Pengertian Masyarakat, Ciri dan Fungsinya (Lengkap)
Pengertian Masyarakat, Ciri dan Fungsinya (Lengkap)

Pengertian Masyarakat, Ciri dan Fungsinya (Lengkap)

Pengertian Masyarakat, Ciri dan Fungsinya (Lengkap) – Pada kesempatan kali ini, Pendidik akan membahas mengenai pengertian masyarakat, ciri dan juga fungsinya. Nah untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Masyarakat, Ciri dan Fungsinya (Lengkap)

Pengertian Masyarakat

Secara umum, masyarakat adalah sekumpulan orang yang hidup secara bersama-sama, bekerjasama untuk mendapatkan kepentingan bersama yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma dan adat istiadat yang dipatuhi dalam lingkungannya.

Adapun pengertian masyarakat menurut para ahli adalah

1. Abdul Syani

Masyarakat adalah Bersama, berkumpul, hidup bersama, saling berhubungan dan saling mempengaruhi.

2. Paul B.

Masyarakat adalah sekumpulan manusia yang secara relatif mandiri, yang hidup bersama sama cukup lama dan menempati suatu wilayah tertentu, memiliki kebudayaan yang sama dan melakukan sebagian besar kegiatan dalam kelompok itu.

3. Soerjono Soekanto

Masyarakat adalah suatu proses terjadinya interaksi sosial, suatu interaksi sosial tidak akan mungkin terjadi jika tidak memenuhi dua syarat yaitu kontak sosial dan komunikasi.

Ciri-Ciri Masyarakat

Adapun ciri-ciri dari masyarakat diantaranya adalah

1. Manusia Yang Hidup Berkelompok

Manusia hidup secara bersama-sama dan kemudian membentuk suatu kelompok. Dari kelompok itulah mereka akan mengenali satu sama lain dan saling ketergantungan.

Baca Juga:  Pengertian Konflik Sosial, Jenis, Faktor dan Dampaknya (Lengkap)

2. Melahirkan Kebudayaan

Suatu masyarakat pasti memiliki kebudayaan. Masyarakat akan melahirkan suatu budaya, kemudian budaya tersebut diwariskan dari generasi ke generasi dengan adanya proses penyesuaian.

3. Mengalami Perubahan

Masyarakat akan mengalami perubahan, perubahan tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor yang berasal dari masyarakat itu sendiri. Contohnya terdapat penemuan baru yang dapat menimbulkan suatu perubahan kepada masyarakat tersebut.

4. Manusia Yang Berinteraksi

Suatu komunikasi akan berlaku jika masyarakat bertemu satu sama lain.

5. Terdapat Kepemimpinan

Pada awalnya dalam masyarakat melayu kepemimpinannya bercorak tertutup karena pemilihannya berdaarkan keturunan.

6. Terdapat Stratifikasi Sosial

Stratifikasi sosial adalah keberadaan salah seorang pada suatu kedudukan dan peranan yang harus dilakukan dalam suatu masyarakat.

Fungsi Masyarakat

Adapun masyarakat berfungsi sebagai:

1. Social Alignment

Yakni suatu sistem dengan pengelompokkan berdasarkan kekerabatan, jenis kelamin, umur, berbagai bentuk  dari perkumpulan yang berdasarkan pekerjaan sama, kedudukan atau status peranan.

2. Social Controls

Yakni sebuah sistem dan juga proses yang bertujuan untuk mengatur kegiatan dan juga tingkah laku dari tiap individu masyarakat. Sistem ini disebut juga sebagai sistem pengendalian sosial yang bertujuan untuk mengendalikan anggota masyarakat untuk mengatur kehidupannya.

3. Social Media

Yakni perlengkapan dan peralatan yang dapat berbentuk benda ataupun bahasa yang kemudian dapat dijadikan sebagai media bagi para anggota masyarakat untuk melangsungkan interaksi dan komunikasi dengan sesamanya.

Pengertian Masyarakat, Ciri dan Fungsinya (Lengkap)
Pengertian Masyarakat, Ciri dan Fungsinya (Lengkap)

4. Social Standart

Yakni suatu ukuran sosial yang digunakan untuk menilai dan menentukan seluruh kegiatan dan menilai efektif atau tidaknya suatu kegiatan.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Masyarakat, Ciri dan Fungsinya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂

5 (100%) 6 votes