Pengertian Akomodasi, Jenis, Ciri, Tujuan & Contohnya Lengkap
Pengertian Akomodasi, Jenis, Ciri, Tujuan & Contohnya Lengkap

√ Pengertian Akomodasi, Jenis, Ciri, Tujuan & Contohnya Lengkap

Pengertian Akomodasi, Jenis, Ciri, Tujuan & Contohnya Lengkap – Istilah akomodasi bagi sebagian orang mungkin sedikit agak awam. Namun bagi yang sudah mempelajari ilmu sosial pasti sudah mengetahui apa itu akomodasi, akomodasi merupakan segala sesuatu yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dalam menyelesaikan sebuah konflik. Pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan suatu penjelasan mengenai akomodasi yang mencakup pengertian, bentuk, ciri, tujuan dan juga contohnya. Untuk itu langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Akomodasi, Jenis, Ciri, Tujuan & Contohnya Lengkap

Berikut ini adalah pengertian akomodasi secara umum maupun menurut para ahli.

Pengertian Akomodasi

Secara umum, akomodasi adalah suatu upaya yang dilakukan dalam melakukan penyelesaian masalah maupun konflik yang terjadi antara dua pihak maupun lebih sehingga tercapai suatu keadaan yang lebih kondusif.

Adapun istilah dari akomodasi dapat digunakan dalam dua hal yaitu untuk menunjukkan pada suatu keadaan maupun menunjukkan pada suatu proses. Berikut penjelasannya:

  • Akomodasi yang dipergunakan pada suatu keadaan, yakni adanya suatu keseimbangan atau equilibrium dalam interaksi antar perorangan maupun kelompok manusia yang berkaitan dengan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat.
  • Akomodasi yang dipergunakan pada suatu proses, yakni menunjuk pada suatu usaha manusia untuk meredakan ssuatu pertentangan yakni untuk mencapai suatu kestabilan.

Akomodasi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Menurut Gillin dan Gillin dalam Soekanto (1990: 76)

Akomodasi merupakan definisi yang digunakan dalam ilmu sosiolog untuk menggambarkan suatu proses dalam hubungan sosial yang artinya sama dengan adaptasi, jika dalam biologi untuk menunjukkan pada suatu proses dimana mahluk hidup menyesuaikan diri dengan alam sekitarnya.

2. Menurut Setzer Munavizt (2009)

Akomodasi merupakan segala sesuatu yang dapat memberikan pemenuhan seseorang ketika berwisata. Akomodasi ini dapat berupa tempat dimana seseorang wisatawan dapat menginap, beristirahat, makan, minum dan lain sebagainya.

3. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Akomodasi adalah segala sesuatu yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan. Sebagai contoh tempat penginapan atau tempat tinggal sementara atau homestay bagi orang yang sedang berpergian.

Jenis-Jenis Akomodasi dan Contohnya

Berikut ini merupakan jenis- jenis atau bentuk-bentuk dari akomodasi, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kompromi

Kompromi merupakan suatu perundingan secara damai diantara kedua belah pihak yang saling berkeinginan untuk mengurangi tuntutan. Adapun salah satu contoh kompromi adalah adanya kemerdekaan di Gerakan Aceh Merdeka yang dulu menjadi suatu masalah yang sulit akan tetapi akhirnya semua dapat terselesaikan dengan baik.

2. Mediasi

Mediasi merupakan suatu proses pengikutsertaan pihak ketiga sebagai penasihat yang memiliki sifat netral dalam penyelesaian suatu perselisihan. Sebagai contoh mediasi diantara pemerintah RI untuk mendamaikan suatu fraksi fraksi atau golongan golongan yang tengah berselisih di Kamboja. Republik Indonesia hanya menjadi penyedia, dan tetap keputusan berdamai ada pada niat baik dari setiap golongan yang sedang bertikai tersebut.

3. Toleransi

Toleransi merupakan suatu sikap menghargai setiap perbedaan di dalam masyarakat. Adapun contoh dari toleransi adalah kepekaan sosial umat yang memiliki perbedaan agama di Indonesia ketika datangnya bulan Ramadhan. Baik itu umat Nasrani, hindu, budha dan lain sebagainya, memberikan suatu kehormatan ataupun menghargai umat Islam.

4. Koerasi (Coercion)

Koerasi merupakan suatu bentuk akomodasi yang digunakan dengan proses melalui paksaan karena diantara salah satu pihak berada pada posisi yang lemah. Adapun contoh dari pelaksanaan koerasi adalah sistem perbudakaan dan adanya penjajahan yang dilakukan antar bangsa. Bahkan Indonesia pernah mengalami sistem tersebut selama 3.5 abad karena Indonesia menjadi negara bekas jajahan negara negara barat.

5. Konsiliasi (conciliation)

Konsiliasi merupakan suatu usaha untuk mempertemukan pihak yang berselisih untuk mencapai suatu persetujuan melalui lembaga sosial sebagai suatu usaha dalam menyelesaikan perselisihan tersebut. Adapun contoh dari bentuk konsiliasi adalah pak kades A dan pak kades B saling bercekcok dan saling menyalahkan mengenai banjir yang terjadi terus menerus di wilayahnya sehingga banyak sekali petani yang gagal panen. Agar masalah tersebut mereda maka kedua pak kades tersebut telah sepakat untuk menyelesaikannya lewat LPMD atau lembaga pemberdayaan masyarakat desa.

6. Arbitrase (arbitration)

Arbitrase merupakan segala upaya untuk menyelesaikan sengketa dengan bantuan pihak ketiga yang telah dipilih oleh kedua belah pihak yang sedang bersengketa. Adapun pihak ketiga dalam arbitrase disebut sebagai majelis arbitrase. Sedangkan contoh dari arbitrase adalah adanya pertentangan antara karyawan dan seorang pengusaha yang dapat dilakukan dengan upaya pembentukan serikat buruh serta departemen tenaga kerja untuk menyelesaikan permasalahannya tersebut.

7. Ajudikasi (adjudication)

Ajudikasi adalah suatu usaha dalam menyelesaikan konflik atau perselisihan dalam meja hijau. Adapun contoh dari ajudikasi adalah adanya persengketaan tanah yang pada umumnya dapat diselesaikan ke pengadilan untuk mencari pemenang siapa yang kalah dan siapa yang akan menang.

8. Konversi

Konversi merupakan suatu bentuk akomodasi dalam sosiologi yang digunakan untuk memberikan penyelesaian konflik dengan menjadikan salah satu pihak untuk dapat menerima atau bersedia dengan pendirian dari pihak lain. Adapun contoh dari konversi adalah adanya suatu konflik yang terjadi antara Amerika Serikat dan Rusia. Akan tetapi dengan seiring berjalannya waktu semua dapat terselesaikan dengan baik.

9. Displacement

Displacement merupakan suatu cara memberikan pengalihan pada suatu objek secara bersama-sama untuk mengakhiri suatu konflik bersama. Adapun bentuk contohnya adalah adanya persengketaan yang pernah dilakukan antara Indonesia dan australia tentang batas ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif), kemudian pada akhirnya kondisi seperti ini berakhir dengan dilakukannya pembagian minyak bumi yang berada di Celah Timor.

10. Stalemate

Stalemate merupakan suatu keadaan yang ditandai dengan adanya kekuatan seimbang dari kedua pihak yang bertikai sehingga pertikaian berahkhir pada titik tertentu.Adapun contohnya adalah dengan adanya persaingan yang dilakukan dalam perang dunia kedua, yang terjadi antara blok barat dan blok timur yang pada akhirnya dapat terselesaikan dengan sendiri, dalam hal ini tidak ada yang menang dan kalah.

Ciri-Ciri Akomodasi

adapun ciri-ciri dari akomodasi adalah

1. Proses akomodasi melibatkan dua orang atau lebih yang mengalami pertikaian sehingga menjadi suatu penghalang untuk bertemu dan melakukan kerja sama.

2. Dalam melakukan proses akomodasi, kedua belah pihak harus bersedia untuk saling memberi dan menerima dalam mengadakan perubahan sikap dan juga tingkah laku satu sama lain dengan menghilangkan atau mengurangi kepentingan mereka.

3. Pada masing-masing pihak saling mengetahui dan menerima situasi dan kondisi pihak lain.

Tujuan Akomodasi

Adapun tujuan dari akomodasi menurut Soekanto adalah sebagai berikut:

1. Mengurangi terjadinya suatu konflik atau pertentangan antar individu maupun kelompok manusia sebagai dampak dari perbedaan paham. dalam hal ini akomodasi bertujuan untuk menghasilkan sintesa diantara kedua pendapat tersebut sehingga dapat menghasilkan pemikiran yang baru.

2. Dapat mencegah terjadinya suatu pertentangan untuk sementara waktu maupun secara temporer.

3. Biasanya akomodasi diusahakan untuk dapat memungkinkan terjadinya kerja sama antar kelompok sosial yang akibat faktor sosial psikologis juga kebudayaan, hidupnya terpisah, seperti yang dapat dijumpai pada masyarakat tentang  sistem kasta.

Pengertian Akomodasi, Jenis, Ciri, Tujuan & Contohnya Lengkap
Pengertian Akomodasi, Jenis, Ciri, Tujuan & Contohnya Lengkap

4. Untuk berusaha melakukan peleburan antara kelompok-kelompok sosial yang terpisah, seperti melalui perkawinan campuran atau asimilasi dalam arti luas.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Akomodasi, Jenis, Ciri, Tujuan & Contohnya Lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂