Dasar Negara: Pengertian, Fungsi, Proses & Manfaatnya (Lengkap)

2 min read

Dasar Negara: Pengertian, Fungsi, Proses & Manfaatnya (Lengkap)

Dasar Negara: Pengertian, Fungsi, Proses & Manfaatnya (Lengkap) – Indonesia memiliki dasar negara yang tanpa kita sadari kita menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Nah apa itu dasar negara?? Baiklah pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan penjelasan mengenai Dasar Negara yang mencakup pengertian, fungsi, proses, dan juga manfaatnya. Untuk itu langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Dasar Negara: Pengertian, Fungsi, Proses & Manfaatnya (Lengkap)

Definisi dari dasar negara itu sangat banyak, berikut penjelasannya.

Pengertian Dasar Negara

Secara umum, dasar negara adalah suatu sikap, pandangan hidup atau sesuatu yang dapat di buktikan kebenaran dan juga kesalahannya.

Dengan kata lain, dasar negara adalah suatu fandemen yang kokoh, kuat dan juga bersumber dari pandangan hidup atau falsafah.

Menurut bahasa, dasar negara dari bahasa Belanda yakni Philosophiscle grondslag yang berarti norma dasar yang bersifat filsafat. Sedangkan menurut pandangan bahasa Indonesia berarti teori yang di hasilkan dari pemikiran yang mendalam dan atau pemikiran filsafat mengenai dunia dan kehidupan di dunia, yang mana di dalamnya termasuk bernegara.

Baca Juga:  Masyarakat Madani: Pengertian, Sejarah, Konsep, Ciri, Unsur & Contoh

Adapun pengertian dasar negara menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. George Jellinek

Dasar negara merupakan organisasi yang dengan kekuasaan suatu kelompok orang, dimana kelompok tersebut bertempat di suatu wilayah tertentu.

2. Karl Marx

Dasar negara adalah suatu peringkat yang memiliki kekuasaan dalam menjalankan suatu pengusahaan atau eksploitasi maupun penindasan kepada kelas yang lainnya.

3. Robert M. Mac. Iver

Dasar negara adalah suatu bentuk asosiasi yang memiliki peran penting dalam melindungi dan juga menjaga ketertiban dalam bermasyarakat sesuai dengan system hukum yang berlaku. Dijalankan oleh pemerintah yang berkuasa, memberi tekanan ataupun memaksa.

4. C. Wheare

Dasar negara adalah semua sistem tata negara yang mengandung beberapa aturaan dalam menjaalankan pemerintahannya.

5. J Rousseau

Dasar negara adalah alat negara yang berfungsi dalam menjaga kemerdekaan setiap individu serta ketertiban hidup rakyat negara tersebut.

Fungsi Dasar Negara

Adapun fungsi dari Dasar Negara diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Dasar Berdirinya dan Tegaknya Suatu Negara

Suatu bangsa akan memikirkan dasar negara untuk berdiri dan tegaknya suaatu negara. Dengan kata lain bahwa dasar negara adalah dasar berdirinya suatu negara.

Jika suatu negara telah berdiri, maka dasar negara dapat dijadikan suatu landasan bagi pengelolaan negara tersebut.

2. Sebagai Dasar dan Sumber Hukum Nasional

Seluruh aktivitas negara dan warga negara dalam bermasyarakat, berbangsa dan juga bernegara harus berdasarkan pada hukum yang sudah ditetapkan.

Sehingga seluruh peraturan perundang-undangan yang dibentuk untuk penyelenggaraan suatu negaaraa harus sesuai dengan landasan dasar negaara.

3.  Sebagai Dasar Kegiatan Penyelenggaraan Suatu Negara

Yakni agar para penyelenggara negara dapat mewujudkan tujuan nasional, maka seluruh kegiatan dari pemerintahan harus beradasrakan pada dasar negara.

Baca Juga:  Pengertian NPWP, Fungsi, Manfaat dan Syaratnya (Lengkap)

Karena negara berdiri dengan tujuan untuk mewujudkan cita-cita suatu bangsa yang berada di bawah pimpinan para penyelenggara negara.

Proses Dasar Negara

Adapun tahapan dari pembentukan Dasar Negara Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut:

1. BPUPKI

Yakni Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang dibentuk pada tanggal 29 April 1645 dan pelantikannya tanggal 28 Mei 1945.

Dibentuknya badan ini menjadikan sebuah kesempatan secara legal untuk mempersiapkan kemerdekaan dengan merancang UUD yang isinya dasar negara.

Untuk lebih lengkapnya baca: BPUPKI.

2. Penyusunan Konsep Dasar Negara Dan UUD

Pada sidang pertama BPUPKI berisi mengenai usulan-usulan dari berbagai tokoh tentang dasar negara. Lalu pembentukan panitia sembilan.

Dari panitia inilah kemudian dapat merumuskan sebuah dasar negara yang disebut piagam jakarta. Kemudia lanjut ke sidang BPUPKI yang kedua pada tanggal 10 sampai 16 Mei 1945.

Kemudian pada tanggal 14 Juli 1945 telah diterima rancangan dasar negara yang dicantumkan dalam pembukaan UUD yang sedang disiapkan.

3. Penetapan UUD 1945

Penetapan UUD 1945 yang merupkan rumusan dari dasar negara yang disahkan dan tercantum dalam pembukaan UUD 1945.

Dasar Negara: Pengertian, Fungsi, Proses & Manfaatnya (Lengkap)
Dasar Negara: Pengertian, Fungsi, Proses & Manfaatnya (Lengkap)

Manfaat Dasar Negara

Setiap negara pasti memiliki dasar negara masing-masing, karena dasar negara yang begitu pentingnya bagi berdirinya sebuah negara.

Adapun manfaat dari dasar negara diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sebagai pedoman dan pandangan bagi masyarakat dalam suatu negara tersebut.

2. Untuk memiliki tujuan yang jelas dalam bernegara. Karena dalam setiap negara tentu memiliki dasar bernegara yang menjadi pedoman untuk mencapai suatu tujuan dalam negara tersebut.

Indonesia sendiri sudah mempertahankan keutuhan negaranya dengan dasar negara.

Demikianlah penjelasan mengenai Dasar Negara: Pengertian, Fungsi, Proses & Manfaatnya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian ya. Terimakasih 🙂