Pengertian Indikator, Jenis dan Fungsinya (Bahasan Lengkap)
Pengertian Indikator, Jenis dan Fungsinya (Bahasan Lengkap)

√ Pengertian Indikator, Jenis dan Fungsinya (Bahasan Lengkap)

Pengertian Indikator, Jenis dan Fungsinya (Bahasan Lengkap) – Istilah indikator sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Kata indikator biasanya sering ditemukan pada bidang pembelajaran, penelitian kimia, skripsi, dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan penjelasan mengenai indikator yang mencakup pengertian, jenis, dan juga fungsinya. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Indikator, Jenis dan Fungsinya (Bahasan Lengkap)

Pengertian Indikator

Secara umum pengertian indikator merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai standar dasar atau petunjuk juga acuan dalam mengukur adanya perubahan pada suatu kegiatan ataupun kejadian.

Arti lain dari indikator adalah suatu variabel atau kendali yang dapat digunakan untuk mengukur perubahan yang terjadi pada sebuah kejadian ataupun kegiatan. Indikator dapat digunakan sebagai evaluasi suatu keadaan atau kemungkinan dilakukan pengukuran terhadap perubahan-perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu.

Penggunaan indikator ini cukup banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari seperti pada mesin penanak nasi (rice cooker). Semua rice cooker pasti memiliki lampu indikator sebagai penanda nasi sudah masak atau belum.

Pengertian Indikator Menurut Para Ahli

1. Darwin Syah

Indikator adalah suatu ciri atau tanda yang menandakan bahwa siswa telah memenuhi standar kompetensi pendidikan yang telah ditetapkan atau diberlakukan.

2. Lawrence Green

Indikator adalah suatu variabel yang menunjukkan atau mengindikasikan kepada pengguna tentang kondisi tertentu sehingga dapat digunakan untuk mengukur perubahan yang terjadi.

Baca Juga:  Pengertian Berita, Jenis, Ciri dan Syaratnya (Lengkap)

3. Wilson R. dan T. Sapanuchart

Indikator merupakan ukuran yang tidak langsung dari suatu kondisi ataupun kejadian. Seperti berat badan bayi berdasarkan umur adalah suatu indikator terhadap status gizi bayi tersebut.

4. World Health Organization (WHO)

Indikator adalah suatu variabel yang dapat membantu penggunanya dalam kegiatan pengukuran berbagai macam perubahan yang terjadi baik secara langsung maupun tidak langsung.

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Indikator adalah segala sesuatu yang dapat memberikan petunjuk atau keterangan.

Jenis-Jenis Indikator

Adapun jenis-jenis indikator diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Indikator Pendidikan

Indikator pendidikan merupakan salah satu bentuk indikator yang dapat dijumpai pada semua instansi pendidikan. Indikator dijadikan sebagai penilaian untuk mengetahui tingkat pemahaman dan penguasaan materi oleh peserta didik. Indikator ini bersifat wajib dan harus dibuat oleh pengelola pendidikan.

Adapun fungsi dari indikator pendidikan adalah untuk menilai efektivitas pendidikan yang diberikan kepada peserta didik dan sebagai kompetensi dasar yang bersifat spesifik serta menyeluruh. Dengan kata lain indikator adalah ukuran perilaku dalam mencapai kompetensi dasar pada sebuah mata pelajaran.

2. Indikator Kerja

Indikator kerja adalah sebagai tolak ukur para karyawan dalam menjaga kualitas pekerjaan sesuai dengan standar kebutuhan perusahaan. Indikator dalam  kerja adalah kualitas kinerja setiap pekerjanya atau karyawan yakni kedisiplinan atau ketepatan waktu, kualitas atau kuantitas pekerjaan, kemandirian, efektivitas dan juga beberapa parameter lainnya.

Efektivitas yang dimaksud seperti tenaga, uang, bahan baku dan teknologi. Indikator dilakukan supaya dapat memberikan suatu apresiasi atau insentif pada pekerja atau karyawan yang bersangkutan.

3. Indikator Penelitian

Indikator dalam penelitian biasanya digunakan dalam bidang sains. Seperti indikator yang dapat diaplikasikan untuk penelitian yaitu indikator asam basa. Seorang peneliti akan mengukur tingkat keasaman atau basa pada sampel dengan menggunakan indikator tersebut.

Baca Juga:  7 Cara Cepat Mendapatkan Jodoh Dalam Islam dan Amalan Mustajab Yang Harus Dilakukan

Fungsi Indikator

Secara umum fungsi indikator adalah sebagai berikut:

1. Sebagai alat penunjuk adanya perubahan di dalam suatu kegiatan atau kejadian tertentu.

2. Sebagai pedoman bagi pengguna dalam menyusun alat ukur.

3. Sebagai pedoman dalam merencanakan dan melaksanakan segala sesuatu yang berkaitan dengan suatu kegiatan.

4. Sebagai upaya dalam meningkatkan dan mengembangkan suatu kegiatan sesuai dengan karakteristik, potensi, kebutuhan, dan lingkungan.

 Pengertian Indikator, Jenis dan Fungsinya (Bahasan Lengkap)
Pengertian Indikator, Jenis dan Fungsinya (Bahasan Lengkap)

5. Sebagai pedoman dalam memberikan penilaian terhadap hasil suatu kegiatan.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai Pengertian Indikator, Jenis dan Fungsinya (Bahasan Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂