Doa Sakit Perut Yang Diajarkan Rasulullah Saw Beserta Latin Terjemahan
Doa Sakit Perut Yang Diajarkan Rasulullah Saw Beserta Latin Terjemahan

√ Doa Sakit Perut yang Diajarkan Rasulullah SAW Arab Latin (Lengkap)

Doa Sakit Perut yang Diajarkan Rasulullah SAW Arab Latin (Lengkap) – Sakit perut adalah sakit yang sudah sering terjadi dan kita rasakan, dan hampir semua orang pernah merasakannya. Banyak sekali macam sakit perut, diantaranya perut kosong, diare, sembelit, maagh, haid, dan gangguan pencernaan lainnya.

Saat kita sedang merasakan sakit, tentu kita berdoa kepada Allah SWT agar disembuhkan dari sakit yang kita rasakan. Untuk mengetahui doa sakit perut yang diajarkan Rasulullah Saw, berikut Pendidik akan menjelaskannya:

Doa Sakit Perut yang Diajarkan Rasulullah SAW Arab Latin (Lengkap)

Sebelum kita membahas mengenai do’a sakit perut, kita akan terlebih dahulu membahas mengenai arti Do’a itu sendiri. Berikut penjelasannya:

Pengertian Do’a

Do’a di dalam Islam sendiri merupakan suatu kekuatan yang paling kuat, bahkan do’a dikatakan sebagai senjata bagi orang mukmin. Do’a adalah suatu permintaan dan permohonan kepada Allah SWT dengan merasa bahwa kita ini seorang hamba yang sangat lemah tiada daya dan kekuatan, selain datang dari Allah SWT. Doa dapat dilakukan kapan saja, dimana saja. Hanya saja memang ada waktu-waktu khusus untuk berdo’a 10 waktu mustajab untuk berdo’a dalam islam.  

Tujuan Berdoa

Adapun tujuan berdo’a kepada Allah SWT adalah sebagai berikut:

  • Untuk memohon kepada Allah SWT agar dalam menjalani hidupnya selalu dalam bimbingan-Nya dan lindungan-Nya
  • Untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT dari godaan syeitan yang terkutuk
  • Untuk memohon agar diberikan keselamatan dunia dan akhirat
  • Sebagai ungkapan rasa syukur seorang hamba kepada Allah SWT atas segala rahmat dan hidayah-Nya selama ini.
Baca Juga:  √ 5 Tingkatan Dalam Berdo'a & Cara Allah Menjawab Do'a Kita Beserta Dalilnya

Macam-Macam Doa Sakit Perut

1. Doa Sakit Perut

Pada dasarnya, doa ini tidak hanya dikhususkan untuk sakit perut saja, namun dibaca saat anggota tubuh merasa sakit dan bisa juga diamalkan untuk mengobati sakit perut.

Dalam Syarah Hisnul Muslim disebutkan Asbabul Wurud (penyebab atau peristiwa yang melatar belakangi di ungkapkannya hadist) hadits ini. Pada suatu hari ada seorang sahabat Rasulullah Saw yang datang mengeluhkan sakit pada anggota tubuhnya, Ia bernama  Utsman bin Al Ash ra yang merasakan sakit semenjak ia masuk Islam.

Bacaan doanya:

ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِى تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَ ثًا .وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَ تِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya: Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah “Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.” (HR. Muslim)

Berdasarkan hadits diatas, tata cara mengamalkannya adalah

1. Menempelkan tangan dibagian perut.

2. Membaca Basmallah (Bismillah 3x).

3. Dan kemudian membaca doa dibawah ini

Doa Sakit Perut Yang Diajarkan Rasulullah Saw Beserta Latin Terjemahan
Doa Sakit Perut Yang Diajarkan Rasulullah Saw Beserta Latin Terjemahan

أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A’uudzu billaahi waqudrotihi min syarrimaa ‘ajidu wa’uhaadziru

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan”.

2. Doa Sakit Perut Ketika Haid

Setiap perempuan pasti dikodratkan untuk merasakan haid atau menstruasi, tentu kita sebagai seorang perempuan menginginkan hal tersebut karena itu adalah suatu anugrah dan nikmat yang Allah titipkan untuk perempuan. Namun terkadang seorang perempuan merasakan sakit ketika haid atau menstruasi, biasanya nyeri terdapat di bagian pinggul atau bagian perut bawah.

Kalian juga bisa membaca do’a sama seperti diatas:

Baca Juga:  Syarat Wajib Zakat Fitrah, Rukun, Niat zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri & Keluarga

ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِى تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَ ثًا .وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَ تِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya: Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah “Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.” (HR. Muslim)

3. Do’a Sakit Perut Pada Bayi

Bayi juga kerap kali mengalami rasa sakit yang biasanya suka diare (mencret). Pastinya sebagai orang tua akan khawatir jika melihat sang buah hati menangis bahkan keskitan. Selain berdo’a meminta kepada Allah SWT kita juga harus berusaha mencarikan obat yang cocok untuk sang buah hati. Pergilah ke dokter atau bidan terdekat, karena Allah yang menyembuhkan namun dengan syareat dari obat tersebut. Namun tetap kita harus berdo’a untuk sang bayi, agar diberikan kesembuhan dengan segala kasih sayang Allah SWT. Karena Allah lah yang berhak mengangkat segala penyakit yang ada di dalam tubuh manusia.

Berikut ini adalah bacaan do’a nya:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allahumma sholli `ala Sayyidina Muhammadin thibbil qulubi wa dawa-iha wa `afiyatil abdani wa syifa-iha wa nuril abshori wa dhiya-iha wa `ala alihi wa shohbihi wa sallim

Artinya: “Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para shahabat-shahabatnya.”

Nah itulah tadi Doa Sakit Perut Yang Diajarkan Rasulullah Saw Beserta Latin Terjemahan. Semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan dan kesembuhan pada kita semua. Aamiin. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

Baca Juga:  Bacaan Doa Setelah Istinja Beserta Latin & Terjemahannya
4.5 (90.91%) 11 vote[s]