Pengertian SIG, Komponen, Manfaat & Ruang Lingkup Lengkap
Pengertian SIG, Komponen, Manfaat & Ruang Lingkup Lengkap

Pengertian SIG, Komponen, Manfaat & Ruang Lingkup Lengkap

Pengertian SIG, Komponen, Manfaat & Ruang Lingkup Lengkap – Pada kesempatan kali ini Pendidik akan membahas mengenai SIG atau sistem informasi geografis yang mecakup pengertian, manfaat, komponen dan juga ruang lingkupnya. Nah untuk mengetahui penjelasannya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian SIG, Komponen, Manfaat & Ruang Lingkup Lengkap

Pengertian SIG (Sistem Informasi Geografis)

SIG merupakan suatu sistem informasi yang khusus mengolah data dan mempunyai informasi spasial atau berefrensi keruangan. Adapun pengertian lain dari SIG sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk menyimpan, membangun, mengelola dan juga menampilkan informasi berefrensi geografis, seperti data identifikasi berdasar lokasi dalam database.

Komponen SIG (Sistem Informasi Geografis)

1. Perangkat Keras (Hardware)

Yakni suatu perangkat fisik yang menjadi bagian dari sistem komputer yang dapat mendukung analisis pemetaan dan geografi. Perangkat ini memiliki kemampuan untuk menyajikan citra dengan resolusi dan kecepatan yang tinggi serta mendukung operasi yang berbasis data dengan jumlah volume data besar dan cepat. Perangkat keras ini terdiri dari:

  • Pengimput data
  • Pengolah data
  • Pencetak hasil proses

Sedangkan menurut prosesnya Input data: mouse,, digitizer, scanner. Olah data: harddisk, processor, RAM, VGA Card. Output data: plotter, printer, screening.

Baca Juga:  Pengertian Atmosfer, Lapisan, Serta Manfaatnya Lengkap

2. Perangkat Lunak (Software)

Yakni perangkat yang dipakai untuk melaksanakan proses menyimpan, menganalisis, memvisualkan data secara spasial ataupun non-spasial. Perangkat ini terdiri dari:

  • Data Base Management System (DBMS)
  • Alat untuk analisa data
  • Alat untuk menayangkan data dari hasil analisa
  • Alat untuk mengimput dan memanipulasi data SIG

3. Data

Berdasarkan prinsipnya terdiri dari 2 yakni

  • Data spasial, yakni perwujudan nyata dari suatu daerah yang ada dipermukaan bumi. Umumnya dipersentasikan dalam bentuk gambar, peta yang berformat digital dan dapat disimpan dalam bentuk koordinat x,y (vektor) atau image (raster) yang mempunyai nilai tertentu.
  • Data non-spasial, yakni suatu data berupa tabel yang memiliki informasi yang dimiliki oleh objek dalam data spasial. Data ini dapat berbentuk data tabular yang satu sama lain di integrasikan dengan data spasial yang ada.

4. Manusia

Manusia adalah suatu elemen pokok dari SIG karena manusia merupakan perencana sekaligus pengguna SIG. Dalam penggunaannya SIG memiliki tingkatan dari mulai mengolah hingga membantu pekerjaan sehari-hari.

5. Metode

Dalam setiap metode yang dimanfaatkan dalam SIG akan berbeda. SIG yang terbaik akan terikat pada aspek desain dan realnya.

Manfaat SIG (Sistem Informasi Geografis)

Adapun beberapa manfaat dari SIG diantaranya adalah

1. Inventarisasi sumber daya alam

2. Sebagai manajemen tata guna lahan

3. Untuk pengawasan daerah bencana alam

4. Sebagai bidang perencanaan kota dan wilayah, yang mencakup bidang sumber daya, bidang perencanaan ruang, bidang manajemen atau sarana prasarana, bidang pariwisata, bidang transportasi, bidang sosial dan juga budaya.

Ruang Lingkup SIG (Sistem Informasi Geografis)

Adapun ruang lingkup SIG terdiri atas 5 proses tahapan dasar diantaranya adalah

1. Input Data

Pada proses ini digunakan untuk memasukkan daya spasial dan data non-spasial. Data spasial dapat berbentuk peta analog. SIG ini dapat memakai peta analog yang dikonversi ke bentuk peta digital dengan memakai alat digitizer.

Baca Juga:  Pengertian Iklim Menurut Ahli Klimatologi, Unsur-Unsur, Karakteristik, Macam, dan Jenis Terlengkap

2. Manipulasi Data

SIG dapat melaksanakan fungsi edit yang baik untuk data spasial ataupun non-spasial. Tipe data yang diperlukan SIG harus sesuai dengan sistem yang dipakai.

3. Manajemen Data

Pengolahan data non-spasial adalah terdiri dari pemakaian DBMS untuk menyimpan data yang ukurannya besar.

4. Query dan Analisis

Query yakni suatu proses analisis yang dilaksanakan secara tabular. Adapun SIG dapat melakukan 2 jenis analisis data, secara fundamental diantaranya

  • Proximity, yakni suatu analisis geografi yang berbasis jarak antar layer. SIG menggunakan proses buffering untuk menentukan dekatnya hubungan antar sifat bagian yang ada.
  • Overlay, yakni suatu proses penyatuan data lapisan layer yang berbeda. Sederhananya overlay adalah operasi visual yang membutuhkan lebih dari satu layer untuk disatukan secara fisik.
Pengertian SIG, Komponen, Manfaat & Ruang Lingkup Lengkap
Pengertian SIG, Komponen, Manfaat & Ruang Lingkup Lengkap

5. Visualisasi

Tipe operasi geografis adalah hasil akhir yang paling baik yang ditampilkan dalam bentuk peta ataupun grafik yang sangat efektif untuk menyimpan dan memberikan informasi geografis.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian SIG, Komponen, Manfaat & Ruang Lingkup Lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂

5 (100%) 6 votes