Pengertian Pasar Monopoli, Jenis, Ciri & Contohnya (Lengkap)
Pengertian Pasar Monopoli, Jenis, Ciri & Contohnya (Lengkap)

√ Pengertian Pasar Monopoli, Jenis, Ciri & Contohnya (Lengkap)

Pengertian Pasar Monopoli, Jenis, Ciri & Contohnya (Lengkap) – Sesering apakah kalian mendengar istilah pasar monopoli? yaa pasar monopoli merupakan salah satu jenis pasar persaingan tidak sempurna yang mana hanya terdapat satu penjual untuk menguasai konsumen. Nah untuk lebih jelasnya pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan penjelasan mengenai pasar monopoli yang mencakup pengertian, jenis, ciri cirinya serta contohnya. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Pasar Monopoli, Jenis, Ciri & Contohnya (Lengkap)

Berikut ini merupakan pengertian pasar monopoli secara umum.

Pengertian Pasar Monopoli

Pasar monopoli merupakan salah satu jenis pasar dengan persaingan yang tidak sempurna yang mana di dalamnya hanya terdapat satu produsen atau penjual saja yang menguasai pasar untuk melayani semua konsumennya.

Untuk jenis pasar ini produsen baru yang masuk ke pasar biasanya tidak dapat menyaingi produsen lama. Sehingga dengan begitu akan terjadi monopoli murni dalam suatu pasar yang di kuasai oleh satu produsen saja.

Pada umumnya produsen pada jenis pasar yang satu ini tidak perlu melakukan suatu promosi terhadap brand nya karena sudah di kenal oleh khalayak umum. Dan biasanya produk yang di promosikan hanya produk baru dan produk unggulan saja.

Produsen pada jenis pasar ini biasanya telah menciptakan hak paten atau hak cipta untuk produk nya. Hal ini akan membuat pesaing sejenis tidak akan berkembang. Sehingga agar produknya bertahan maka produsen dituntut harus memberikan produk yang berkualitas, pelayanan yang baik, menentukan harga yang sesuai dan melakukan inovasi terhadap produknya.

Jenis – Jenis Pasar Monopoli

Adapun jenis – jenis pasar monopoli adalah sebagai berikut:

1. Monopoli Pemerintah dan Negara (Monopoli by Law)

Yakni suatu negara atau pemerintah dapat memonopoli pasar untuk berbagai bidang produksi penting bagi suatu negara dimana tujuannya adalah untuk memenuhi hajat hidup orang banyak.

2. Monopoli Secara Alamiah (Monopoli by Nature)

Yakni suatu pasar monopoli yang tercipta karena adanya pengaruh dari sumber daya alam, iklim dan juga keadaan alam di suatu tempat yang tidak terdapat di tempat lain.

3. Monopoli Karena Hak Atas Kekayaan Intelektual (Monopoli by Lisence)

Yakni monopoli pasar yang di peroleh oleh suatu produsen karena memiliki hak dan kekayaan intelektual terhadap suatu produk. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Hak cipta yakni suatu hak ekslusif dari penciptanya untuk mengatur penggunaan atas karyanya.
  • Hak paten adalah suatu hak ekslusif kepada penemu atas penemuannya dalam bidang teknologi untuk jangka waktu tertentu.
  • Hak merk adalah suatu hak ekslusif dari pemilik merk terdaftar untuk menggunakan sendiri merk tersebut atau mengizinkan pihak lain untuk memakainya dalam jangka waktu tertentu.

4. Monopoli Karena Efisiensi Kerja

Yakni kemampuan suatu perusahaan dalam memproduksi barang maupun jasa yang berkualitas serta di butuhkan oleh masyarakat dapat membuat perusahaan tersebut menjadi produsen tunggal yang menguasai suatu pasar.

5. Monopoli Karena Bahan Baku

Yakni penguasaan suatu bahan baku oleh suatu perusahaan tertentu yang dapat melahirkan jenis pasar ini. Pada umumnya hal ini dapat terjadi jika suatu bahan baku sulit untuk di temukan di tempat lain sehingga perusahaan tertentu menjadi produsen tunggal.

6. Monopoli Karena Penguasaan Teknologi dan Tenaga Ahli

Yakni jenis pasar yang dapat tercipta karena penguasaan teknologi dan juga tenaga ahli dalam bidang tertentu. Adapun salah satu contoh pasar monopoli karena adanya penguasaan teknologi adalah perusahaan dari microsoft yang memiliki teknologi komputasi dan juga tenaga ahli dalam bidang tersebut.

7. Monopoli Karena Masyarakat

Yakni kepercayaan masyarakat terhadap suatu perusahaan dan dapat melahirkan pasar monopoli. Masyarakat akan cenderung lebih memilih untuk membeli produk – produk yang di anggap berkualitas, bermanfaat, unik, dan pelayanan yang baik.

Ciri – Ciri Pasar Monopoli

Pasar monopoli memiliki ciri tersendiri yang membedakannya dengan pasar lain, adapun ciri-ciri pasar monopoli diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Hanya Memiliki Satu Produsen

Yakni hanya memiliki satu penjual atau produsen, sehingga harga ditentukan oleh produsen tanpa pengaruh dari pembeli. Dengan kata lain produsen sebagai penentu harga (price maker) dan memonopoli pasar.

2. Barang Yang Di Produksi Tidak Bersubstitusi

Produk yang dijual merupakan suatu barang yang dibutuhkan oleh masyarakat luas dan tidak memiliki barang penggantinya atau (substitusi) yang sejenis. Dan tidak ada perusahaan yang menyediakan barang substitusi dengan baik, sehingga pada pasar monopoli ini produsen akan memiliki banyak permintaan dari konsumennya.

3. Sulitnya Produsen Baru Masuk Ke Pasar Monopoli

Adanya hambatan bagi produsen baru yang masuk ke dalam pasar monopoli, diantara hambatan tersebut adalah

  • Adanya pembatasan legalitas yang diatur dalam undang – undang
  • Adanya hambatan teknologi tinggi sehingga akan sulit membuat barang yang sejenis
  • Hambatan dalam modal yang besar untuk membuat produk yang sejenis.

4. Produsen Menjadi Penentu Harga

Yakni produsen sebagai penentu harga (price maker), akan tetapi produsen tidak dapat mempengaruhi harga dan output produk lain yang di jual dalam perekonomian.

5. Produsen Tidak Melakukan Promosi

Produsen tidak perlu melakukan suatu promosi terhadap brand usahanya karena produsen tersebut sudah menjadi penguasa pasar (monopoli). Konsumen selalu beli kepada produsen karena memang tidak ada barang alternatif.

Contoh Pasar Monopoli

Adapun contoh pasar monopoli diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pasar Monopoli Murni (Pure Monopoly), yakni bentuk pasar yang ekstrim sepeti PLN, PT. Kereta Api dan PAM.

2. Pasar Near Monopoly atau yang mendekati monopoli adalah suatu pasar yang terdiri dari satu orang pengusaha (single producer). Contohnya adalah penjual bakso pada suatu daerah disebut sebagai monopoli murni untuk daerah tersebut, namun ia juga disebut near monopoly karena diluar daerah tersebut juga ada penjual bakso yang sama.

Kelebihan dan kelemahan Pasar Monopoli

Adapun kelebihan dan kelemahan pasar monopoli diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kelebihan Pasar Monopoli

Adapun kelebihan pasar monopoli adalah

  • Produsen dapat mempertahankan posisinya sebagai penguasa pasar dengan terus melakukan adanya inovasi
  • Tidak terjadinya persaingan tidak sehat karena pasar hanya dikuasai oleh satu produsen
  • Monopoli pasar yang dimiliki oleh instansi negara atau pemerintah akan memudahkan dalam proses pemenuhan kebutuhan atau kepentingan masyarakat umum

2. Kelemahan Pasar Monopoli

Adapun kelemahan pasar monopoli diantaranya adalah

  • Adanya monopoli pasar yang akan memicu munculnya pasar gelap dan transaksi ilegal karena sulitnya barang di dapat atau terlalu mahal
  • Produsen bisa saja melakukan ketidakadilan terhadap suatu konsumen karena memiliki kekuatan yang mutlak
  • Konsumen ini tidak berpengaruh karena tidak adanya pilihan barang alternatif
Pengertian Pasar Monopoli, Jenis, Ciri & Contohnya (Lengkap)
Pengertian Pasar Monopoli, Jenis, Ciri & Contohnya (Lengkap)
  • Produsen dapat melakukan eksploitasi karena ingin memperoleh keuntungan sebesar besarnya.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Pasar Monopoli, Jenis, Ciri & Contohnya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂