Pengertian Edukasi, Jenis, Manfaat & Tujuannya (Lengkap)

2 min read

Pengertian Edukasi, Jenis, Manfaat & Tujuannya (Lengkap)

Pengertian Edukasi, Jenis, Manfaat & Tujuannya (Lengkap) – Kita tentu sudah sering mendengar istilah edukasi, ya edukasi merupakan suatu pendidikan.

Pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan penjelasan mengenai edukasi yang mencakup pengertian, jenis, manfaat dan juga tujuannya secara lengkap. Yuk langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Edukasi, Jenis, Manfaat & Tujuannya (Lengkap)

Edukasi dan pendidikan dua kata yang memiliki makna sama, namun sebagian orang mengenalnya dengan edukasi atau juga pendidikan.

Pengertian Edukasi

Edukasi merupakan suatu proses pembelajaran yang dilakukan baik secara formal maupun non formal yang bertujuan untuk mendidik, memberikan ilmu pengetahuan, serta mengembangkan potensi diri yang ada dalam diri setiap manusia, kemudian mewujudkan proses pembelajaran tersebut dengan lebih baik.

Proses edukasi sendiri jika dalam kehidupan sehari-hari sering disebut sebagai proses belajar. Edukasi dapat dilakukan di lingkungan formal seperti sekolah, perguruan tinggi, dan juga dapat dilakukan di lingkungan non formal seperti lingkungan keluarga, interaksi antar teman dan lain sebagainya.

Dapat disimpulkan bahwa edukasi merupakan proses belajar dari yang tadinya belum mengetahui menjadi tahu dan mengerti, tidak hanya tentang pengetahuan saja, akan tetapi juga mengenai moral dan akhlak.

Adapun edukasi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Ahmad D Marimba

Edukasi merupakan suatu bimbingan yang dilakukan secara sadar oleh pihak pendidikan, baik di perkembangan jasmani maupun rohani agar menjadi lebih baik.

Baca Juga:  Cara Membersihkan Hati Menurut Ajaran Islam

2. Notoadmojo

Edukasi merupakan pendidikan yang berarti suatu upaya yang telah direncanakan oleh seseorang agar dapat mempengaruhi orang lain, baik individu maupun kelompok dan juga masyarakat. Sehingga dengan adanya pendidikan ini mampu menjadikan sesuatu tersebut menjadi lebih baik.

3. KBBI

Edukasi merupakan suatu proses mengubah sikap dan perilaku seseorang maupun kelompok agar menjadi lebih dewasa dari sebelumnya.

4. Wikipedia

Edukasi adalah suatu pembelajaran, pengetahuan, keterampilan dan juga kebiasaan bagi sekelompok orang yang diturunkan dari generasi ke generasi. Untuk penurunan itu sendiri diperlukan sebuah penelitian, pengajaran dan juga pelatihan, agar dapat mengetahui mana yang benar dan juga yang salah.

Macam – Macam Edukasi

Edukasi terdiri dari 3 macam, dimana setiap bagian tersebut memiliki ruang lingkup yang berbeda-beda. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Formal

Edukasi formal merupakan suatu proses pembelajaran yang dilakukan di suatu lembaga pendidikan formal seperti sekolah. Dalam proses pembelajarannya sendiri terdapat aturan-aturan yang harus ditaati saat mengikuti pembelajaran yang dimaksudkan.

Proses pembelajaran atau edukasi yang dilakukan di sebuah lembaga formal sendiri akan ada pengawasan di setiap pembelajarannya.

Di Indonesia sendiri ada 3 tingkatan dalam melaksanakan pendidikan formal yakni tingkatan sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah tinggi.

2. Non Formal

Edukasi non formal adalah suatu proses pembelajaran yang bertujuan untuk menambah, mengganti dan melengkapi pendidikan formal.

Seperti contoh melakukan pendidikan atau pembelajaran Al-Qur’an, bimbel, kursus masak, kursus mobil dan lain sebagainya. Yang mana dari kesemuanya itu dapat mengubah individu tersebut menjadi sosok yang lebih mengerti dan paham akan sesuatu.

Aturan yang dibuat untuk edukasi non formal pun tidak terlalu berbelit, tidak ada pengawasan seperti halnya pendidikan formal.

Baca Juga:  √ Pengertian Hikayat, Ciri, Unsur, Jenis & Contohnya (Lengkap)

3. Informal

Edukasi informal merupakan satu pembelajaran atau pendidikan yang berada di dekat dan sekitar kita, seperti keluarga dan  lingkungan masyarakat.

Dalam proses edukasi ini dilakukan secara mandiri dengan adanya rasa tanggung jawab yang tinggi.

Pengertian Edukasi, Jenis, Manfaat & Tujuannya (Lengkap)
Pengertian Edukasi, Jenis, Manfaat & Tujuannya (Lengkap)

Manfaat Edukasi

Ada banyak sekali manfaat edukasi bagi setiap individu maupun sekelompok orang, diantara beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Menambah ilmu pengetahuan

2. Dapat mengembangkan kepribadian manusia menjadi lebih baik

3. Untuk melatih serta mengembangkan bakat yang ada untuk hal-hal positif

4. Mampu menciptakan sesuatu yang sesuai dengan keahliannya. Dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Edukasi, Jenis, Manfaat & Tujuannya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂