Pengertian Global Warming, Penyebab dan Dampaknya (Lengkap)
Pengertian Global Warming, Penyebab dan Dampaknya (Lengkap)

Pengertian Global Warming, Penyebab dan Dampaknya (Lengkap)

Pengertian Global Warming, Penyebab dan Dampaknya (Lengkap) – Kali ini Pendidik akan membahas mengenai global warming. Untuk mengetahui pengertian global warming, penyebab dan juga dampaknya, langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Global Warming, Penyebab dan Dampaknya (Lengkap)

Pengertian Global Warming

Secara umum, pengertian global warming adalah suatu proses peningkatan suhu rata-rata di bumi, baik itu pada lapisan atmosfer, daratan dan juga lautan. Global warming ini sangat erat kaitannya dengan pencemaran udara di seluruh dunia.

Adapun pengertian global warming menurut para ahli adalah:

1. Agen Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat

Global warming adalah peningkatan suhu rata-rata dipermukaan bumi, baik yang telah berlalu maupun yang sedang terjadi saat ini. Efek rumah kaca adalah  penyebab pemanasan global yang paling besar sehingga menyebabkan perubahan iklim.

2. Asosiasi Energi Matahari New Mexico, Amerika Serikat

Global warming adalah peningkatan suhu atau temperatur rata-rata di permukaan bumi sebagai dampak dari efek rumah kaca. Efek rumah kaca tersebut adalah peristiwa terperangkapnya panas di bumi karena terhalang oleh gas emisi seperti karbondioksida (asap kendaraan bermotor, asap pabrik atau industri atau kebakaran hutan) di atmosfer.

Baca Juga:  Pengertian Komitmen, Tujuan, Ciri dan Contohnya Terlengkap

3. National Wildlife Federation

Global warming adalah peningkatan suhu udara di bumi yang mengakibatkan terjadinya berbagai bencana alam, seperti badai, kekeringan, banjir dan lain sebagainya.

4. Natural Resources Defense Council (NRDC)

Global warming adalah peningkatan suhu udara karena terperangkapnya panas di atmosfer oleh gas karbondioksida yang dapaat mengancam perubahan iklim dan dapat menimbulkan bencana di permukaan bumi.

Penyebab atau Faktor Global Warming

Adapun pemanasan global terjadi karena gaya hidup manusia, pola konsumsi, dan juga teknologi yang ada di berbagai negara maju. Ada beberapa negara maju yang menjadi penyumbang terbesar global warming seperti Amerika Serikat, Inggris, Rusia, Cina dan lain-lain.

Adapun faktor lain penyebab global warming adalah

1. Efek Rumah Kaca

Gedung-gedung yang bertingkat tinggi serta rumah dengan konsep bangunan kaca tidak dapat menyerap panas matahari dan akan memantulkan cahaya matahari ke atmosfir. Panas tersebut kemudian tertahan dan tertangkap di atmosfir oleh polusi udara dan karbondioksida metana, sulfur dioksida, dan uap air.

Panas yang tidak terserap tersebut kemudian kembali ke permukaan bumi dan tersimpan disana. Proses ini terjadi dalam jangka waktu yang lama dan mengakibatkan suhu rata-rata di permukaan bumi terus meningkat.

2. Polusi Karbondioksida

Karbon dioksida ini berasal dari berbagai aktivitas manusia mulai dari proses pembakaran pada mesin kendaraan, mesin pabrik dan industri, pembangkit listrik berbahan bakar fosil dan lain sebagainya. Polusi karbondioksida merupakan penyumbang terbesar penyebab global warming yang terjadi saat ini. Hal ini semakin memburuk disebabkan oleh tingginya pengguna motor di berbagai belahan dunia.

3. Penggunaan Bahan Kimia

Penggunaan bahan kimia, yang merupakan produk yang digunakan oleh manusia dan juga kebutuhan lainnya, salah satu diantaranya adalah pupuk tanam. Walaupun dianggap berbahaya namun penggunaan pupuk tanam masih tetap digunakan. Pupuk kimia mengandung gas nitrogen oksida yang kapasitasnya mencapai 300 kali lebih panas dibandingkan dengan karbon dioksida.

Baca Juga:  Pengertian Globalisasi, Faktor, Teori dan Dampaknya (Lengkap)

4. Penebangan dan Pembakaran Hutan

Penebangan dan pembakaran secara liar juga dapat menyebabkan terjadinya global warming. Seperti yang kita ketahui bahwa pohon-pohon di hutan dibutuhkan untuk menyumbang oksigen bagi makhluk hidup di bumi.

Selain mengakibatkan polusi udara, penebangan dan pembakaran hutan juga dapat mengakibatkan hilangnya sebagian paru-paru dunia untuk mendaur ulang karbon dioksida.

Dampak Global Warming

Secara umum, dampak global warming adalah terjadinya peningkatan suhu rata-rata di bumi. Adapun dampak global warming yang lain diantaranya adalah

1. Perubahan Iklim dan Cuaca

Perubahan iklim dan cuaca di berbagai belahan dunia, hal ini disebabkan karena kondisi atmosfir yang berubah di berbagai lokasi akibat pemanasan global tersebut.

2. Hujan Asam

Asap dari hasil pembakaran batubara dan minyak akan menghasilkan emisi SO dan nitrogen oksida, jika kedua gas tersebut bereaksi  di udara maka akan menghasilkan asam nitrat, asam sulfat. Inilah yang mengakibatkan terjadinya hujan asam.

3. Permukaan Laut Naik

Es yang mencair dari kutub utara dan selatan akan mengalir menuju laut, dan permukaan air laut secara perlahan akan semakin tinggi. Menurut beberapa ilmuwan, sepanjang abad 20 permukaan air laut telah naik hingga 25 cm, dan diperkirakan akan terus naik hingga 88 cm. Tentu hal ini akan menjadikan permukaan bumi semakin berkurang.

4. Ekologis Terganggu

Global warming akan berdampak pada semua makhluk hidup, termasuk hewan dan juga tumbuhan. Sehingga hal ini dapat mengakibatkan hewan melakukan migrasi ke tempat lain.

5. Es Kutub Utara dan Selatan Mencair

Sebagian besar area kutub utara dan selatan tertutup oleh es yang dapat memantulkan cahaya matahari. Sehingga global warming akan membuat es di kutub utara dan selatan mencair.

Baca Juga:  Pengertian Pers, Dasar Hukum, Ciri, Fungsi, Peran dan Jenisnya Lengkap

Hal tersebut menyebabkan panas matahari akan banyak terserap dan menimbulkan panas. Percepatan mencairnya es akan membuat berbagai binatang di kutub utara dan selatan kehilangan habitatnya.

6. Lapisan Ozon Menipis

Global warming akan mengakibatkan lapisan ozon ini semakin menipis bahkan rusak. Dampak lapisan ozon ini adalah sinar matahari yang langsung mengenai kulit manusia. Sinar ultraviolet yang langsung mengenai kulit dapat mengakibatkan penyakit kulit bahkan kanker kulit.

7. Pergantian Musim Berubah

Pengertian Global Warming, Penyebab dan Dampaknya (Lengkap)
Pengertian Global Warming, Penyebab dan Dampaknya (Lengkap)

Siklus musim di wilayah bumi akan mengalami perubahan atau menjadi tidak teratur karena adanya pemanasan global. Hal ini menyebabkan perubahan musim hujan dan musim kemarau. Dampak pergantian musin terjadi pada industri pertanian dan peternakan. Misalnya musim tanam dan panen yang tidak jelas mengakibatkan hasil pertanian dan peternakan menurun.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Global Warming, Penyebab dan Dampaknya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂