Pengertian Geografi, Objek, Ruang Lingkup, Cabang & Manfaat
Pengertian Geografi, Objek, Ruang Lingkup, Cabang & Manfaat

√ Pengertian Geografi, Objek, Ruang Lingkup, Cabang & Manfaat

Pengertian Geografi, Objek, Ruang Lingkup, Cabang & Manfaat – Geografi sudah di pelajari pada sekolah menengah pertama, bahkan sudah tidak asing lagi tentunya bagi kita mendengar istilah geografi. Namun masih ada diantara kita yang belum mengetahui apa itu geografi, apa saja yang dipelajari dari ilmu geografi ini. Baiklah pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan penjelasan mengenai geografi yang mencakup pengertian, objek, konsep, ruang lingkup, cabang dan juga manfaatnya. Untuk mengetahuinya yuk langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Geografi, Objek, Ruang Lingkup, Cabang & Manfaat

Berikut ini merupakan pengertian dari geografi secara umum dan menurut para ahli.

Pengertian Geografi

Geografi berasal dari kata “Geo” yang artinya bumi, dan “Graphien” yang berarti menggambar, menulis dan atau menjelaskan. Sehingga geografi merupakan suatu ilmu yang menggambarkan atau menjelaskan tentang bumi.

Arti lain dari geografi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari khusus mengenai lokasi dan persamaan serta perbedaannya yakni kekurangan atas fenomena fisik dan manusia yang ada di atas permukaan bumi.

Geografi Menurut Para Ahli

1. John Mackinder

Geografi merupakan suatu ilmu atau kajian tentang kaitan atau hubungan manusia dengan alam sekitarnya.

2. Claudius Ptolomaeus

Geografi merupakan suatu bentuk penyajian dengan melalui sebuah peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.

3. Mustafa Bisri

Geografi merupakan suatu cabang ilmu yang menguraikan tentang permukaan bumi, penduduk, iklim, flora dan fauna, dan basil – basil yang terdapat di bumi.

4. Prof. Bintarto

Geografi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang kausal gejala – gejala yang ada di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun tentang kehidupan makhluk hidup serta permasalahannya dengan melalui pendekatan keruangan, lingkungan, serta regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.

5. Ikatan Geografi Indonesia (IGI)

Geografi adalah suatu ilmu yang mempelajari persamaan serta perbedaan fenomena geosfer dengan menggunakan sudut pandang kewilayahan, dan kelingkungan dalam konteks keruangan.

Objek Geografi

Adapun objek geografi terdiri dari dua diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Objek Material

Objek material merupakan suatu objek yang meninjau segala fenomena di permukaan bumi baik fisik maupun sosial. Adapun cakupan dari objek material diantaranya adalah tanah, iklim, dan air. Dan objek material juga terdiri dari lapisan – lapisan bumi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Atmosfer yakni lapisan udara.
  • Lithosfer adalah lapisan bebatuan.
  • Hidrosfer adalah lapisan perairan.
  • Biosfer adalah lapisan kehidupan.
  • Antroposfer adalah lapisan kehidupan manusia.

2. Objek Formal

Objek formal merupakan suatu sudut pandang gejala alam sebagai suatu objek material geografi. Adapun objek formal ini dibagi ke dalam beberapa ospek diantaranya adalah

  • Aspek keruangan, yakni aspek yang mempelajari suatu wilayah baik dari segi nilai suatu tempat, mengenai letak, jarak ataupun keterjangkauan.
  • Aspek lingkungan, yakni aspek yang mempelajari suatu tempat serta hubungan antara keadaannya dengan komponen – komponennya dalam kesatuan wilayah.
  • Aspek kewilayahan, yakni aspek yang mempelajari perbedaan dan persamaan wilayah maupun ciri khas wilayah.
  • Aspek waktu, yakni aspek yang mempelajari perkembangan wilayah dengan berdasarkan periode waktu maupun perubahan dari waktu ke waktu.

Ruang Lingkup Geografi

Adapun ruang lingkup geografi secara garis besar terdiri dari tiga diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Geografi Fisik

Geografi fisik merupakan suatu cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang kondisi fisik pada permukaan bumi termasuk fenomena maupun peristiwa yang pernah terjadi di muka bumi. Ada beberapa ruang lingkup yang ada di dalam geografi fisik ini yakni seluruh gejala yang terjadi di atmosfer (lapisan udara), pedosfer (lapisan tanah), litosfer (lapisan batuan), biosfer (lapisan kehidupan), hidrosfer (lapisan air) dan antroposfer (ruang angkasa).

Selain itu, geografi fisik juga mencakup keadaan yang ada pada lingkungan geosfer seperti iklim, relief, bentuk dan segala sesuatu yang mempengaruhi kehidupan manusia seperti daratan, udara dan juga air.

2. Geografi Sosial

Geografi sosial merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang seluruh kegiatan manusia di bumi serta hubungannya dengan lingkungan hidupnya. Adapun ruang lingkup geografi sosial diantaranya adalah budaya, ekonomi, sosial dan teknologi.

3. Geografi Regional

Geografi regional merupakan suatu cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang hal – hal khusus yang terjadi di suatu daerah seperti desa, kota, provinsi, dan negara. Selain itu, geografi regional juga mempelajari tentang hal – hal khusus pada suatu wilayah, baik dari segi aspek sosial, maupun aspek fisik.

Cabang Ilmu Geografi

Cabang ilmu geografi terdiri dari banyak cabang ilmu, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Biogeogragi, yakni cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang distribusi organisme di permukaan bumi.

2. Hidrologi, yakni cabang ilmu yang mempelajari tentang distribusi, pergerakan, siklus, sumber daya, serta kualitas air yang ada di seluruh bumi.

3. Paleontologi, yakni cabang ilmu yang mempelajari tentang sejarah kehidupan di bumi, termasuk tumbuhan, hewan di jaman prasejarah yang telah menjadi fosil.

4. Hidrogeologi, yakni cabang hidrologi yang fokus mempelajari tentang pergerakan air dalam tanah dan batuan pada kerak bumi.

5. Geologi, yakni cabang ilmu yang mempelajari tentang bumi secara khusus mulai dari komposisi, sturktur, fisik, sifat, serta proses pembentukannya.

6. Oseanografi, yakni cabang ilmu yang mempelajari tentang semua hal yang berkaitan dengan lautan.

7. Geomorfologi, yakni cabang ilmu yang mempelajari tentang bentuk lahan dan proses yang dapat mengakibatkan bentuk lahan.

8. Geokimia, yakni cabang ilmu pengetahuan tentang kompisisi kimia yang merupakan bagian dari bumi.

9. Mineralogi, yakni cabang ilmu yang mempelajari tentang mineral, mulai dari sifat kimia, struktur kristal dan fisika dari mineral tersebut.

10. Geofisika, yakni cabang ilmu yang mempelajari tentang bumi dalam kaitannya dengan prisnip fisika.

11. Vulkanologi, yakni cabang ilmu yang mempelajari tentang gunung berapi, magma, lava dan juga fenomena geologi yang berkaitan.

12. Petrologi, yakni cabang ilmu yang mempelajari tentang batuan dan kondisi pembentukannya.

13. Antropologi, yakni cabang ilmu yang mempelajari tentang manusia yakni ciri, bentuk fisik, warna kulit, masyarakat, serta kebudayaan manusianya.

14. Demografi, yakni cabang ilmu yang mempelajari tentang penduduk mulai dari komposisi penduduk sampai jumlah penduduk suatu wilayah.

15. Astronomi, yakni cabang ilmu yang mempelajari tentang benda – benda langit di luar atmosfer bumi, seperti bulan, matahari dan lain sebagainya.

16. Geografi Matematik, yaitu cabang ilmu geografi yang berkaitan dengan perkiraan ukuran, bentuk dan gerakan bumi.

17. Geografi Historik, yaitu cabang ilmu yang mempelajari tentang sejarah dan perkembangan bumi.

18. Geografi Regional, yaitu cabang ilmu yang khusus mempelajari wilayah maupun kawasan tertentu yang ada di bumi.

19. Geografi Politik, yaitu cabang ilmu yang fokus melakukan pengkajian tentang kondisi politik untuk kepentingan negara secara geografis.

Pengertian Geografi, Objek, Ruang Lingkup, Cabang & Manfaat
Pengertian Geografi, Objek, Ruang Lingkup, Cabang & Manfaat

Manfaat Geografi

Ada beberapa manfaat dalam mempelajari ilmu geografi diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Dapat mengetahui prubahan iklim

2. Dapat mengetahui keadaan dan jenis tanah

3. Dapat mengetahui informasi keadaan lingkungan

4. Pemetaan potensi pertanian daerah

5. Sebagai informasi potensi alam daerah

6. Sebagai pengarah pembangunan daerah

7. Sebagai pemetaan daerah rawan bencana

8. Sebagai potensi ekonomi wilayah

9. Dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Geografi, Objek, Ruang Lingkup, Cabang & Manfaat. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂