Bacaan Doa Setelah Adzan dan Iqomah (Arab, Latin & Terjemahan)
Bacaan Doa Setelah Adzan dan Iqomah (Arab, Latin & Terjemahan)

Bacaan Doa Setelah Adzan dan Iqomah (Arab, Latin & Terjemahan)

Bacaan Doa Setelah Adzan dan Iqomah (Arab, Latin & Terjemahan) – Adzan adalah panggilan untuk umat muslim agar melaksanakan shalat. Arti adzan dalam bahasa Indonesia, diartikan sebagai pertanda masuknya waktu shalat dengan menyebutkan lafadz-lafadz tertentu. Begitupun dengan iqomah yakni pemberitahuan untuk mendirikan shalat dengan menyebut lafadz-lafadz tertentu.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai apa sih bacaan doa setelah adzan dan iqomah. Pendidik kali ini akan membahasnya secara lengkap. Berikut penjelasannya:

Bacaan Doa Setelah Adzan dan Iqomah (Arab, Latin & Terjemahan)

Bacaan Doa Setelah Adzan

Adapun bacaan doa setelah adzan adalah

اَللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allaahumma robba haadzihid da’watit taammati wash sholaatil qooimati aati muhammadanil wasiilata wal fadhiilata wasy syarofa wad darajatal ‘aaliyatar raofii’ata wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtahu, innaka laa tukhliful mii’aada yaa arhamar roohimiina.

Artinya: “Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna, dan sholat yang tetap didirikan, karuniailah nabi Muhammad tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi. tempatkanlah dia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji. wahai dzat yang Maha Penyayang.”

Doa tersebut adalah doa yang diamalkan ketika selesai mendengar adzan. Adapun keutamaan dari membaca doa setelah adzan diatas adalah memperoleh syafa’at dari nabi Muhammad Saw.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam Hadits, yang artinya:

“Dari Jabbir ra sesungguhnya nabi Saw bersabda : siapa yang mengucapkan setelah panggilan adzan : Allahumma rabba hadzihidda watittammah washsholatil qaimah ati Muhammadanil wasilata walfadhilah wab’tshu maqamammahmudanilladzi wa’adtah (Ya Allah tumpuan doa yang sempurna dan sholat yang didirikan ini. berilah kiranya Nabi Muhammad wasilah dan kemuliaan, dan tempatkanlah ia pada kedudukan terhormat yang telah engkau janjikan), pasti ia akan memperoleh syafa’atku pada hari kiamat.” (H.R Bukhari)

Waktu diantara adzan dan iqomah adalah waktu yang baik untuk berdoa, hal ini berdasarkan hadits nabi yang artinya:

Baca Juga:  Pengertian Jual Beli, Syarat, Rukun Beserta Hukumnya Lengkap

“Dari Anas ra sesungguhnya Nabi Saw bersabda: Tidaklah ditolak doa antara adzan dengan iqomah. (H.R Abu daud, Nasa’i dan Turmudzi dan ia mengatakan : hadis ini hasan lagi sahih). Turmudzi menambahkan lagi. mereka bertanya: apa yang akan kami baca Ya Rasulalloh. Rasulullah bersabda: Mohonlah kepada Allah ampunan dan keselamatan di dunia maupun di akhirat.”

Bacaan Doa Setelah Iqomah

Bacaan Doa Setelah Adzan dan Iqomah (Arab, Latin & Terjemahan)
Bacaan Doa Setelah Adzan dan Iqomah (Arab, Latin & Terjemahan)

Adapun bacaan doa setelah iqomah

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

Aqoomahallaahu wa adaamahaa maadamatis samaawaatu wal ardlu

Artinya :”Semoga Allah selalu menegakkan dan mengekalkan adanya shalat selama langit dan bumi masih ada.”

Demikianlah penjelasan mengenai Bacaan Doa Setelah Adzan dan Iqomah (Arab, Latin & Terjemahan). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂