Pengertian Iklan, Ciri-Ciri, Jenis, Syarat dan Manfaatnya Lengkap

Pengertian Iklan, Ciri-Ciri, Jenis, Syarat dan Manfaatnya Lengkap – Pada kesempatan kali ini, ruangpengetahuan akan menjelaskan mengenai iklan. Sudah tidak asing lagi mendengar istilah iklan, iklan sangat mudah ditemukan diberbagai media dan tempat. Mulai dari media cetak, elektronik, internet sampai tempat tempat umum.

Tujuan dari iklan tersebut adalah untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat supaya lebih cepat dan tepat sasaran. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian iklan, ciri-ciri, jenis, syarat dan juga manfaatnya simaklah penjelasan sebagai berikut:

Pengertian Iklan, Ciri-Ciri, Jenis, Syarat dan Manfaatnya Lengkap

Pengertian Iklan

Pengertian iklan menurut para ahli:

1. Gilson dan Berkman

Iklan adalah sebuah media komunikasi persuasif yang dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan respon dan membantu tercapainya objektifitas ataupun tujuan pemasaran.

2. Kriyantono

Iklan adalah suatu bentuk komunikasi non personal yang menjual pesan-pesan secara persuasif dari sponsor yang jelas guna untuk mempengaruhi orang agar membeli produk dengan membayar biaya untuk media yang digunakan.

3. Wells

Iklan adalah salah satu bentuk komunikasi non-personal yang dibayar oleh pihak sponsor dengan menggunakan media massa yang bertujuan untuk mempengaruhi atau membujuk audience (pembaca, pendengar, atau penonton).

Baca Juga:  Pengertian Rehabilitasi Beserta Manfaat dan Jenisnya (Bahasan Lengkap)

4. Kamus Besar Bahsa Indonesia

Iklan adalah berita atau pesan untuk mendorong atau mempengaruhi (membujuk) khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Pemberitahuan kepada umum, mengenai barang atau jasa yang dijual dan dipasang di media massa ataupun ditempat umum.

Ciri-Ciri Iklan

Adapun ciri-ciri iklan yang membedakan dengan jenis informasi lainnya adalah sebagai berikut:

1. Informatif

Informatif artinya iklan memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang adanya sebuah produk (barang atau jasa) yang dibutuhkan oleh masyarakat. Informasi yang umumnya diberikan adalah nama produk, kegunaan produyk, kualitas produk dan juga harga produk.

2. Komunikatif

Komunikatif artinya iklan menggunakan bahasa persuasi yang berupa ajakan kepada target (masyarakat) untuk mengambil suatu tindakan. Untuk iklan komersil berhubungan dengan pembelian produk atau penggunaan jasa. Sedangkan iklan non-komersil adalah mengajak masyarakat untuk melakukan tindakan tertentu sesuai tujuan iklan.

3. Efektif

Berhubungan dengan sisi kualitas iklan. Menggunakan kata yang singkat dan jelas untuk iklan cetak. Seperti durasi singkat pada iklan televisi dan radio. Space iklan yang standar bahkan kecil untuk iklan outdor.

4. Menarik

Dalam hal ini, umumnya iklan dibuat dengan menggunakan jasa artis sebagai bintang iklan, menggunakan media ilutrator gambar agar menarik. Pembuatan iklan membutuhkan ide yang segar agar bisa menarik perhatian masyarakat. Dan ide tersebut sesuai dengan perkembangan zaman.

Jenis-Jenis Iklan

Adapun jenis-jenis iklan dikelompokkan menjadi:

1. Jenis Iklan Berdasarkan Media

a. Iklan Cetak

Iklan cetak adalah iklan yang dimuat pada media cetak seperti koran dan majalah. Pembayaran jenis iklan ini berdasarkan pada durasi pemuatan iklan, ukuran iklan, dan juga warna dari iklan tersebut.

Baca Juga:  Pengertian Wawancara, Jenis, Tujuan, dan Fungsinya Terlengkap
b. Iklan Elektronik

Iklan elektronik adalah iklan yang ditayangkan pada media elektronik seperti televisi dan radio. Sama halnya dengan iklan cetak, iklan jenis ini juga dalam hal pembayaran disesuaikan berdasarkan kuantitas penayangan iklan. Pada jenis iklan ini, ada yang disampaikan secara langsung oleh penyiar, iklan jenis ini disebut dengan ad lib.

c. Iklan Internet

Iklan internet adalah iklan yang ditayangkan oleh media internet. Yakni menggunakan website atau blog, media sosial. Iklan jenis ini mulai digemari oleh pelaku bisnis karena tingginya animo masyarakat melakukan transaksi secara online. Pembayaran jenis iklan ini sangat beragam, mulai dari hitungan klik, ukuran banner iklan, penayangan dan lain sebagainya.

d. Iklan Outdor

Iklan Outdor merupakan iklan yang dipasang ditempat-tempat umum, dan dilihat secara langsung oleh pengguna fasilitas umum. Iklan jenis ini berupa Billboard dan Baliho. Pembayaran iklan ini berdasarkan pada ukuran Billboard dan juga tampilannya. Seiring berkembangnya zaman, teknologi ini juga tidak hanya berupa gambar statis akan tetapi bisa berupa animasi dan video yang tentunya akan lebih menraik.

2. Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

a. Iklan Komersial

Iklan jenis ini dibuat untuk tujuan bisnis. Iklan yang dibuat untuk memperkenalkan sebuah produk yang berupa barang maupun jasa kepada masyarakat. Tujuan jenis iklan ini adalah untuk memperoleh keuntungan secara langsung dari feedback masyarakat terhadap iklan tersebut.

b. Iklan Non-Komersial

Ikan non-komersial adalah kebalikan dari komersial yakni tidak ditujukan untuk bisnis. Dengan kata lain disebut iklan layanan masyarakat. Tujuan iklan ini adalah untuk menjaga stabilitas sosial masyarakat. Seperti contoh melakukan tindakan pencegahan terhadap penyakit.

Manfaat Iklan

Adapoun manfaat dari iklan terdapat tiga pihak yang memperoleh manfaatnya yakni pemilik iklan, penyedia jasa periklanan, dan masyarakat. Berikut penjelasannya:

Baca Juga:  Pengertian Teks Prosedur, Ciri, Tujuan, Macam, & Strukturnya Lengkap

1. Untuk Pemilik Iklan

Manfaat untuk pemilik iklan adalah mendapatkan keuntungan yang berupa respon dari masyarakat. Respon tersebut yang nantinya akan berubah menjadi pembelian atau tindakan nyata sesuai dengan tujuan iklan dibuat.

2. Untuk Penayang

Manfaat untuk penayang adalah memperoleh bayaran atau jasa yang diberikan berupa space iklan yang disewa atau digunakan berdasarkan kesepakatan antara pemilik iklan dan penayang. Dalam hal ini umumnya pemilik media periklanan yang membuat aturan dan dipatuhi oleh pemilik iklan.

3. Untuk Masyarakat

Manfaat iklan untuk masyarakat adalah memperoleh informasi terbaru tentang sebuah produk tersebut. Produk yang bisa jadi sangat dibutuhkan dalam mengatasi masalah, memudahkan pekerjaan dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Iklan, Ciri-Ciri, Jenis, Syarat dan Manfaatnya Lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Terimakasih 🙂

5 (100%) 8 vote[s]