Pengertian Analisis, Metode, Langkah, Tujuan & Tekniknya Lengkap

Pengertian Analisis, Metode, Langkah, Tujuan & Tekniknya Lengkap – Pada kesempatan kali ini, pendidik akan membahas mengenai analisis. Pada saat kita menemukan suatu masalah atau ingin melakukan sebuah penelitian, salah satu hal yang harus dilakukan adalah menganalisis.

Hal ini perlu dilakukan, demi mendapatkan kesimpulan atau solusi dari permasalahan tersebut. Nah untuk mengetahui pengertian analisis, metode, langkah, tujuan dan juga tekniknya, simaklah penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Analisis, Metode, Langkah, Tujuan & Tekniknya Lengkap

Pengertian Analisis

Secara umum, analisis merupakan suatu kegiatan berpikir untuk menguraikan suatu hal menjadi bagian-bagian atau komponen tertentu sehingga bisa diketahui ciri atau tanda pada setiap bagian, hubungan antar bagian satu sama lain, dan juga fungsinya dari bagian masing-masing. Adapun pengertian analisis menurut para ahli adalah

1. Gorys Keraf

Analisis merupakan suatu proses untuk memecahkan sesuatu ke dalam bagian-bagian yang saling berhubungan satu sama lain.

2. Harahap

Analisis merupakan pemecahan atau penguraian suatu unit menjadi beberapa unit terkecil.

3. Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa

Analisis adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa yang bertujuan untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya (apa perkaranya, apa penyebabnya, dan lain sebagainya).

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Analisis adalah Penguraian suatu pokok dari berbagai bagian, penelaahan bagian itu sendiri, dan juga hubungan antar bagian demi mendapatkan pengertian atau maksud yang tepat dan pemahaman secara keseluruhan.

Metode Analisis

Adapun metode analisis secara umum terbagi menjadi dua, diantaranya adalah

1. Analisis Data Secara Kualitatif

Pada analisis data kualitatif ini tidak menggunakan alat statistik, namun dilakukan dengan menginterpretasi tabel, grafik, maupun angka-angka yang ada, baru kemudian melakukan penguraian dan penafsiran.

2. Analisis Data Secara Kuantitaif

Analisis data secara kuantitatif adalah suatu metode analisis yang menggunakan alat statistik. Dengan kata lain, analisis dilakukan berdasarkan dasar-dasar statistik. Ada dua jenis alat statistik yang umumnya digunakan, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial.

Langkah-Langkah Analisis

Berikut ini adalah hal-hal yang harus dilakukan ketika melakukan analisis, diantaranya adalah

1. Mengumpulkan data-data yang penting.

2. Memerika kembali kejelasan dan kelengkapan tentang pengisian instrumen pengumpulan data.

3. Melakukan kegiatan pencatatan data ke dalam tabel-tabel induk atau tabulasi.

4. Melakukan suatu proses identifikasi dan klasifikasi dari setiap pernyataan yang ada dalam instrumen pengumpulan data berdasarkan variabel yang akan dianalisis.

5. Melakukan pengujian terhadap kualitas data, yakni dengan menguji validitas dan juga menguji reliabilitas instrumen dari pengumpulan data.

6. Menyajikan data yang berbentuk tabel frekuensi maupun diagram agar lebih mudah untuk memahami ataupun menganalisis karakteristik data.

7. Menguji hipotesis. Yakni pada langkah ini melakukan pengujian terhadap hipotesis apakah isinya benar atau tidak.

Tujuan Analisis

Secara umum tujuan analisis adalah untuk menggambarkan (mendeskripsikan) data sehingga mudah dipahami, membuat dugaan (hipotesis), menguji hipotesis, serta membuat kesimpulan berdasarkan hasil pengujian hipotesis.

Teknik Analisis

Adapun teknik analisis, ada dua jenis yang umumnya digunakan, diantaranya adalah

1. Teknik Analisis Data Secara Deskriptif

Teknik analisis data deskriptif adalah suatu teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara menggambarkan atau mendeskripsikan data yang telah dikumpulkan seadanya tanpa ada maksud untuk membuat generalisasi dari hasil penelitian. Contoh analisis data secara deskriptif, adalah penyajian data dalam bentukΒ  tabel, diagram, mean, modus, grafik, presentase, frekuensi, dan lain sebagainya.

2. Teknik Analisis Data Secara Inferensial

Teknin analisis data secara inferensial adalah statistik yang digunakan dalam melakukan analisis data dengan cara menarik kesimpulan yang berlaku secara umum. Ciri dari teknik ini adalah dengan menggunakan rumus statistik tertentu, kemudian hasil perhitungannya akan menjadi dasar dari pembuatan generalisasi. Umumnya teknik analisis data secara inferensial digunakan untuk penelitian sampel.

Demikianlah penjelasan mengenaiΒ Pengertian Analisis, Metode, Langkah, Tujuan & Tekniknya Lengkap. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih πŸ™‚