Pengertian Konseling, Fungsi dan Tujuan Bimbingan Konseling (Lengkap)
Pengertian Konseling, Fungsi dan Tujuan Bimbingan Konseling (Lengkap)

Pengertian Konseling, Fungsi dan Tujuan Bimbingan Konseling (Lengkap)

Pengertian Konseling, Fungsi dan Tujuan Bimbingan Konseling (Lengkap) – Pada kesempatan kali ini, Pendidik akan membahas mengenai konseling, istilah konseling sudah tidak asing lagi di dengar, di sekolah-sekolah pun sudah tersedia sendiri ruang bimbingan konseling.

Tahukah kalian pengertian konseling dan tujuan bimbingan konseling? Untuk mengetahuinya kali ini akan dijelaskan secara lengkap. Berikut penjelasannya:

Pengertian Konseling, Fungsi dan Tujuan Bimbingan Konseling (Lengkap)

Pengertian Konseling

Secara umum, konseling adalah suatu proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh para ahli kepada individu yang mengalami masalah yang sedang di hadapinya.

Adapun menurut Abu Ahmadi, konseling merupakan suatu hubungan yang dilakukan secara pribadi dengan bertatap muka antara dua orang ataupun lebih untuk membantu menghadapi masalah yang sedang dialami.

Untuk pendidikan konseling sendiri dibutuhkan untuk kita mengetahui permasalahan yang dialami oleh seseorang tersebut, selain itu kita juga harus memahaminya.

Fungsi Konseling

Adapun fungsi dari bimbingan konseling adalah

1. Fungsi Pemahaman

Yaitu suatu fungsi yang membantu konseli agar memiliki pemahaman terhadap dirinya serta lingkungannya. Sehingga hal tersebut penting untuk dipelajari agar konseli mampu menghadapi setiap ujian yang nanti terjadi.

2. Fungsi Preventif

Yaitu fungsi yang berkaitan dengan cara konselor untuk mengantisipasi berbagai masalah yang nantinya akan di hadapi dan berusaha untuk mencegahnya. Maka dalam hal ini dibutuhkan agar masalah cepat terselesaikan.

3. Fungsi Pengembangan

Yaitu fungsi yang memiliki sifat lebih proaktif daripada fungsi-fungsi yang lainnya. Konselor harus bisa menciptakan suasana belajar yang kondusif yang mampu memfasilitasi konseli dalam proses perkembangan belajar.

4. Fungsi Penyembuhan

Yaitu fungsi yang memiliki sifat kuratif, dan fungsi ini biasanya berkaitan dengan upaya pemberian bantuan kepada konseli yang mengalami masalah baik itu hal menyangkut pribadi maupun sosial.

5. Fungsi Penyaluran

Yaitu fungsi yang memiliki sifat membantu konseli dalam memilihkan kegiatan ekstrakulikuler dan program studi yang nantinya akan ditempuh.

Tujuan Bimbingan Konseling

Kita mesti mengetahui bahwa pendidikan konseling sangat dibutuhkan untuk mengetahui pola pikir yang baik di dalam setiap mememcahkan masalah. Banyak sekali pengalaman yang nantinya akan kita ambil dari ilmu konseling tersebut. Adapun tujuan dari bimbingan konseling diantaranya adalah

1. Memiliki rasa kesadaran terhadap potensi diri dalam aspek belajar, memahami berbagai hambatan yang mungkin dapat terjadi dalam proses belajar yang dialami.

2. Mempunyai sifat positif dalam belajar, seperti kebiasaan membaca buku, menyukai semua mata pelajaran, rajin belajar dan aktif dalam semua kegiatan belajar yang diselenggarakan.

3. Tidak mudah untuk menyerah dan terus belajar dan mempelajari setiap pelajaran yang diberikan.

Pengertian Konseling, Fungsi dan Tujuan Bimbingan Konseling (Lengkap)
Pengertian Konseling, Fungsi dan Tujuan Bimbingan Konseling (Lengkap)

4. Memiliki semangat yang tinggi dalam belajar.

5. Memiliki kesiapan mental dalam menghadapi berbagai macam ujian.

6. Memiliki keterampilan atau tehnik dalam belajar secara efektif, mencatat setiap materi yang diberikan, menggunakan kamus, dan mampu mempersiapkan diri dalam setiap menghadapi ujian.

Demikianlah penjelasan mengenaiΒ Pengertian Konseling, Fungsi dan Tujuan Bimbingan Konseling (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Terimakasih πŸ™‚