Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli (Terlengkap)

2 min read

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli (Terlengkap) – Pada pembahasan kali ini, Pendidik akan membahas tentang pengertian pemasaran menurut para ahli. Pemasaran seringkali digunakan sebagai salah satu kegiatan yang dapat memajukan kelangsungan suatu usaha atau bisnis. Tanpa adanya proses pemasaran maka, suatu usaha tidak dapat berkembang dengan baik.

Nah untuk mendalami lebih lanjut mengenai pengertian pemasaran, berikut ini akan dijelaskan berbagai pengertian pemasaran menurut para ahlinya, yang dapat dijadikan sebagai salah satu referensi.

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli (Terlengkap)

Sebelum membahas mengenai pengertian pemasaran menurut para ahli, akan terlebih dahulu kita bahas pengertian secara umum. Pemasaran secara umum adalah suatu hal yang mengkaitkan kegiatan produksi dengan konsumsi. Untuk pemasaran sendiri ada beberapa kegiatan yang melibatkan suatu konsumen, permintaan konsumen, penetapan harga, penerapan produk baru, periklanan, penentuan posisi, analisis pasar, umpan balik, review, pendistribusian, penjualan, komunikasi serta identifikasi perancangan dan juga pengembangan produk.

Selain itu, pemasaran juga menjadi penentu barang maupun jasa apa yang akan dijual. Dengan demikian pemasaran pada hakikatnya adalah beberapa kegiatan yang saling berkaitan dan merupakan suatu sistem.

Adapun pengertian menurut para ahli akan dijelaskan sebagai berikut:

Kotler

Untuk mengawali pengertian pemasaran menurut Kotler, pemasaran merupakan suatu proses sosial dan manajerial yang didalam individunya dan kelompoknya mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menawarkan, menciptakan, dan menukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.

Baca Juga:  Pengertian Pemasaran, Jenis, Fungsi dan Tugasnya (Lengkap)

Downey

Pemasaran merupakan salah satu telaah terhadap aliran produk secara fisik dan ekonomik dari produsennya melalui pedagang hingga sampai ke tangan konsumen.

William J. Stanton

Salah satu tokoh ternama yakni William J. Stanton juga turut mengungkapkan pendapatnya mengenai pemasaran yang didalamnya terdapat suatu perencanaan baik dalam penentuan harga, promosi, maupun distribusi barang dan jasa yang tujuannya dapat membuat para konsumen puas akan pelayanan.

Kotler (2001)

Masih dari pendapat yang sama yaitu Kotler, pemasaran merupakan salah satu bentuk aktivitas kegiatan manusia yang memiliki suatu landasan untuk mendapatkan kebutuhan dan keinginan melalui suatu proses baik pertukaran, penawaran dan masih banyak lagi.

Basu dan Hani

Menurut dua tokoh diatas, mereka berpendapat mengenai pemasaran yaitu suatu proses kegiatan perencanaan dalam pengelolaan suatu barang dan jasa, hingga proses promosi maupun pendistribusiannya yang dalam keseluruhan mempunyai tujuan untuk memenuhi kebutuhan maupun memperoleh keuntungan dari kegiatan pemasaran tersebut.

Firdaus

Menurut pendapat Firdaus, mengenai pemasaran yakni salah satu kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang seperti pengusaha guna dapat mempertahankan suatu kelangsungan hidup, memenuhi kebutuhan juga mendapatkan suatu keuntungan.

Assauri

Merujuk dari pengertian manajemen pemasaran yaitu terdapat suatu perencanaan dan evaluasi, dikatakan demikian, karena pemasaran mencakup pelaksanaan, perencanaan, serta distribusi baik dalam hal pertukaran maupun keuntungan untuk dapat memenuhi kebutuhan.

Swasta (1996)

Dalam salah satu buku yang diterbitkan oleh Swasta dikemukakan definisi pemasaran yang mengarah pada suatu aktivitas pemenuh kebutuhan, baik dari penjual maupun pembeli yang dalam kegiatannya melakukan proses tawar menawar dan tukar menukar dengan tujuan menjalin hubungan untuk mendapatkan keuntungan demi memenuhi kebutuhan.

Koller dan Amstrong

Kedua tokoh diatas juga mengemukakan pendapat mengenai pemasaran yakni salah satu strategi dan proses managerial baik pribadi maupun kelompok dengan tujuan saling memenuhi kebutuhan dan berkembang melalui pertukaran produk yang memiliki nilai jual tersendiri bagi konsumen.

Baca Juga:  √ Pengertian Asuransi, Jenis, Fungsi, Tujuan & Manfaatnya

Wikipedia

Menurut salah satu perpustakaan online yaitu wikipedia, pemasaran merupakan salah satu bentuk dari suatu proses membangun hubungan komunikasi antar kelompok yang bertujuan untuk melakukan tukar-menukar dan jual beli barang maupun jasa untuk memenuhi kebutuhan.

Lamb, Hair dan Mc.Daniel

Pemasaran merupakan suatu proses dari perencanaan dan mengatur konsep, promosi, penetapan harga, dan distribusi layanan dan untuk menciptakan pertukaran yang memiliki tujuan individu dan organisasi.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pemasaran merupakan suatu proses, cara, kegiatan dalam memasarkan barang dagangan yakni perihal menyebarluaskan dikalangan masyarakat pada umumnya.

Demikian penjelasan mengenai Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Sekian dan Terimakasih.