Pengertian Komunitas, Jenis, Manfaat & Contohnya (Lengkap)
Pengertian Komunitas, Jenis, Manfaat & Contohnya (Lengkap)

√ Pengertian Komunitas, Jenis, Manfaat & Contohnya (Lengkap)

Pengertian Komunitas, Jenis, Manfaat & Contohnya (Lengkap) – Istilah komunitas sudah tidak asing lagi, akan tetapi masih banyak yang belum mengerti arti sesungguhnya dari komunitas tersebut. Komunitas ini berkaitan dengan hubungan sosial yakni suatu kelompok. Pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan penjelasan mengenai pengertian komunitas, jenis, manfaat dan juga contohnya. Untuk itu langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Komunitas, Jenis, Manfaat & Contohnya (Lengkap)

Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian komunitas baik secara umum maupun menurut para ahli.

Pengertian Komunitas

Secara umum, komunitas merupakan kelompok sosial yang berada di dalam suatu masyarakat dan mereka saling berinteraksi dalam lingkup tertentu dan biasanya memiliki ketertarikan dan lingkungan yang sama. Komunitas ini terbentuk karena adanya suatu keinginan atau ketertarikan yang sama sehingga terbentuklah suatu komunitas, dimana para anggota dalam komunitas tersebut memiliki tujuan yang akan di lakukan bersama-sama.

Adapun pengertian komunitas menurut para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Christensson dan Robinson

Komunitas adalah suatu kelompok yang memiliki tujuan yang sama yakni kelompok masyarakat yang hidup atau tinggal di wilayah geografis sama untuk melakukan suatu kegiatan atau aktivitas sosial maupun tindakan lainnya sesuai dengan keinginan masyarakat tersebut.

2. Soenarno

Komunitas adalah suatu interaksi sosial yang terbentuk karena berbagai dimensi dan kebutuhan fungsional.

3.  Paul B. Horton dan Chaster L. Hunt

Komunitas adalah suatu kelompok sosial yang mempunyai kesadaran akan anggotanya dan mereka saling berinteraksi.

4. Etienne Wenger

Komunitas adalah suatu kelompok sosial yang mempunyai lingkungan dan ketertarikan yang sama, baik itu dalam ruang lingkup kepercayaan maupun ruang lingkup lainnya.

5. Hendro Puspito

Komunitas adalah suatu kelompok sosial yang nyata dan teratur serta tetap, dimana individu-individu tersebut melaksanakan peran-perannya secara berhubungan dengan tujuan yang sama.

6. Kertajaya Hermawan

Komunitas merupakan sekumpulan orang yang saling mendukung dan peduli satu sama lain lebih dari yang dari biasanya, dimana dalam komunitas tersebut menjadi relasi pribadi yang sangat erat antar anggotanya, hal tersebut terjadi karena adanya kesamaan interest atau values.

7. Fairi

Komunitas adalah pertemuan dalam suatu kelompok baik itu dalam jumlah yang kecil maupun dalam jumlah yang besar untuk membentuk sebuah keterikatan sosial yang intens. Hal  tersebut dilakukan dengan tujuan mendapatkan apa yang telah diinginkan atau dicapai.

8. George Hillery Jr.

Komunitas adalah suatu kelompok masyarakat yang tinggal di daerah atau wilayah yang sama untuk melakukan hubungan sosial maupun kontak sosial secara ajeg.

Jenis – Jenis Komunitas

Dalam sebuah komunitas ini terdapat beberapa jenis, secara umum terdapat tiga jenis komunitas. Berikut penjelasannya:

1. Komunitas Berdasarkan Kesukaan atau Minat

Komunitas berdasarkan minat merupakan salah satu jenis komunitas yang terbentuk karena adanya kesamaan minat antar anggota atau individu tersebut. Biasanya jenis komunitas berdasarkan minat ini akan besar, karena pada komunitas tersebut setiap anggota bisa saling mendukung minat atau hobbi mereka.

2. Komunitas Berdasarkan Komuni

Komunitas berdasarkan komuni merupakan jenis komunitas yang terbentuk karena adanya suatu keinginan dan kepentingan bersama. Maksudnya adalah komunitas ini terbentuk karena atas dasar kepentingan dalam organisasi sosial dalam masyarakat.

3. Komunitas Berdasarkan Lokasi

Komunitas berdasarkan lokasi merupakan jenis komunitas yang terbentuk karena adanya kesamaan lokasi atau tempat secara geografis. Nah biasanya pada komunitas jenis ini terjadi karena para anggotanya ingin saling mengenal satu sama lain dan berinteraksi untuk lebih mengenal serta membantu perkembangan lingkungannya tersebut.

Manfaat Komunitas

Komunitas yang dibentuk tentu memiliki manfaat bagi para anggotanya. Beberapa manfaat adanya komunitas diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Sarana Informasi

Manfaat pertama terbentuknya komunitas adalah sebagai sarana informasi karena dengan adanya komunitas maka informasi akan lebih cepat menyebar dengan cepat. Sebagai contoh komunitas pecinta motor gede, maka segala informasi yang berhubungan dengan motor maka akan cepat beredar dalam komunitas tersebut.

2. Untuk Menjalin Hubungan

Dengan adanya komunitas ini, maka antar anggota dapat menjalin suatu relasi yang lebih baik. Karena pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lainnya.

3. Saling Mendukung

Manfaat selanjutnya dari sebuah komunitas adalah adanya suatu minta atau hobi yang sama, sehingga hal tersebut akan berdampak baik dan setiap anggotanya memberikan dukungan antar sesama anggota. Nah selain antar anggota, komunitas juga membantu orang lain diluar komunitas tersebut.

Contoh Komunitas

Banyak sekali contoh komunitas yang sudah berkembang, baik itu di dunia nyata maupun di dunia online. Nah berikut ini merupakan beberapa contoh komunitas, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Komunitas Photography

Komunitas photography merupakan sekumpulan orang yang terbentuk karena memiliki hobi atau ketertarikan yang sama yakni dalam bidang photography. Nah sehingga disinilah tempat orang-orang pecinta photography berkumpul, dan dari sini jugalah mereka mendapatkan pengetahuan atau informasi tentang photography tersebut.

2. Komunitas Pendidikan

Komunitas pendidikan adalah sekumpulan orang yang terbentuk karena pendidikan mereka, sehingga terbentuklah komunitas tersebut untuk lebih memudahkan dalam proses belajar. Sebagai contoh adanya komunitas belajar kelompok dan lain sebagainya.

3. Komunitas Blogger

Komunitas blogger adalah sekumpulan orang yang memiliki hobi atau pekerjaan yang sama yakni seorang blogger. Blogger merupakan penulis artikel online yang memberikan informasi maupun pengetahuan dari berbagai sumber lewat media online. Nah biasanya dengan adanya komunitas blogger ini dapat memudahkan para anggotanya untuk saling bertukar ilmu, saling tolong menolong ketika ada kesalahan atau kesusahan, berbagi tips dan juga saling mendukung satu sama lain.

4. Komunitas Seni

Komunitas seni merupakan sekumpulan orang yang memiliki hobi atau ketertarikan yang sama yakni dalam bidang seni. Sehingga dengan adanya komunitas seni ini dapat membantu para anggotanya untuk saling bertukar ilmu, saling mendukung satu sama lain. Selain itu, komunitas ini juga dapat dipakai untuk menyalurkan bakat atau kemampuannya dalam bidang seni.

5. Komunitas Lokal

Komunitas lokal merupakan sekumpulan orang yang terbentuk karena adanya kesamaan geografi yang sama. Biasanya seperti komunitas padang, komunitas sunda, komunitas batak, dan lain sebagainya.

Pengertian Komunitas, Jenis, Manfaat & Contohnya (Lengkap)
Pengertian Komunitas, Jenis, Manfaat & Contohnya (Lengkap)

6. Komunitas Petani atau Peternak

Komunitas ini adalah sekumpulan orang yang memiliki ketertarikan sama yakni dalam bidang tani maupun ternak. Sehingga komunitas yang dibentuk dapat dijadikan tempat untuk para anggotanya saling bertukar informasi dan saling mendukung tentunya.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Komunitas, Jenis, Manfaat & Contohnya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan. Terimakasih 🙂