Pengertian Paradigma Menurut Ahli, Macam & Contohnya (Lengkap)
Pengertian Paradigma Menurut Ahli, Macam & Contohnya (Lengkap)

√ Pengertian Paradigma Menurut Ahli, Macam & Contohnya (Lengkap)

Pengertian Paradigma Menurut Ahli, Macam & Contohnya (Lengkap) – Istilah paradigma tergolong istilah yang jarang terdengar dalam kehidupan kita sehari-hari. Paradigma lebih cenderung merujuk pada pola pikir ataupun teknis penyelesaian masalah yang dilakukan oleh manusia. Meskipun jarang terdengar dalam kehidupan sehari-hari kita harus mengetahui apa itu paradigma. Pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan penjelasan mengenai paradigma menurut para ahli, macam dan juga contohnya. Untuk itu langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Paradigma Menurut Ahli, Macam & Contohnya (Lengkap)

Paradigma sangat erat kaitannya dengan prinsip-prinsip dasar yang menentukan berbagai macam pandangan manusia terhadap dunia sebagai bagian dari sistem bricoluer. Sebuah paradigma biasanya terdiri dari tiga elemen utama yakni elemen metodologi, elemen epistemologi, serta elemen ontologi. Dengan menggunakan tiga elemen tersebut, manusia dapat menggunakan paradigma untuk meraih berbagai macam pengetahuan mengenai dunia serta berbagai macam fenomena yang terjadi di dalamnya.

Pengertian Paradigma

Secara umum, paradigma merupakan cara orang melihat diri mereka sendiri serta lingkungan yang akan mempengaruhi pemikiran (kognitif), sikap (afektif) dan juga perilaku (konatif). Arti lain dari paradigma adalah seperangkat asumsi, konsep dan nilai-nilai serta praktek yang diterapkan dalam memandang suatu kenyataan dalam sebuah komunitas yang sama, khususnya, disiplin intelektual.

Adapun pengertian paradigma menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Menurut Patton(1975)

Paradigma merupakan suatu pandangan dunia, sebuah sudut pandang umum, maupun cara untuk menguraikan kompleksitas dunia nyata (realitas).

2. Menurut George Ritzer(1980)

Paradigma merupakan suatu pandangan mendasar ilmuwan tentang apa materi pelajaran harus dipelajari oleh suatu cabang maupun disiplin, serta apa aturan yang harus diikuti dalam mengartikan suatu informasi yang akan dikumpulkan untuk menanggapi isu-isu tersebut.

3. Menurut Robert Friedrichs(1970)

Paradigma merupakan suatu dasar pandangan disiplin pada materi pelajaran yang harus dipelajari.

4. Menurut Harmon (dalam Moleong, 2004: 49)

Paradigma merupakan suatu cara mendasar untuk memahami, berpikir, kemudian menilai, serta melakukan yang berhubungan dengan sesuatu yang khusus tentang realitas.

5. Menurut Biklen

Paradigma merupakan suatu kumpulan sejumlah asumsi, konsep, maupun proposisi logis terkait yang mengarahkan cara berpikir serta penelitian.

6. Menurut Bogdan (dalam Mackenzie & Knipe, 2006)

Paradigma merupakan sekumpulan longgar sejumlah asumsi konsep ataupun proposi logis terkait, yang mengarahkan cara berpikir dan juga penelitian.

7. Menurut Manion

Paradigma merupakan studi filosofis pelaksanaan tujuan ataupun motif.

8. Menurut Emzir (2008: 9)

Paradigma adalah asumsi psikologis tentang pembentukan tuntutan pengetahuan (klaim pengetahuan), prosedur penyelidikan (strategi penyelidikan), serta prosedur jaringan dan analisis data dan juga pelaporan (metode penelitian).

9. Menurut Thomas Kuhn

Paradigma merupakan suatu landasan berpikir ataupun konsep dasar yang digunakan atau dianut sebagai model ataupun pola yang dimaksud para ilmuan dalam usahanya dengan mengandalkan studi keilmuan yang diandalkannya.

10. Menurut C. J. Ritzer

Menurut C. J. Ritzer, paradigma adalah pandangan mendasar para ilmuan mengenai apa yang menjadi pokok permasalahan yang seharusnya dipelajari oleh satu cabang ilmu pengetahuan tertentu.

11. Menurut Guba

Paradigma merupakan sekumpulan keyakinan dasar yang membimbing tindakan manusia.

Macam – Macam Paradigma

Adapun macam-macam paradigma adalah sebagai berikut:

  1. Paradigma Politik
  2. Paradigma Ekonomi
  3. Paradigma Hukum
  4. Paradigma Sosial Budaya
  5. Paradigma Bidang Kehidupan Antar Beragama.

Teori Paradigma

Teori paradigma merupakan sebuah teori umum yang membantu para ilmuwan untuk bekerja dibidang tertentu untuk bekerja dalam suatu kerangka teoritis yang luas. Menurut filsuf Thomas Kuhn disebut “skema konseptual” ilmuwan. Untuk teori paradigma memberi ilmuwan asumsi dasar, konsep kunci dan metodologi. Teori paradigma memberikan sebuah penelitian mereka arah dan tujuan umum. Adapun contoh teori paradigma yang merupakan model teladan ilmiah yang baik dalam disiplin tertentu.

  • Model geosentris Ptolemy tentang alam semesta (dengan bumi sebagai pusat)
  • Fisika Aristoteles
  • Mekanika Galileo
  • Astronomi heliosentris Copernicus (dengan matahari di tengah)
  • Teori evolusi Darwin
  • Teori relativitas Einstein
  • Teori abad pertengahan dari empat “humor” dalam kedokteran
  • Teori gravitasi Newton
  • Teori atom Dalton
  • Mekanika kuantum
  • Teori lempeng tektonik dalam geologi
  • Teori kuman dalam kedokteran
  • Teori gen dalam biologi.

Contoh Paradigma

Adapun contoh-contoh dari suatu paradigma adalah sebagai berikut:

1. Pancasila Sebagai Paradigma

Maksudnya adalah pancasila sebagai pedoman untuk menghadapi berbagai aspek dan berbagai permasalahannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, guna mencapai tujuan nasional.

a. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Nasional

Maksudnya adalah bahwa

  • Untuk mencapai tujuan nasional membutuhkan pembangunan nasional.
  • Pembangunan nasional merupakan suatu usaha peningkatan kualitas manusia serta masyarakat Indonesia yang dilakukan secara berkelanjutan berdasarkan kemampuan nasional dengan memanfaatkan kemajuan iptek, memperhatikan tantangan global, dan juga mengacu kepada kepribadian bangsa dan nilai-nilai luhur universal untuk mewujudkan kehidupan bangsa yang mandiri, berdaulat, berkeadilan, sejahtera, maju, dan dengan kekukuhan moral dan etika.
  • Pembangunan nasional pada dasarnya adalah sebagai suatu tindakan pengamalan nilai-nilai dari pancasila.
  • Pancasila merupakan dasar, pedoman serta tujuan dari pembangunan nasional.

2. Filsafat Pancasila

Penjelasan mengenai filsafat pancasila adalah sebagai berikut:

  • Filsafat berasal dari bahasa yunani philosophia (philos = mencari atau mencintai, dan shopia = kebenaran atau kebijaksanaan).
  • Arti filsafat berarti mencari kebenaran, mencintai kebijaksanaan.
  • Tujuan filsafat merupakan untuk menemukan suatu kebenaran sedalam-dalamnya.
  • Filsafat pancasila adalah suatu falsafah hidup bangsa Indonesia yang berfungsi sebagai pegangan, pedoman maupun petunjuk dalam kehidupan sehari-hari.
  • Filsafat pancasila pada hakikatnya berasal dan digali dari kepribadian bangsa yang telah melekat, berakar, dan karenanya merupakan suatu cerminan kebudayaan bangsa Indonesia.

3. Pelaksanaan Dalam Pengamalan Pancasila

Penjelasan dari pengamalan pancasila adalah sebagai berikut:

Pengertian Paradigma Menurut Ahli, Macam & Contohnya (Lengkap)
Pengertian Paradigma Menurut Ahli, Macam & Contohnya (Lengkap)
  • Pelaksanaan pancasila merupakan suatu tindakan yang menerapkan nilai-nilai pancasila yang dilakukan oleh setiap warganegara sebagai sebuah kewajiban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan juga bernegara.
  • Pengamalan pancasila merupakan suatu pelaksanaan nilai-nilai pancasila yang dilakukan oleh setiap warga negara Indonesia dengan penuh kesadaran dan juga rasa tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan juga bernegara.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai Pengertian Paradigma Menurut Ahli, Macam & Contohnya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan. Terimakasih 🙂