktur Organisasi dan Fungsinya (Lengkap)

Nah itulah tadi penjelasan mengenai Pengertian Rehabilitasi Beserta Manfaat dan Jenisnya (Bahasan Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂

Rate this post