Pengertian Ilmu: Menurut Para Ahli & Secara Umum (Lengkap)

3 min read


Pengertian Ilmu: Menurut Para Ahli & Secara Umum (Lengkap) – Ilmu merupakan suatu pengetahuan. Dalam kamus besar Bahasa Indonesia ilmu merupakan suatu pengetahuan yang disusun secara bersistem dengan metode tertentu guna dapat menjelaskan mengenai gejala tertentu di bidang pengetahuan tersebut.

Setiap manusia pada dasarnya sudah dibekali ilmu oleh Allah SWT. Ilmu yang dapat di kembangkan pada berbagai macam bidang, baik ilmu agama, maupun ilmu yang bersifat umum. Namun kali ini kita akan membahas mengenai apa sih ilmu itu. Banyak tokoh yang mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian ilmu.

Secara etimologi sendiri, Ilmu berasal dari bahasa arab yakni “ilm”, sedangkan dalam bahasa inggris “science” dan bahasa latin “scientia” yang mengandung arti tahu atau mengetahui.

Untuk lebih jelasnya kita akan memaparkan pengertian Ilmu menurut para ahlinya.

Pengertian Ilmu: Menurut Para Ahli & Secara Umum (Lengkap)

Pada dasarnya pengertian dari ilmu itu sangat luas, yakni basis suatu pengetahuan sistematis praktik preskriptif dimana mampu menghasilkan suatu prediksi. Atau dengan kata lain sebagai suatu teknik atau praktik yang sangat terampil.

Baca Juga:  Pengertian Edukasi, Jenis, Manfaat & Tujuannya (Lengkap)

Dalam bahasa arab sendiri “ilmu” berasal dari kata “Alima” yang berarti pengetahuan juga.

Ilmu Secara Umum

Sehingga pengertian ilmu secara umum adalah:


♦ Ilmu pengetahuan adalah suatu cabang pengetahuan yang berkaitan dengan kumpulan realita atau fakta yang tersusun secara sistematis dan menunjukkan operasi hukum umum. Contohnya ilmu matematika.

♦ Ilmu adalah suatu pengetahuan yang terdiri dari kebenaran umum dari operasi hukum umum, terutama yang diperoleh dan di uji melalui metode ilmiah dan yang berhubungan dengan dunia fisik.

♦ Ilmu adalah suatu pengamatan identifikasi, deskripsi, investigasi eksperimental, serta penjelasan teoritis dari fenomena alam.

Cabang Ilmu

Ilmu terbagi menjadi beberapa cabang berdasarkan subjek studinya, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Ilmu alam, yakni suatu cabang ilmu yang berkaitan dengan deskripsi, prediksi, dan pemahaman fenomena alam (alam yang berarti luas) berdasarkan hukum alam dan dunia fisik. Contohnya: ilmu biologi, kimia, dan fisika.

2. Ilmu sosial, adalah ilmu yang di kontribusikan untuk studi tentang masyarakat dan hubungan antar individu dalam masyarakat. Cabang ilmu ini mempelajari perilaku sosial, berinteraksi, budaya dan segala sesuatu yang berkaitan dengan sosial. Contohnya ilmu sosiologi, ilmu ekonomi, antropologi dan lainnya.

3. Ilmu Formal, yakni suatu cabang ilmu yang mempelajari konsep abstrak yang berhubungan dengan sistem formal. Contohnya ilmu matematika, ilmu logika, ilmu komputer, dan lainnya.

Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli

Ada banyak sekali para ahli yang ikut serta dalam mendefinisikan ilmu, diantaranya adalah sebagai berikut:

KBBI

Ilmu merupakan pengetahuan tentang segala suatu bidang yang disusun secara sistematis menggunakan metode yang ilmiah yang dapat digunakan untuk memaparkan dan menjelaskan kondisi tertentu dalam suatu pengetahuan.

Baca Juga:  √ Pengertian kalimat Pengandaian, Jenis, Ciri & Contohnya (Lengkap)

Nazir (1988)

Ilmu adalah pengetahuan yang bersifat umum dan sistematis yang didapat dari kesimpulan dalil-dalil tertentu menurut kaidah umum.

Schulz ( 1962)

Ilmu dapat mencakup logika, dengan adanya interpretasi subjektif dan konsistensi dan realitas sosial.

John G. Kemeny

Ilmu adalah semua pengetahuan yang dikumpulkan dengan menggunakan metode ilmiah.

Minto Rahayu

Ilmu adalah pengetahuan yang disusun secara sistematis yang berlaku untuk umum.

Popper

Ilmu adalah ketetapan dalam keseluruhan dan hanya dapat direorganisasi.

M.Izzudin Taufiq

Ilmu merupakan penelusuran data dan informasi melalui pengamatan, pengkajian, dan ekspreimen untuk dapat menetapkan hakikat dan landasan dasar.

Dr Maurice Bucaille

Ilmu adalah sebuah kunci untuk mengungkap segala sesuatu

NS. Asmadi

Ilmu adalah sekumpulan pengetahuan yang penuh, dan mengetahuinya dengan proses penyelidikan yang sistematis dan sesuai dengan metode ilmiah.

Poespoprodjo

Ilmu yaitu proses perbaikan diri secara berkesinambungan. Meliputi perkembangan teori dan uji empiris.

DR. H. M. Gade

Ilmu merupakan flsafah yakni pengetahuan yang paling dasar dengan batas-batas kemungkinan pemikiran manusia.

Thomas Kuhn

Ilmu merupakan suatu himpunan aktivitas yang dapat menghasilkan penemuan baik dalam bentuk pengembangan maupun penolakannya.

Shapere

Konsep ilmu ada 3 hal yaitu adanya rasionalitas, dapat disistematisai, dan digeneralisasi.

Francis Bacon

Ilmu adalah satu-satunya pengetahuan yang nyata dan valid dan yang dapat dijadikan objek pengetahuan harus sesuai dengan fakta.

Charles Singer

Ilmu adalah suatu proses yang membuat pengetahuan.

Wikipedia

Ilmu merupakan seluruh usaha sadar, untuk menemukan, menyelidiki, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam pikiran dan alam manusia.

Mohammad Hatta

Ilmu adalah pengetahuan yang mengatur mengenai pekerjaan hukum secara kasual dalam suatu kelompok masalah yang sama tabiatnya dari segi kedudukannya baik yang terlihat dari dalam ataupun dari luar.

Baca Juga:  Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Paragraf Analogi Terlengkap

Afanasyef

Ilmu adalah pengetahuan manusia tentang alam, pikiran, dan masyarakat. Beliau mengemukakan ilmu dengan mencerminkan alam dan konsep, berbagai kategori dan hukum-hukum, yang mana didalam ketetapan dan kebenarannya diujikan dengan pengalaman praktis.

Ralp, Ross, dan ErnestVan Den Haag

Ilmu adalah sesuatu yang rasional (dapat diterima akal), empiris (berdasarkan pengalaman), umum dan sistemaik(tersusun), yang kesemua itu dapat terjadi secara bersamaan.

The Liang Gie

Ilmu merupakan serangkaian aktivitas manusia yang bersifat rasional dan kognitif ( sesuatu yang didapatkan) dengan menggunakan metode yang berprosedur dan sesuai dengan langkah-langkah sehingga menghasilkan sebuah pengetahuan yang sistematis untuk mendapatkan kebenaran dan penjelasan yang benar.

Harsojo

Ilmu merupakan sekumpulan pengetahuan yang diakumulasikan dan disistematiskan.

Ilmu Menurut Islam

Adapun menurut Islam sendiri, ilmu adalah suatu sistem untuk memproleh pengetahuan yang berdasarkan pengalaman, percobaan, serta naturalisme metodologis, dan merupakan tubuh pengetahuan manusia yang terstruktur yang didapat dari  suatu penelitian.

Banyak Muslim setuju bahwa mencari dan mempelajari ilmu adalah suatu tindakan kebajikan keagamaan, bahkan hal tersebut merupakan tugas kita semua sebagai umat Muslim.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Ilmu: Menurut Para Ahli & Secara Umum (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih 🙂