Motivasi Adalah: Pengertian, Jenis, Teori, Fungsi & Tujuan

2 min read

Motivasi Adalah: Pengertian, Jenis, Teori, Fungsi & Tujuan

Motivasi Adalah: Pengertian, Jenis, Teori, Fungsi & Tujuan – Istilah motivasi sudah sangat tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari.  Motivasi adalah sebuah dorongan atau dukungan untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

Pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan penjelasan mengenai motivasi secara lengkapnya. Berikut penjelasannya:

Motivasi Adalah: Pengertian, Jenis, Teori, Fungsi & Tujuan

Berikut penjelasannya:

Pengertian Motivasi

Secara bahasa, motivasi berasal dari bahasa Inggris “motivation”, yang berarti “dorongan” atau “daya batin”. Sedangkan secara istilah motivasi adalah segala sesuatu yang mendorong seseorang untuk melakukan tindakan untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat serta memiliki tujuan tertentu.

Arti lain dari motivasi adalah suatu dorongan yang menggerakkan hati seseorang untuk bersemangat dalam melakukan sesuatunya untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Sehingga segala sesuatu yang dapat menimbulkan dorongan dan semangat dalam diri seseorang untuk mengerjakan atau melakukan sesuatu itu dinamakan motivasi. Sehingga motivasi itu bisa datang dari dalam diri sendiri dan juga bisa dari orang lain.

Adapun pengertian motivasi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. G. R. Terry

Motivasi adalah suatu keinginan dan dorongan yang ada dalam diri seseorang sehingga dapat merangsangnya untuk melakukan sebuah tindakan tersebut.

Baca Juga:  Pengertian Imperialisme & Kolonialisme Serta Perbedaan dan Persamaannya

2. Uno

Motivasi adalah suatu dorongan dari dalam maupun dari luar diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya suatu hasrat dan minat, dorongan dan kebutuhan, harapan dan cita-cita, penghargaan serta penghormatan.

3. A. Anwar Prabu Mangkunegara

Motivasi adalah suatu keadaan yang dapat mempengaruhi, membangkitkan, mengarahkan, serta memelihara dan menjaga  perilaku yang berkaitan dengan lingkungan kerja.

4. Weiner

Motivasi adalah suatu keadaan internal yang dapat membangkitkan seseorang dalam bertindak dan mendorong seseorang untuk mencapai tujuan tertentu sehingga membuat seseorang tersebut tertarik untuk melakukan kegiatan tersebut.

Jenis-Jenis Motivasi

Motivasi ini sangatlah penting dan juga berpengaruh besar biasanya dalam kehidupan. Ada banyak hal yang memotivasi seseorang untuk dapat melakukan sesuatu.

Nah jenis dari motivasi ini secara umum terdiri dari dua jenis, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Motivasi Intrinsik

Motivasi intrinsik adalah suatu keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu atas dasar dorongan yang berasal dari dalam diri sendiri tanpa adanya pengaruh atau dorongan dari orang lain dengan sebab adanya tujuan yang ingin dicapai.

Contoh jenis motivasi ini adalah bekerja dengan semangat agar dapat penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

2. Motivasi Ekstrinsik

Motivasi ekstrinsik adalah suatu keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu dengan pengaruh atau dorongan dari orang lain untuk mencapai tujuan atau sesuatu yang menguntungkan.

Contohnya adalah termotivasi untuk bekerja lebih giat lagi agar memperoleh peluang yang diberikan perusahaan yakni meningkatkan karir pegawai berprestasi.

Teori Motivasi

Adapun beberapa teori motivasi yang sudah sangat familiar, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Teori Maslow

Teori ini berpendapat bahwa suatu individu akan mempunyai perilaku untuk mendorong kehidupannya, dengan tujuan agar dapat memenuhi segala kebutuhan. Biasanya seseorang akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan utamanya.

Baca Juga:  √ Pengertian Demografi, Bonus Demografi, Tujuan, Manfaat & Komponennya

Setelah kebutuhan utamanya terpenuhi maka individu akan memenuhi kebutuhan kedua dan ketiganya dan seterusnya untuk memenuhi prioritas-prioritas dalam hidupnya.

2. Teori Keadilan

Adapun teori keadilan ini dicetuskan oleh Adam Smith, dimana Beliau mengemukakan bahwa teori ini terdiri dari 4 komponen, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Outcome, adalah segala sesuatu yang dapat menghasilkan. Seperti upah, bonus maupun promosi dari segi jabatan. Sehingga individu akan termotivasi untuk mendapatkan outcome tersebut.
  • Input, adalah suatu penghargaan yang diperoleh sebagai penunjang kinerjanya.
  • Equity in equity, adalah perbandingan antara input dan outcome yakni karyawan satu dengan yang lainnya.
  • Comparison person adalah kesempatan suatu individu menjadi seorang karyawan dalam perusahaan atau organisasi tertentu.

3. Teori Harapan

Teori harapan adalah teori yang dikembangkan berdasarkan harapan-harapan untuk mencapai segala sesuatu yang diinginkan. Sehingga seseorang akan lebih semangat untuk bekerja keras lagi dalam bekerja maupun hal lain demi mewujudkan tujuannya tersebut.

4. Teori Motivasi Prestasi

Pencetus teori ini adalah Hasibuan, yakni setiap individu pasti memiliki energi potensial yang dimiliki. Energi potensial tersebut dapat dikeluarkan dari dalam diri seseorang berdasarkan besarnya dorongan atau pengaruh yang ada dalam dirinya. Sehingga energi tersebut dapat menghasilkan harapan, prestasi juga keberhasilan dalam menjalani pekerjaan.

Fungsi dan Tujuan Motivasi

Adapun fungsi dan tujuan dari motivasi adalah sebagai berikut:

1. Untuk Menentukan Arah Langkah

Dengan adanya motivasi kita dapat menentukan langkah hidup yang lebih baik, baik itu dari segi cita-cita yang akan dicapai maupun prestasi yang ingin didapatkan dan segala sesuatu yang ingin dicapai.

Motivasi ini dapat menggerakkan diri agar dapat melakukan segala sesuatu yang terbaik dalam hidup, dengan demikian motivasi mampu merubah hidup dan menentukan kesuksesan.

Baca Juga:  √ Pengertian Badan Usaha, Jenis, Bentuk & Contohnya Lengkap
Motivasi Adalah: Pengertian, Jenis, Teori, Fungsi & Tujuan
Motivasi Adalah: Pengertian, Jenis, Teori, Fungsi & Tujuan

2. Untuk Menentukan Keputusan Tindakan

Motivasi dapat menentukan keputusan dalam berbagai tindakan. Karena suatu tindakan pasti akan memiliki resiko baik buruk maupun baik.

Jadi kembangkan motivasi yang baik agar dapat memberikan dampak yang baik dalam kehidupan.

3. Untuk Memilah Perbuatan

Kita dapat memilah perbuatan mana yang mestinya dilakukan dan mana yang tidak. Sehingga tidak berpeluang mendapatkan resiko yang kurang baik.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai Motivasi Adalah: Pengertian, Jenis, Teori, Fungsi & Tujuan. Semoga dapat menambah wawasan kita semua dan juga bermanfaat. Terimakasih 🙂