Pengertian Profesi, Syarat, Ciri, Karakteristik & Contohnya
Pengertian Profesi, Syarat, Ciri, Karakteristik & Contohnya

√ Pengertian Profesi, Syarat, Ciri, Karakteristik & Contohnya

Pengertian Profesi, Syarat, Ciri, Karakteristik & Contohnya – Istilah profesi sudah tidak asing lagi bagi kita semua, hal tersebut berkaitan erat dengan pekerjaan yang sedang dijalankan oleh seseorang. Akan tetapi mungkin diantara kita masih ada yang belum mengetahui lebih jelas tentang profesi secara keilmuan. Pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan penjelasan mengenai pengertian profesi, syarat, ciri karakteristik dan juga contohnya. Untuk itu langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Profesi, Syarat, Ciri, Karakteristik & Contohnya

Berikut ini merupakan pengertian dari profesi baik secara umum maupun menurut ahli.

Pengertian Profesi

Kata “profesi” menyesuaikan dari bahasa Inggris yakni “profession” yang berasal dari bahasa latin yakni “professus”. Keduanya memiliki arti yang sama yaitu kemampuan atau ahli dalam bidang tertentu. Sehingga profesi merupakan suatu pekerjaan yang membutuhkan keahlian tertentu yang mana keahlian tersebut dapat diperoleh dari ilmu pendidikan yang tinggi yang mencakup mental, kepribadian serta sikap yang profesional.

Secara umum, profesi merupakan suatu pekerjaan yang membutuhkan pedidikan dan ilmu pengetahuan tertentu atau memiliki keterampilan khusus, sehingga dapat melakukan pekerjaannya dengan baik.

Adapun seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu disebut sebagai profesional, seperti dokter, arsitek, pengacara, desainer dan lain sebagainya.

Adapun pengertian profesi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Daniel Bell

Profesi merupakan suatu aktivitas intelektual yang mempelajarri termasuk pelatihan yang diselenggarakan secara formal maupun non formal serta memperoleh sertifikat yang dikeluarkan sekelompok ataupun badan yang bertanggung jawab pada suatu keilmuan dalam melayani masyarakat, menggunakan etika layanan profesi dengan cara mengimplikasikan kompetensi dalam mencetuskan ide, kewenangan, keterampilan teknis, moral dan perawat berasumsi adanya tingkatan dalam suatu masyarakat.

2. Peter Jarvis

Profesi merupakan suatu pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan atau studi intelektual maupun pelatihan khusus dimana tujuannya untuk menyediakan suatu pelayanan keterampilan bagi orang lain dengan upah tertentu.

3. Schein E.H

Profesi adalah suatu himpunan pekerjaan yang membangun himpunan norma yang khusus dan berasal dari peran khusus di masyarakat.

4. Hughes E.C

Profesi merupakan suatu pekerjaan dalam bidang tertentu dimana seorang profesional memiliki pengetahun yang lebih baik dari kliennya mengenai sesuatu yang terjadi pada kliennya tersebut.

5. Doni Keosoema

Profesi adalah suatu pekerjaan yang memiliki wujud sebagai jabatan dalam hierarki birokrasi, yang menuntut suatu keahlian dan etika yang khusus untuk jabatan tersebut dan pelayanan baku terhadap masyarakat.

6. Cogan

Profesi adalah suatu keterampilan khusus yang dalam prakteknya berdasarkan atas suatu struktur teoritis tertentu dari beberapa bagian ilmu pengetahuan.

7. Dedi Supriyadi

Profesi adalah suatu pekerjaan maupun jabatan yang menuntun keahlian khusus, tanggung jawab dan setianya terhadap suatu pekerjaan.

Syarat – Syarat Profesi

Adapun syarat-syarat dari profesi diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memiliki suatu pengetahuan yang khusus dalam bidang tertentu

2. Menyertakan berbagai kegiatan intelektual

3. Membutuhkan adanya persiapan tertentu yang cukup lama dan mendalam, dan tidak hanya sekedar latihan saja

4. Membutuhkan latihan yang berkesinambungan dalam melaksanakan suatu pekerjaan maupun jabatannya

5.  Lebih memprioritaskan kepentingan masyarakat dibandingkan dengan kepentingan pribadi

6. Memiliki organisasi para profesional sesuai dengan bidang profesi

7. Adanya kode etik maupun standar baku dalam pelaksanaan pekerjaannya.

Ciri – Ciri Profesi

Adapun ciri-ciri profesi yang harus diketahui diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memiliki keahlian maupun pengetahuan khusus yang sesuai dalam bidang pekerjaan, dimana keahlian dan pengetahuan tersebut diperoleh dari pendidikan  maupun pengalaman.

2. Terdapat kaidah maupun standar moral yang tinggi dan berlaku bagi para profesional berdasarkan kegiatan pada kode etik profesi.

3. Dalam pelaksanaan profesi harus lebih mengutamakan kepentingan masyarakat dibandingkan kepentingan pribadi.

4. Harus mendapatkan izin khusus dalam menjalankan profesinya sesuai dengan bidang profesinya.

5. Biasanya seorang profesional adalah anggota suatu organisasi profesi dalam bidang tertentu.

Karakteristik Profesi

Ada beberapa karakteristik profesi yang membedakan dengan pekerjaan biasa, berikut adalah karakteristik dari profesi:

1. Memiliki pendidikan yang ekstensif, yakni proses pendidikan yang dilakukan cukup lama sesuai dengan jenjang pendidikan yang tinggi bagi profesi yang prestisius.

2. Memiliki keahlian berdasarkan pengetahuan teoritis, yakni seorang profesional memiliki pengetahuan teoretis yang ekstensif serta keahlian dalam mempraktikkan keahlian tersebut.

3. Adanya pelatihan institusional, yakni suatu pelatihan untuk memperoleh pengalaman yang praktis sebelum menjadi anggota penuh organisasi profesi.

4. Adanya ujian kompetensi, yakni suatu ujian mengenai pengetahuan dalam bidang tertentu dimana umumnya terdapat syarat untuk lulus tes yang menguji pengetahuan teoritis.

5. Terdapat lisensi, yakni sertifikasi dalam bidang tertentu sehingga profesional dianggap memiliki keahlian serta dianggap dapat dipercaya.

6. Adanya asosiasi profesional, yakni organisasi suatu profesi memiliki tujuan untuk meningkatkan status para anggotanya.

7. Adanya otonomi kerja, yakni suatu pengendalian kerja dan pengetahuan teoretis para profesional untuk menghindari campur tangan dari luar.

8. Kode etik profesi, yakni suatu prosedur dari sebuah organisasi profesional yang mengatur anggotanya agar bekerja sesuai dengan aturan.

9. Status dan imbalan yang tinggi, yakni seorang profesional yang sukses akan memperoleh status yang tinggi, prestise, imbalan, yang layak sebagai pengakuan terhadap layanan yang diberikan kepada publik.

10. Mengatur diri, yakni seorang profesional diatur oleh sebuah organisasi profesi dengan tanpa adanya campur tangan dari pemerintah.

11. Layanan publik dan altruisme, yakni suatu pendapatan maupun penghasilan dari kerja profesi yang telah dipertahakan selama berkaitan dengan keperluan masyarakat.

Contoh Profesi

Sebenarnya ada banyak sekali profesi yang ada di Indonesia, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Dokter, merupakan seorang yang memiliki pengetahuan yang baik dalam hal kesehatan

2. Arsitektur, merupakan seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang merancang, mendesain, serta melaksanakan pengawasan konstruksi bangunan

3. Pengacara, adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang hukum, dimana seorang tersebut dipercaya untuk memberikan pembelaan terhadap orang lain yang memiliki masalah hukum atau penyelesaian kasus hukum

Pengertian Profesi, Syarat, Ciri, Karakteristik & Contohnya
Pengertian Profesi, Syarat, Ciri, Karakteristik & Contohnya

4. Perawat, adalah seorang yang memiliki keahlian khusus dalam merawat dan membantu pemulihan orang yang sakit.

5. Akuntan, adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang akuntansi serta hal lainnya yang berkaitan dengan keuangan.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Profesi, Syarat, Ciri, Karakteristik & Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan khususnya tentang pembahasan mengenai ruang lingkup profesi. Terimakasih 🙂