Pengertian Pemasaran, Jenis, Fungsi dan Tugasnya (Lengkap)
Pengertian Pemasaran, Jenis, Fungsi dan Tugasnya (Lengkap)

Pengertian Pemasaran, Jenis, Fungsi dan Tugasnya (Lengkap)

Pengertian Pemasaran, Jenis, Fungsi dan Tugasnya (Lengkap) – Jika sebelumnya Pendidik membahas mengenai 11 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli dan Pengertian Strategi Pemasaran, namun kali ini akan membahas mengenai pemasaran yang mencakup pengertian, jenis, fungsi dan juga tujuannya. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Pemasaran, Jenis, Fungsi dan Tugasnya (Lengkap)

Pengertian Pemasaran

Secara umum pemasaran merupakan suatu kegiatan yang menyeluruh, terpadu dan juga terencana, yang dilakukan oleh sebuah organisasi ataupun institusi dalam melakukan usaha agar mampu mengkomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk yang bernilai jual, menentukan harga, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi konsumen, klien, mitra, dan juga masyarakat umum.

Adapun definisi pemasaran lebih identik dengan proses pengenalan produk atau servis kepada konsumen yang potensial. Aspek-aspek untuk pemasaran meliputi periklanan, public relation, promosi dan penjualan.

Pengertian pemasaran menurut para ahli dapat dilihat di 11 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli.

Jenis-Jenis Pemasaran

Dalam pemasaran, ada beberapa jenisnya diantaranya adalah

1. Word of Mouth Marketing

Word of Mouth Marketing merupakan jenis marketing yang calon konsumen mendapatkan informasi produk dari customer lain. Promosi dari mulut ke mulut atau Word of Mouth Marketing disampaikan secara oral dan sangat exited ingin membagikan informasi penting ini pada orang lain. Meskipun strategi ini dikenal cukup tua, namun cara ini masih sangat ampuh sampai sekarang.pengertian pemasaran secara umum

Baca Juga:  37 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Terlengkap

2. Call to Action (CTA)

Call to Action (CTA) jenis marketing yang memanfaatkan website yang memakai text, grafik dan elemen web yang lainnya. Cara ini cukup ampuh untuk menarik konsumen online dengan jangkauan yang lebih luas. Pemasaran dengan CTA harus benar-benar spesifik karena biasanya pengunjung lebih suka mencari produk berdasarkan kata kunci.

3. Relationship Marketing

Pada jenis pemasaran ini banyak yang berpendapat jauh lebih efektif. Bahkan banyak sekali perusahaan yang melakukan hal ini ketimbang menghabiskan dana untuk menggaet konsumen baru. Karena kebanyakan pelanggan loyal saat meluncurkan produk baru.

4. Cloud Marketing

Cloud Marketing merupakan jenis pemasaran yang memasukkan seluruh sumberdaya nya dan juga asetnya melalui online. Salah satu contohnya adalah affiliate program yang dilakukan oleh Amazon.

5. PR Marketing

Jenis pemasaran yang paling penting adalah Public Relations. Banyak sekali perusahaan yang bekerjasama dengan media untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya produk mereka dan keuntungan yang dimiliki saat produk ini dimiliki oleh konsumen.

Fungsi Pemasaran

Pemasaran atau marketing adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan juga kepuasan konsumen. Adapun fungsi pemasaran diantaranya adalah

1. Fungsi Pertukaran

Adanya suatu pemasaran, konsumen dapat mengetahui dan membeli sebuah produk yang dijual oleh produsen, baik dengan menukar produk dengan uang ataupun menukar produk dengan produk. Produk dapat digunakan untuk keperluan sendiri ataupun  dijual kembali untuk mendapatkan laba.

2. Fungsi Distribusi Fisik

Proses pemasaran juga dapat dalam bentuk distribusi fisik terhadap sebuah produk, dimana distribusi dilakukan dengan cara menyimpan atau mengangkut produk tersebut.

Proses pengangkutan dapat dilakukan melalui udara, darat dan air. Sedangkan dalam kegiatan menyimpan produk dengan cara menjaga pasokan produk agar tersedia ketika dibutuhkan.

Baca Juga:  Fungsi Manajemen, Tujuan, Unsur, dan Jenisnya Terlengkap

3. Fungsi Perantara

Yakni aktivitas penyampaian produk dari produsen ke konsumen yang dilakukan melalui perantara marketing atau pemasaran yang menghubungkan kegiatan pertukaran dengan distribusi fisik.

Pada proses ini terjadi kegiatan pembiayaan, pencarian informasi, klasifikasi produk dan lain sebagainya.

Tugas Pemasaran

Adapun beberapa tugas dari pemasaran diantaranya adalah

1. Memperkenalkan Produk

Yakni memperkenalkan produk yang diciptakan oleh sebuah perusahaan kepada masyarakat.

2. Mencapai Target Penjualan

Target penjualan produk harus ditetapkan sejak awal. Tim marketing harus mempunyai cara untuk mencapai sebuah target dengan selalu memperhatikan kebutuhan dan juga kegiatan pasar.

3. Memastikan Kepuasan Konsumen

Yakni dengan memastikan kepuasan konsumen terhadap produk, maka proses pemasaran itu sendiri dianggap berhasil.

4. Membuat Strategi Lanjutan

Strategi yang dapat digunakan ada banyak sekali salah satu contohnya adalah memberikan diskon. Strategi lanjutan bertujuan untuk memperoleh target profit yang lebih besar dari strategi sebelumnya seperti menawarkan produk lainnya kepada konsumen untuk memperoleh harga diskon.

5. Bekerjasama dengan Mitra

Marketing bertugas menjalin hubungan baik dengan masyarakat, khususnya pelanggan, serta menjadi media yang menjembatani hubungan perusahaan dengan lingkungan eksternal.

Pengertian Pemasaran, Jenis, Fungsi dan Tugasnya (Lengkap)
Pengertian Pemasaran, Jenis, Fungsi dan Tugasnya (Lengkap)

6. Membuat Rekapitulasi Penjualan

Tim marketing harus membuat rekap data penjualan dengan benar dan juga terstruktur. Data penjualan tersebut sangat dibutuhkan untuk menentukan strategi dan target pemasaran di masa yang akan datang.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Pemasaran, Jenis, Fungsi dan Tugasnya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂

5 (100%) 6 votes