Pengertian Kalimat Menurut Para Ahlinya Terlengkap

Pengertian Kalimat Menurut Para Ahlinya Terlengkap – Pada kesempatan kali ini kita akan menjelaskan mengenai kalimat. Oke sahabat ruangpengetahuan, sudah tidak asing lagi jika kita mendengar istilah kalimat. Kalimat menjadi kebutuhan sehari-hari dalam melakukan proses komunikasi. Baik itu komunikasi secara lisan maupun tulisan. Kebutuhan akan belajar kalimat menjadi kebutuhan dasar yang harus dimiliki.

Pemahaman tentang kalimat sangatlah penting. Kalimat sangat dibutuhkan dalam berbagai macam bentuk komunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Kebutuhan akan belajar kalimat menjadi kebutuhan dasar yang harus dimiliki. Nah untuk mengetahui pengertian kalimat, simaklah penjelasan sebagai berikut

Pengertian Kalimat Menurut Para Ahlinya Terlengkap

Pengertian Kalimat Mneurut Para Ahli

1. Slamet Muljana (1969)

Kalimat merupakan keseluruhan pemakaian kata yang berlagu, yang disusun menurut sistem bahasa yang bersangkutan, mungkin yang dipakai hanya satu kata, atau mungkin lebih.

2. Sutan Takdir Alisyahbana (1978)

Kalimat adalah satuan terkecil dari resepsi lengkap.

3. Dardjo Widojo (1988:254)

Kalimat merupakan bagian terkecil dari suatu ujaran atau teks (wacana) yang mengungkapkan pikiran yang utuh secara ketatabahasaan. Pandangannya terhadap kalimat yang di dasarkan sebuah teks, baik itu teks eksplasi, eksposisi, narasi, dan lain sebagainya. Sehingga beliau dapat menyimpulkan bahwa kalimat merupakan unsur yang terkecil.

4. Keraf (1978)

Kalimat adalah satuan gramatik yang ditandai dengan kesenyapan awal dan kesenyapan akhir yang menunjukkan kalimat tersebut sudah selesai (lengkap).

Baca Juga:  Pengertian Berita, Jenis, Ciri dan Syaratnya (Lengkap)

5. M. Ramlan (1996)

Kalimat adalah suatu gramatikal yang dibatasi oleh adanya jeda panjang yang disertai nada akhir turun atau naik.

6. J.S Badudu (1994)

Kalimat haruslah berbentuk utuh sebagai sebuah kesatuan yaitu dimensi bentuk dan dimensi isi.

7. Arifin dan Tasai

Kalimat merupakan suatu bahasan terkecil, dalam bentuk lisan maupun tulisan, yang mengungkapkan pikiran yang utuh. Sekurang-kurangnya kalimat dalam ragam resmi baik lisan maupun tulisan harus memiliki subjek dan predikat.

8. Kridalaksana (2001)

Kalimat adalah satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, memiliki pola intonasi final dan secara aktual maupun potensi yang terdiri dari klausa; klausa bebas yang menjadi bagian kognitif percakapan;  satuan proposisi yang merupakan gabungan klausa atau merupakan satu klausa, yang membentuk satuan bebas; Jawaban minimal, seruan, salam, dan lain sebagainya.

9. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kalimat adalah /Ka-li-mat/ nonima (1) kesatuan ujar yang mengungkapkan suatu konsep pikiran dan perasaan; (2) perkataan; linguistik (3) Satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi final dan secara aktual maupun potensial terdiri atas klausa.

Dari beberapa pengertian kalimat menurut para ahli dan juga menurut kamus besar bahasa Indonesia, secara umum dapat disimpulkan bahwa kalimat adalah suatu susunan kata yang memiliki kesatuan bentuk guna untuk dalam strukutur terkecil yang memiliki makna lengkap baik itu dari penuturan kata secara lisan maupuun tulisan.

Sehingga dengan adanya sebuah kalimat yang setidaknya berisi subjek dan predikat kita dapat memahami sebuah makna, sehingga dapat berkomunikasi.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Kalimat Menurut Para Ahlinya Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Terimakasih 🙂

5 (100%) 7 vote[s]
Baca Juga:  21 Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli Terlengkap