Pengertian Resume, Jenis, Cara Membuat & Perbedaan dengan Ikhtisar
Pengertian Resume, Jenis, Cara Membuat & Perbedaan dengan Ikhtisar

√ Pengertian Resume, Jenis, Cara Membuat & Perbedaan dengan Ikhtisar

Pengertian Resume, Jenis, Cara Membuat & Perbedaan dengan Ikhtisar – Istilah resume sudah sangat tidak asing bagi kita semua terutama pada seorang pelajar karena hal tersebut sudah menjadi bagian daripada tugas-tugas sekolah. Namun tidak semua mengerti arti dari resume, baiklah pada kesempatan kali Pendidik akan memberikan penjelasan mengenai resume yang mencakup pengertian, cara membuat, dan perbedaan antara resume dengan ikhtisar. Untuk itu langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Resume, Jenis, Cara Membuat & Perbedaan dengan Ikhtisar

Berikut ini adalah pengertian dari resume secara jelas.

Pengertian Resume

Secara umum istilah resume diartikan sebagai suatu ringkasan atau rangkuman dari suatu tulisan atau karangan yang panjang yang dipotong atau dipangkas dengan mengambil bagian pokok dari naskah serta menyisihkan rincian dan juga ilustrinya. Adapun arti lain dari resume adalah salah satu cara yang efektif untuk menjelaskan daripada inti maupun pokok dari sebuah informasi yang ingin disampaikan kepada orang lain. Sebagai contoh meresume sebuah buku ataupun karangan, nah disini penulis dapat menjelaskan dengan ringkas isi pikiran seorang pengarang.

Selain itu, dalam dunia kerja istilah “resume” juga dapat digunakan dalam dunia kerja maupun karir yang dapat diartikan sebagai daftar riwayat hidup (curriculum vitae).

Jenis – Jenis Resume

Ada beberapa jenis resume diantaranya adalah ringkasan abstrak, ringkasan stricto sensu dan ikhtisar. Berikut penjelasannya:

1. Ringkasan Abstrak

Ringkasan abstrak adalah suatu ringkasan yang padat dan singkat serta dapat ditemukan dalam suatu karya ilmiah. Dalam penulisannya ringkasan abstrak ini harus sesuai dengan karangan aslinya. Baik itu dari segi kesesuaian bahasa dan juga sudut pandangnya. Sehingga dalam ringkasan abstrak ini hanya boleh menyingkat atau memendekkan teks tanpa merubah bahasa dan sudut pandangnya.

2. Ringkasan Stricto Sensu

Ringkasan stricto sensu adalah suatu hasil dari pencarian isi sebuah tulisan dengan memakai susunan kata sendiri dan merangkum pikiran utama. Adapun ringkasan dari stricto sensu ini lebih mengesampingkan detail, ilustrasi dan lain sebagainya, karena hal tersebut lebih kepada ringkasan abstrak.

Jenis ringkasan stricto sensu ini harus mengikuti urutan proporsi naskah asli dengan tidak mencampurkan pendapat pribadi. Biasanya jenis ringkasan ini digunakan untuk keperluan sekolah, tugas, guru, maupun dosen.

3. Ikhtisar

Ikhtisar adalah suatu ringkasan yang memberikan kebebasan bagi kita dengan catatan hanya berlaku pada tatanan, tujuan, dan juga banyaknya informasi yang hendak ditulis. Namun tetap saja semua yang diringkat harus sesuai dengan isi teks asli.

Cara Membuat Resume

Dalam menulis resume pada hakikatnya tidak begitu sulit karena berpedoman pada tulisan aslinya. Adapun langkah atau cara dalam membuat resume adalah sebagai berikut:

1. Membaca Naskah Asli

Agar kita dapat memahami dan dapat membuat ringkasan dari sebuah cerita ataupun karangan maka hal yang terlebih dahulu dilakukan adalah dengan membaca naskah atau teks aslinya secara berulang ulang sehingga dengan begitu akan lebih mengerti dan memahami maksud dan tujuan dari pengarang.

Dalam sebuah cerita ataupun karangan tentu akan ada beberapa istilah yang sulit untuk dipahami, oleh karena itu dalam membuat resume memerlukan sumber daya lain agar dapat memahami istilah istilah yang sulit.

2. Menemukan Gagasan Utama

Setelah membaca naskah secara berulang ulang dan kita memahami dan mengerti, tentu kita akan menemukan gagasan utama dari pikiran seorang penulis atau pengarang tersebut. Selain itu kita juga perlu mencatat gagasan pikiran atau gagasan utama dari tulisan tersebut sehingga saat kita membuat resume dapat membuat ringkasan yang sesuai.

Gagasan utama atau gagasan pokok tidak selalu ada pada setiap paragraf, oleh karena itu sangat penting untuk kita dapat menemukan gagasan utama agar dalam penulisan resume dapat sesuai dengan apa yang dimaksudkan oleh pengarang dan penulisan resume tidak melebar.

3. Menulis Resume

Setelah kita membaca dan menemukan gagasan utama, langkah selanjuntya adalah menulis resume tersebut. Selain itu dalam penulisan resume harus disesuaikan dengan naskah ataupun teks aslinya. Selain itu penggunaan kata dan kalimat dalam resume juga sebaiknyaa menggambarkan isi dari teks atau karangan selanjutnya. Dan sebaiknya kita tidak boleh menambahkan pendapat pribadi kita pada karangan tersebut, apalagi hal tersebut bertentangan dengan isi pikiran dari penulis.

Selain itu, dalam menulis resume sebaiknya menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan mudah dicerna oleh siapa saja yang membaca. Walaupun pada tulisan atau karangan tersebut terdapat istilah istilah yang tidak di mengerti namun kita dapat meresume nya dengan arti dan maksud dari istilah tersebut sehingga nantinya akan mudah di mengerti dan di pahami oleh pembaca ataupun pendengar.

Dan untuk menulis resume ini tidak perlu menggunakan kata kata yang bertele-tele akan tetapi menggunakan kata yang padat dan ringkas namun mewakili dari pada isi cerita ataupun karangan tersebut.

4. Membaca Ulang Resume Yang Telah Dibuat

Setelah kita melakukan langkah-langkah diatas selanjutnya adalah membaca ulang resume yang telah dibuat tujuannya agar dapat melihat kembali apakah ada kesalahan dalam menulis resume. Adapun beberapa poin yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Penggunaan ejaan yang benar dan baik
  • Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan juga benar
  • Penggunaan tanda baca
  • Memeriksa kembali kesesuaian antara resume dan juga naskah aslinya.

Perbedaan Antara Resume dan Ikhtisar

Adapun perbedaan antara resume dan juga ikhtisar adalah sebagai berikut:

1. Pengertian Ikhtisar

Ikhtisar adalah suatu ringkasan dari karangan yang di buat lebih pendek daripada aslinya. Akan tetapi, ikhtisar tidak mengikuti urutan dari gagasan utama yang membangun karangan tersebut. Dalam pembuatannya ikhtisar harus sesuai dengan pemahaman suatu karangan. Dalam penggunaan kata – katanya harus sesuai dengan pilihan dan tepat dalam menjelaskan inti suatu karangan yang dibaca.

Pengertian Resume, Jenis, Cara Membuat & Perbedaan dengan Ikhtisar
Pengertian Resume, Jenis, Cara Membuat & Perbedaan dengan Ikhtisar

2. Pengertian Resume atau Rangkuman atau Ringkasan

Sedangkan pengertian daripada resume adalah suatu gagasan pokok atau intisari dari suatu tulisan atau karangan yang dibuat dalam bentuk lebih pendek. Selain itu resume juga dalam menulis gagasan utamanya tidak jauh berbeda dengan gagasan utama aslinya atau teks aslinya.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Resume, Jenis, Cara Membuat & Perbedaan dengan Ikhtisar. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂